9 Cara Minta Putus sama Pacar dengan Baik-Baik Lewat Chat

Ada yang bertanya tentang cara minta putus sama pacar dengan baik-baik lewat chat, yang ini sebenarnya berat dan nggak direkomendasikan. But yeah, coba kita bahas di sini. 

Cara Minta Putus sama Pacar dengan Baik-Baik Lewat Chat

Entah apa alasannya, namun ada orang yang lebih memilih untuk memutuskan pacar lewat chat atau bahkan media sosial. Mungkin dia takut, terlalu sedih, insecure, sudah cukup patah hati, merasa sangat terluka, atau ingin menyudahi hubungan dengan cepat. 

Well, bila kamu sedang berpikir untuk putus dan tepatnya mau putusin pacar kamu lewat chat saja, kamu harus baca ini: 

1. Jangan Putus sama Pacar Lewat Chat

Gimana cara minta putus sama pacar dengan baik-baik lewat chat? Umm, sebaiknya jangan putusin pacar hanya lewat chat saja. 

Bila bisa dan sebaiknya, temui dia untuk ucapan selamat tinggal atau kecupan selamat tinggal yang berkesan. Karena diputusin lewat chat akan buat dia semakin patah hati dan terluka. 

Lagi pula, itu terdengar tidak sopan dan tidak membuat kamu akan terlihat baik di pikirannya. Bila kamu mengucapkan “Hello” dengan manis saat pertama kali bertemu, maka harus ucapkan “Selamat Tinggal” yang baik juga sebelum berpisah. 

2. Boleh Putusin Pacar Lewat Chat Hanya dalam Kondisi Ini 

Baiklah, ada kondisi tertentu di mana mengucapkan selamat tinggal dan mutusin pacar lewat chat adalah jalan satu-satunya. 

Kamu boleh putusin pacar lewat chat hanya bila: 

  • Sedang Karantina Kesehatan: Demi menjaga kesehatan bersama, kita melakukan banyak hal esensial melalui daring atau online sekarang, termasuk putusin pacar. Walaupun ini akan menjadi sangat ekstra menyedihkan. (Saran: Video Call). Baca: Putus Cinta saat Corona: Fakta, Penyebab, dan Cara Mencegah
  • Sedang LDR: Kamu nggak bisa bertemu langsung dengan dia, dan hubungan LDR semakin tidak sehat. Kamu bisa mutusin pacar via chat, namun sebaiknya sempatkan untuk video call untuk terakhir kalinya. 
  • Berada dalam Toxic Relationship: Ada momen di mana hubungan kalian sangat toksik, kamu tidak bisa menemuinya lagi karena satu dan lainnya, maka kamu bisa mengucapkan pesan selamat tinggal via chat
  • Mengalami Kekerasan Fisik dan Emosional, atau Seksual: Bila kamu pacaran dengan orang yang secara konstan melakukan kekerasan fisik dan emosional ke kamu, maka jalan terbaik untuk putusin dia via chat  saja karena akan sangat berbahaya bila kamu bertemu dia lagi secara tatap muka. 

Bila kalian berada dalam hubungan pacaran yang biasa saja, dengan drama-drama kecil, ya sebaiknya putusin dia dengan bertemu langsung. 

3. Gunakan Video Call

Bila tidak sempat bertemu, mungkin bisa pilih opsi video call. Setidaknya, ini akan memudahkan dia untuk mendapat penjelasan dan closure. 

Ini juga sepertinya lebih sopan, lebih baik, dan mengurangi risiko salah paham antara kalian berdua. 

4. Katakan dengan To Do Point

Katakan semuanya dengan jelas dan cepat. Kamu boleh mengungkapkan perasaan kamu dan alasan kamu kenapa memilih untuk putus saja. 

Kamu juga boleh untuk menutupnya dengan ucapan maaf, terima kasih, kesan dan pesan, atau apapun untuk terakhir kalinya dengan cara yang bijaksan dan sopan. 

5. Jangan Berikan Harapan Palsu

Jangan bilang, “ya semoga nanti kita bisa balikan lagi…” atau harapan palsu lainnya yang kamu rangkai untuk membuat ceritanya lebih manis atau tidak terlalu menyakitkan. 

6. Jangan Menyalahkan Dia

Cara minta putus sama pacar dengan baik-baik lewat chat adalah dengan tidak menyalahkan siapapun atau pihak manapun. Hubungan kalian mungkin tidak berjalan baik, namun jangan melempar kesalahan padanya. 

Baca Juga: 34 Tanda Harus Putus Sama Pacar Kamu Sekarang!

7. Jangan Buat Drama

Jangan membuat naskah drama Korea dari kandasnya hubungan kalian. Bila ingin berpisah, ya pisah dengan baik dan jelas. Jangan ribut nggak jelas. 

Jangan melebih-lebihkan atau mengurangi cerita. Jangan mendramatisir atau meromantisasi sesuatu tidak pada tempatnya. 

8. Ucapkan Maaf dan Terima Kasih 

Cara putus yang baik adalah dengan mengucapkan maaf padanya. Mungkin ada banyak janji yang nggak sempat ditunaikan, ada banyak kata dan perlakuan menyakitkan, atau apapun yang tidak menyenangkan buat kalian. 

Jangan lupa untuk ucapkan terima kasih juga padanya. Walaupun cerita kalian berakhir dan hal-hal tidak berjalan sesuai rencana, dia pernah membuat kamu bahagia dan berperan di cerita hidup kamu. 

Baca Juga: Kapan Harus Putus dengan Pacar? Ini 10 Tanda Hubungan Harus Diakhiri

9. Jangan Ganggu Mantan Lagi 

Selanjutnya, jangan ganggu dia lagi setelah putus. Jangan sengaja bikin dia panas, cemburu, marah, atau sedih setelah kalian baru putus. 

Buat cerita putus ini jadi lebih mudah. Jangan berhubungan sama dia atau apapun yang berhubungan dengan dia semampumu, agar dia juga bisa lebih mudah move on, dan kamu juga. 

Itulah pembahasan tentang cara minta putus sama pacar dengan baik-baik lewat chat. Bila masih bisa bertemu, sebaiknya putuskan hubungan dengan baik dan bertemu langsung. Lakukan dengan dewasa dan bijaksana. Karena putus biasa saja sudah patah hati, apalagi bila putusnya nggak baik-baik. 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s