16 Cara Mengatasi Pacar yang Tidak Ada Kabar Berhari-hari

Cara mengatasi pacar yang tidak ada kabar harus dengan kesabaran, jangan panik, bertanya, dan selanjutnya kamu harus mengevaluasi hubungan kalian. Pelajari cara menghadapi pacar yang tidak ada kabar dalam pembahasan ini. 

Cara Mengatasi Pacar yang Tidak Ada Kabar

Tidak ada angin, tidak ada hujan, out of the blue, tiba-tiba pacar kamu nggak balas chat kamu dan nggak memberi kabar sama sekali. Satu hari, dua hari, tiga hari, satu minggu, dan seterusnya seperti dia hilang ditelan debu. Apa yang harus kamu lakukan?

Setiap orang atau setiap hubungan memiliki kondisi berbeda, namun ini beberapa cara mengatasi pacar yang tidak ada kabar yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk diterapkan: 

1. Sabar

Bila kamu chat dia pagi ini namun belum dibalas sampai sore atau malam, maka tidak ada hal lain yang bisa kamu lakukan selain sabar. Mungkin dia sedang sibuk, internet lemot, ponselnya hilang atau rusak, atau sedang jauh dari jangkauan dan tidak ingin diganggu sejenak. 

2. Tanya

Tunggu 24-72 jam, baru kamu bisa kirim chat selanjutnya untuk bertanya kenapa atau bagaimana kabarnya. Jangan gunakan kalimat yang depresi atau terdengar sedih, ya. 

Kirim dia pesan dengan nada positif, misalnya, “hey, cuma mau make sure kalau kamu baik-baik saja. have a good day…” atau semacamnya. 

3. Pastikan Dia Tidak dalam Kondisi yang Mungkin Bahaya

Kamu boleh panik dan langsung bertindak hanya bila terakhir kali kalian komunikasi dia sedang dalam kondisi yang tidak sehat, mungkin sedang sakit, terdengar depresif, sedang berpergian jauh, ingin melakukan aktivitas berbahaya, atau intinya dalam situasi di mana mungkin dia mengalami situasi yang buruk. 

Bila kamu tahu rutinitas dia dan percaya bahwa dia sedang melakukan aktivitas seperti biasanya baik-baik saja namun nggak kasih kabar, dan sepertinya ini berhubungan dengan hubungan kalian, maka kamu sama sekali nggak boleh panik dan jangan melakukan hal-hal yang bikin kamu terlihat bodoh. 

4. Jangan Panik

Yass, jangan panik. Tenang dulu. Ada banyak alasan kenapa pacar nggak kasih kabar. Mungkin ini karena hubungan kalian atau mungkin tidak ada hubungannya sama sekali. 

Mungkin dia memang anak introvert, mungkin lagi sibuk, mungkin ketiduran selama 72 jam, dan banyak kemungkinan lainnya. Apapun yang sedang kamu pikirkan saat ini, tarik napas dalam-dalam, tenang, jangan berpikir negatif, dan sebaiknya lanjutkan harimu. 

5. Jangan Terlalu Curiga namun Tetap Waspada

Gimana cara menghadapi pacar yang tidak ada kabar? Jangan terlalu curiga namun tetap waspada tentang ciri dan skenario terburuk. 

Bila dulunya dia rajin komunikasi dan memberi kabar, lalu tiba-tiba dia berubah, kamu pasti berpikir ini ada tanda-tanda kurang baik. Daripada curiga sendirian, kamu bisa bertanya dengan baik, sopan, dan halus tentang perubahan sikapnya itu. 

6. Jangan Menghubungi Dia Balik

Bila pacar nggak kasih kabar selama berhari-hari namun kamu tahu dia beraktivitas seperti biasa atau bahkan aktif di media sosial, maka hal paling bijaksana adalah dengan tidak menghubungi dia balik. 

Jangan kontak dia dengan cara apapun. Dia yang membuat airnya jadi beku maka dia yang harus memecahkan es beku tersebut di antara kalian. 

7. Jangan Spamming Dia

Bila kondisinya: Pacar nggak kasih kabar selama berhari-hari namun kamu tahu dia beraktivitas seperti biasa atau bahkan aktif di media sosial, kamu nggak boleh hubungi dia satu kali apalagi berkali-kali hingga spamming

Walaupun kamu pasti gemas dan emosi, namun harus tenang ya. Kamu juga nggak boleh cek notifikasi hp kamu setiap 5 menit berharap dia sudah balas chat kamu.

8. Boleh Follow Up Seperlunya atau Tunggu

Mungkin setelah 5-7 hari dia nggak ada kabar, kamu bisa follow up dengan bertanya dengan teman atau seseorang yang berada di sekitar dia mungkin. Saat bertanya pun kamu nggak boleh terdengan depresif karena kehiilangan dia. 

Bila temannya mengatakan dia baik-baik saja dan melakukan aktivitas biasa, ya kamu tahu apa sebabnya. Kamu sebaiknya nggak menghubungi dia lagi sampai dia yang datang ke kamu. 

9. Selagi Itu, Fokus pada Kesibukan Sendiri

Mungkin kamu nggak perlu mikirin orang yang nggak mikirin kamu. Bila dia bisa pergi berhari-hari tanpa mendengar kabar darimu, maka kamu juga bisa. 

Bila dia menyayangimu dan menganggap kamu penting di hidupnya, dia pasti akan berusaha keras untuk membuat kalian tetap terkoneksi dengan baik.

10. Jangan Sedih

Dia sepertinya ghosting, uh, boleh sedih seperlunya saja. Jangan terlalu sedih atau kalut hingga kamu kehilangan dirimu sendiri. 

Baca Juga: Apa Itu Ghosting dalam Hubungan? Ciri, Cara Move On, dll

11. Jangan Lakukan Apapun

Bagaimana cara mengatasi pacar yang tidak ada kabar? Jangan melakukan apapun. 

Jangan chat dia. Jangan kepoin dia. Jangan mendatangi dia. Intinya jangan lakukan apapun yang kamu tahu itu membuang-buang energi dan waktu kamu. 

12. Jangan Mengambil Kesimpulan Sepihak

Bila baru 1-2 hari dia menghilang tanpa kabar, maka kamu nggak boleh mengambil kesimpulan sepihak. Dia mungkin sibuk dan beruntung bila dia kembali dan menjelaskan kenapa. Selanjutnya kalian harus perbaiki kondisi tersebut. 

Bila dia menghilang 7-14 hari atau lebih dari itu, kamu boleh mengambil keputusan untuk menganggap hubungan kalian sudah berakhir, walaupun itu pasti tidak mudah. 

13. Bila Lanjut Buat Kesepakatan Cara Komunikasi Sehat

Bila akhirnya dia kembali dan kamu bertanya dengan baik, lalu dia menjelaskan alasannya, umm kamu bisa bertindak sesuai kondisi tersebut. Beritahu dia tentang perasaan kamu dan sebagainya, selanjutnya buat kesepakatan yang jelas agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. 

Bila sebelumnya kalian bertengkar sehingga dia nggak mau komunikasi sama kamu dan menerapkan silent treatment, umm, that’s another case. Kalian harus memperbaiki cara komunikasi kalian demi hubungan yang sehat. 

14. Catat Red Flags-nya

Bagaimana cara mengatasi pacar yang tidak ada kabar? Mungkin kamu harus mencatat red flags itu tanpa pakai rose colored glass

Bila setiap kali kalian bertengkar, dia akan menghilang. Bila dia sering hilang tanpa kabar tidak jelas. Bila dia menghilang dan kamu mencurigai dia bermain dengan pihak ketiga. Bila dia sering mengabaikan kamu dan bohong sama kamu. 

Pahami polanya. Catat red flags (bendera merah tanda peringatan) bila dia mungkin tidak baik buat kamu. Ketahui kapan kamu harus menyerah dengan orang seperti itu. 

15. Evaluasi Lagi Hubungan Kalian

Penting untuk mengevaluasi hubungan secara berkala. Hal apa yang memberatkan kamu, bagaimana perasaan dia, prioritas kalian, hubungan ini mau dibawa kemana, dan hal-hal esensial di antaranya. 

Baca Juga: 19 Alasan Kenapa Dia Hilang Tiba-Tiba Seperti Hantu (Ghosting)

16. Love Yourself

Pada akhirnya, kamu harus tetap mencintai dirimu sendiri sebelum orang lain. 

Terlebih lagi bila pacar kamu ini sering membuat kamu sedih, mungkin ada cara yang kurang tepat dalam hubungan kalian, atau masing-masing belum cukup dewasa dan sebagainya. 

Bila kamu bahkan belum bisa mencintai dan menghargai diri sendiri, maka kamu akan sulit untuk mencintai dan menghargai orang lain dalam sirkumstansi yang tepat. 

Itulah beberapa cara menghadapi pacar yang tidak ada kabar. Ingat bahwa setiap kondisi berbeda dan ini hanya sebuah tips yang mungkin bisa atau tidak bisa kamu terapkan dalam hubungan kalian. Selebihnya, pahami karakter pasangan dan ketahui nilai dirimu dalam hubungan tersebut. 

Referensi: 

herway.net/love/he-doesnt-text-back/

thoughtcatalog.com/mark-rosenfeld/2017/04/what-to-do-when-he-doesnt-text-back/

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s