17 Alasan Kenapa Pacar Jarang Kasih Kabar dan Cara Menghadapinya

Ada banyak alasan kenapa pacar jarang kasih kabar. Mulai dari alasan yang bisa kita maklumi seperti kehabisan kuota, ketiduran, ponselnya rusak, atau dia memang sedang sangat sibuk saat ini. Ketahui apa saja alasan kenapa pacar jarang ngasih kabar dan cara mengatasinya di sini. 

Kenapa Pacar Jarang Kasih Kabar? 

Pacar tidak saling memberi kabar berhari-hari dan kamu mungkin merasa panik. Well, jangan dulu ambil kesimpulan. 

Ini beberapa kemungkinan kenapa pacar tidak ada kabar: 

1. Mungkin Nggak Ada Wifi, Internet, Hp rusak, dll

Umm, doi nggak balas pesan kamu? WA centang satu? Mari positive thinking ya mungkin dia kehabisan kuota, Wi-Fi lemot atau trouble, atau ponselnya rusak.  Yaaa, teknologi sudah canggih namun ini sering terjadi.

Dia akan segera hubungi kamu dan kasih kabar bila sudah kembali menemukan cahaya internet.

2. Mengalami Perubahan Hidup

Jangan buru-buru berspekulasi buruk saat kekasih menghilang tanpa kabar. Dia mungkin mengalami perubahan hidup yang berat atau belum bisa dia ceritakan saat ini. 

Misalnya, bila dia baru pindah rumah, pindah kampus, mendapatkan pekerjaan baru, atau perubahan hidup lainnya yang membuat dia harus adaptasi dan meluangkan waktu untuk berpikir panjang. 

Dia tidak melupakan kamu, namun dia sedang mengurusi hidupnya yang rumit. Kamu cukup ingatkan dia untuk tetap semangat dan kamu mendukungnya. 

3. Kamu Terlalu ‘Berisik’

Alasan kenapa pacar jarang menghubungi kita? Oh, mungkin dia jadi malas sama kamu karena kamu terlalu ‘berisik’. Kamu mungkin terlalu sering chat dia, telepon dia, spamming di sosmed dia, atau terlalu sering bertanya dari yang diperlukan. 

Bila begini, pacar kamu bisa-bisa kesal dan malah jadi nggak mau menghubungi kamu lagi. 

4. Kamu Mungkin Membosankan

Salah satu alasan wanita menghilang tanpa kabar adalah karena kamu pacar yang membosankan. Misalnya, kamu selalu bertanya hal yang sama atau kamu tidak memiliki ide percakapan yang membuat dia semangat atau tertarik untuk ngobrol sama kamu. 

Setiap saat nanya udah makan atau belum. Ayolah, dia sudah besar dan dia tahu dia harus makan. Dia mungkin akan lebih senang bila kamu orderin dia makanan daripada terus-menerus nanya, “udah makan belum, yang?”

5. Dia Mungkin Memang Tipe yang Cuek

Ini sering terjadi dengan pacar laki-laki. Dia jarang kasih kabar karena mungkin dia tipe laki-laki cuek, pendiam, atau memang nggak suka komunikasi via online. 

Dia mungkin lebih suka ngobrol langsung sama kamu daripada rutinitas bertanya kabar setiap 2 jam sekali. Atau, dia punya cara lain untuk menunjukan kepeduliannya sama kamu. 

6. Lagi Ngetes Kamu, Mungkin

Nah, ini yang menyebalkan. Dia jarang kasih kabar atau nggak mau menghubungi kamu duluan karena dia lagi tes kamu. 

Dia mungkin ingin tahu gimana reaksimu kalau dia ‘ngilang’. Kemudian dia akan senyum-senyum sendiri saat kamu kelimpungan mencari dia. 

7. Dia Sedang Capek

Dia sedang capek, itu kenapa pacar kita jarang kasih kabar. Entah urusan sekolah, tugas kampus, lagi deadline kerja, atau urusan lainnya. 

Bukan hanya capek fisik, mungkin juga lelah secara emosional, sehingga dia lebih memilih diam sejenak untuk menenangkan diri. 

8. Dia Nggak Bisa Multitasking

Alasan pria tidak memberi kabar adalah karena pada dasarnya pria nggak bisa multitasking seperti wanita pada umumnya. Bila laki-laki sedang mengerjakan satu hal, dia nggak bisa fokus pada hal lainnya. 

Pria juga cenderung ingin menyelesaikan satu pekerjaan sebelum melakukan hal lain. Jadi, pacar (laki-laki) kamu mungkin baru menghubungi kamu setelah dia selesai dengan urusannya atau saat dia sudah santai. 

9. Lebih Memilih Cara Komunikasi Lain

Pacar (laki-laki) cenderung tidak menggunakan komunikasi rutin sebagai alat untuk membangun koneksi. Namun, dia pakai komunikasi untuk mencapai sebuah tujuan. 

Pacar (perempuan) biasanya akan ngambek bila tidak diberi kabar, dipuji, atau dibalas pesannya setiap hari. Namun, pria itu mungkin memiliki cara komunikasi lain untuk menjaga hubungan tetap langgeng. 

10. Sedang Jual Mahal

Sengaja untuk nggak menghubungi kamu dulu agar kamu menghubungi dia duluan dan melakukan effort lebih untuk bisa sama dia. Seperti ibu-ibu yang sedang menawar di pasar. Pura-pura pergi agar dikasih barang yang dia mau dengan harga lebih murah. 

Baca Juga: 19 Tanda-Tanda Pacar Sudah Tidak Sayang Lagi

11. Mungkin Mulai Hilang Rasa

Ini alasan paling buruk kenapa pacar jarang ngasih kabar. Saat seseorang mulai hilang rasa, dia cenderung memberi jarak. 

Ini memang buruk sekali, tapi sering terjadi. Antara dia memang sedang berpikir apa tindakan yang paling benar atau dia tidak cukup baik untuk menyelesaikan apa yang dia mulai. 

12. Sedang ‘Sibuk’ dengan yang Lain

Ugh. This is the worst scenario. Dia jadi jarang kasih kabar ke kamu seperti biasanya karena dia sedang sibuk menebar benih untuk mendapatkan mangsa lain. 

Walaupun begitu, jangan cepat ambil kesimpulan ya. Kamu harus tanya secara langsung atau mengumpulkan bukti tentang kenapa pacar jarang kasih kabar.  

13. Tidak Tertarik dengan Kamu

Seseorang bisa berubah pikiran dan hatinya. Kemarin dia sayang sama kamu, besok mungkin tidak tertarik lagi. 

Salah satu tanda pacar tidak sayang lagi sama kamu adalah saat dia mulai jarang kasih kabar, kasih banyak alasan yang nggak masuk akal, yang intinya dia hanya nggak mau berhubungan lagi sama kamu. 

14. Sedang Berpikir untuk Putus

Ketika kamu lost contact dengan pacar, mungkin ada yang berpikir untuk putus. Saat dia nggak kasih kabar, hilang dari hidup kamu, atau pelan-pelan mengeluarkan kamu dari hidupnya. Itu tanda putus

15. Mungkin Sedang Fokus dengan Prioritas Lain

Pacar tidak menghubungi selama seminggu karena mungkin sedang fokus dengan prioritas lain. Mungkin dia lagi fokus belajar buat ujian akhir, lagi garap skripsi, lagi ada projek besar di kantor, lagi urus bisnis, ada masalah keluarga, atau lainnya. 

Beri dia waktu. Bila dia masih menganggap kamu penting di hidupnya, dia akan kembali dan bercerita apa yang terjadi. 

16. Dia Sibuk Sehari-hari 

Sederhana saja, kita hidup di dunia yang sibuk dengan kesibukan masing-masing. Pacar kamu mungkin sedang sibuk mengurusi hidupnya, dan kamu juga harus mengurusi hidupmu. Sangat baik bila kalian bisa bertemu di titik tengah untuk melepas penat dan mengekspresikan cinta di tengah dunia yang sibuk dan kadang menyebalkan ini. 

Well, itu beberapa kemungkinan kenapa pacar jarang kasih kabar. Kondisi setiap orang bisa berbeda dan harusnya kamu lebih mengenal dia dan paham apa yang sedang dia alami hingga nggak kasih kamu kabar selama beberapa hari. 

17. Kalian Sedang Tidak Baik?

Apa beberapa waktu lalu kalian bertengkar, berdebat, atau ada isu tertentu? Terkadang kita memilih diam atau mendiamkan seseorang saat sedang marah dengannya, namun ini bukan cara yang tepat, namanya silent treatment.

Cara Menghadapi Pacar yang Tidak Ada Kabar

Ini beberapa tips dan cara menghadapi pacar yang tidak ada kabar:

1. Jangan Panik

Bila dia belum membalas pesan kamu selama beberapa jam, atau mungkin seharian, jangan panik. Possitive thinking saja. “Oh, dia mungkin sedang sibuk…”

2. Jangan Ambil Kesimpulan Sendiri 

Hanya karena kamu chat dia di pagi hari namun belum balas hingga malam hari, jangan berpikiran buruk. Terutama bila kamu tahu rutinitasnya. 

Kamu boleh khawatir bila sebelumnya dia menunjukan tanda-tanda kurang sehat, atau sedang dalam perjalanan, atau dalam posisi di mana dia mungkin akan mengalami sesuatu yang buruk. 

3. Jangan Spam Chat atau Telepon 

Jangan spam dia dengan pesan atau telepon bertubi-tubi. Percayalah dia akan segera hubungi kamu dan berharap dia baik-baik saja. 

4. Hanya Kirim Pesan yang Cool 

Cukup kirim 1-2 pesan saja bila dia sulit dihubungi. Contohnya, “Hey? Apa kamu baik-baik saja? Kalau sudah lenggang kabari, ya! Semangat…” atau semacamnya. 

5. Tetap Urusi Urusanmu 

Kamu pasti punya kesibukan lain, kan? Selesaikan semua urusanmu terlebih dulu. Kamu juga harus percaya bahwa dia aman di sana dan akan segera hubungi kamu. 

6. Follow Up Seperlunya 

Misalnya dia sudah nggak kasih kamu kabar seminggu, ya logikanya kamu mungkin menghubungi temannya, anggota keluarganya, atau seseorang yang kamu kenal tinggal dekatnya. Kamu bisa follow up seperlunya saja untuk memastikan dia baik-baik saja, jangan terlihat needy

7. Bertindak 

Misalnya bila terakhir kali kamu mendengar kabarnya saat dia sedang sendirian di rumah, sebelum pergi ke tempat yang jauh, mungkin dia mabuk, dia sakit, dia sedang rapuh atau sedih, dia sedang takut, atau dalam situasi lain yang tidak terasa baik, maka kamu bisa bertindak dengan mengecek dan bertanya keberadaannya lagi. Kamu bisa inisiatif untuk mengunjunginya atau minta tolong seseorang untuk mengecek keadaannya.

Referensi: 

majorleaguedating.com/reasons-excuses-she-doesnt-call-text-back/

mantelligence.com/she-didnt-text-back/

anewmode.com/dating-relationships/true-reasons-men-dont-text-back/3/

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s