Kenapa Pacar Sering Marah dan Cuek? 9 Alasan dan Cara Menghadapinya

Ada banyak alasan kenapa pacar sering marah dan cuek sama kamu, mungkin dia sedang stres, capek, banyak masalah, atau dia mungkin tidak sayang lagi sama kamu. Ketahui alasan kenapa pacar sering marah dan cara menghadapinya. 

Kenapa Pacar Sering Marah dan Cuek?

Pacar kamu sering marah karena hal-hal kecil dan itu membuat kamu bingung dan kesal juga? Inilah beberapa alasan kenapa pacar sering cuek dan marah:

1. Dia Sedang Banyak Masalah

Mungkin dia sedang banyak masalah atau urusan yang harus dia selesaikan, entah urusan kampus, kerjaan, keluarga, atau masalah lainnya. Ini bisa membuat dia emosional dan melampiaskannya ke kamu. 

Atau, dia jadi lebih sensitif saat kamu cerita atau minta sesuatu. Mungkin, tunggu dia sedikit reda dan tenang, baru kamu bisa membicarakannya. 

2. Dia Sedang Capek

Pacar kamu mungkin sedang capek saat kamu ajak ngobrol, sehingga dia memberi respon yang kurang baik atau malah marah sama kamu. Mungkin dia tipe orang yang baru bisa merespon pasangannya dengan baik saat dia sudah santai dan tenang. Mungkin dia akan berperilaku dengan lebih lembut setelah mandi, makan, dan istirahat. 

Baca Juga: 15 Contoh Kekerasan Emosional dalam Hubungan (Ciri dan Dampak Psikologis)

3. Dia kecewa

Salah satu alasan kenapa pacar sering marah dan cuek mungkin karena dia kecewa sama kamu. Mungkin dia mendapati kamu bohong dan mengkhianati dia dari orang lain, namun dia nggak bisa mengatakan itu ke kamu, sehingga dia memperlakukanmu dengan kurang baik. 

Atau, kalian mungkin habis bertengkar dan mengalami kekecewaan yang cukup dalam. Dia mengatasi itu dengan marah dan cuek ke kamu.  (Walaupun ini sama sekali bukan cara respond yang baik).

4. Masalah Komunikasi

Bisa jadi ada masalah komunikasi yang pelik di sini. Kamu mungkin melakukan kesalahan, dia nggak bisa mengerti, kalian sering ribut, ada yang selalu memancing emosi, atau situasinya buruk saja. 

Ini bisa jadi sangat bahaya bila kalian sama-sama tidak bisa saling bicara yang tenang dan lembut, namun saling marah atau menyalahkan. 

5. Mengalami Perubahan Emosi

Pacar kamu mungkin mengalami emosi yang entah kenapa. Dia mungkin melihat sesuatu yang bikin dia marah, dan kemarahan itu berlanjut di kamu. Atau dia sedang nggak mood saja, atau apa yang kamu lakukan membuat dia terbakar emosi. 

6. Berubah Pikiran dan Perasaan pada Kamu

Ada tanda pacar nggak sayang lagi sama kamu, saat dia cuek dan marah akan hal-hal kecil. Kamu merasa nggak salah apa-apa, tapi dia tetap marah atau bahkan memarahi kamu tanpa sebab. Ini warning signs! 

7. Sengaja Menjauhkan Diri dari Kamu

Saat pacar sudah nggak sayang lagi sama kamu, dia akan melakukan banyak cara untuk menjauhkan kamu dari dirinya. Misalnya, dia jadi dingin, cuek, marah, atau berubah menjadi orang lain yang tidak kamu inginkan. Pada akhirnya, dia berharap bisa putus dari kamu. 

8. Masalah Kepribadian atau Kesehatan Mental

Kenapa pacar sering marah dan cuek? Mungkin dia memiliki gangguan kepribadian atau masalah kesehatan mental, yang membuatnya memiliki respon kurang baik akan situasi tertentu. 

Contohnya, orang dengan gangguan kepribadian narsistik cenderung akan marah karena hal-hal sepele karena dia selalu merasa paling benar dan paling penting. Atau, dia orang yang manipulatif, gaslighting, atau mungkin ada masalah lain pada dirinya yang sebaiknya dikonsultasikan ke psikolog. 

9. Simply Not A Good Lover 

Well, mungkin pacar kamu memang bukan orang baik atau bukan tipe pasangan baik yang kamu pantas dapatkan. Bila dia selalu marah dari awal pacaran, dia bikin kamu merasa bersalah, dia nggak bisa komunikasi dengan baik, dia nggak punya skil untuk memperbaiki hubungan, dan dia memang nggak peduli sama kamu dari awal. 

Run away! Bila dia nggak bisa memperlakukanmu dengan baik, maka dia nggak akan bisa bikin kamu bahagia. 

Baca Juga: Contoh Kekerasan Fisik dan Kemana Harus Melapor (Wanita dan Anak-Anak Harus Tahu)

Cara Menghadapi Pacar yang Sering Marah dan Cuek 

Setelah mengetahui berbagai kemungkinan kenapa pacar sering marah dan cuek, berikut ini cara menghadapi pacar yang sering marah: 

1. Pahami Karakter Pasangan

Saat kita memilih pasangan, karakter dia pasti menjadi salah satu pertimbangan nomor 1. Seiring berjalannya waktu, karakter aslinya dia akan semakin terlihat. 

Apakah dia orang yang sabar, pemarah, tempramen, baik, dan sebagainya. Kamu juga harus membaca pola itu, sekaligus mempelajari bagaimana cara menjalani hubungan dengan baik. 

Bila kamu menemukan pola yang kurang baik, misalnya, oh dia selalu marah akan hal-hal kecil. Nah, kamu harus bertindak tegas sesuai apa yang kamu butuhkan dan pantas dapatkan. 

2. Apakah Itu Wajar?

Apakah marahnya dia atau cueknya dia itu wajar? Ya, semua orang pasti akan marah terhadap sesuatu, namun kita bisa ukur apakah itu wajar? Cara dia bereaksi saat marah atau caranya menghadapi sebuah masalah harus menjadi pertimbangan besar untuk mengukur apakah dia orang yang baik untuk kamu atau tidak. 

3. Cermati Bagaimana Dia Memperlakukan Kamu 

Yup, apakah dia baik sama kamu dalam segala kondisi? Apakah dia bisa memaafkan kamu atau mengajarkan kamu saat kamu mungkin salah?

Apabila dia hanya marah dan selalu marah setiap kali kalian menghadapi masalah, that’s a red flag! 

4. Tanya Apa Masalahnya

Tanya langsung kenapa pacar sering marah dan cuek. Tanya apakah dia sedang ada masalah atau banyak pikiran. Bila iya, kamu bisa coba tenangkan dia. 

Bila dia malah semakin marah saat kamu tanya kenapa dia marah, ya sebaiknya kamu diam dan tunggu saja. Semoga dia bisa tenang dan menjelaskannya ke kamu, plus minta maaf ke kamu. 

Baca Juga: 24 Ciri-Ciri Toxic Relationship yang Harus Kamu Waspadai 

5. Komunikasi dengan Baik

Beri tahu dia kalau kamu terluka saat dia marah dan cuek ke kamu. Beri tahu dia bila dia sebenarnya bisa mengungkapkan apapun tanpa harus marah. Beri tahu dia bahwa masalah akan lebih mudah diselesaikan dengan tenang tanpa marah atau ribut. 

Dan sebagainya, dan sebagainya. 

6. Coba Kerja Sama

Ajak dia untuk mencari solusi bersama. Setiap orang juga harus belajar mengelola emosinya masing-masing. Saling belajar cara memperlakukan pasangan dengan pantas, dan hal-hal terbaik untuk kebahagiaan bersama. 

7. Minta Bantuan 

Bila kamu merasa ada yang salah dengan pacar kamu, di mana dia selalu malah karena hal sepele, beri tahu dia bila konsultasi ke psikolog akan sangat membantu. Atau, kalian bisa konsultasi ke psikolog khusus masalah hubungan. 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s