19 Tanda-Tanda Pacar Sudah Tidak Sayang Lagi

Pasti ada tanda-tanda pacar sudah tidak sayang lagi. Hubungan tidak hancur begitu saja, ada proses yang bisa kamu kenali saat dia mulai tidak cinta lagi atau mau kabur dari hubungan yang kalian punya. 

Tanda-Tanda Pacar Sudah Tidak Sayang Lagi

Kita bisa merasakan tanda-tanda pacar tidak sayang lagi sama kita. Mulai dari dia mulai menjauh, sering berdebat tidak sehat, susah dihubungi, dan sebagainya. 

Inilah beberapa tanda-tanda pacar sudah tidak sayang lagi yang seharusnya menjadi “Warning Signs” untuk hubungan: 

1. Banyak Alasan untuk Menghindari Kamu

Pacar kamu mulai memberikan banyak alasan untuk menghindari kamu atau nggak ketemu sama kamu. Bila biasanya kalian punya jadwal kencan teratur, bicara di telpon, atau melakukan aktivitas seru bersama, sekarang dia menghindari itu semua. 

Dia bahkan mungkin kasih kamu alasan tidak masuk akal. Hari senin dia sibuk. Selasa dia sama temannya. Rabu sama kucingnya. Kamis nongkrong atau mabar sama tetangga. Atau dia bilang dia ketiduran selama 3 hari jadi nggak bisa ketemu kamu. 

2. Marah Tanpa Alasan Masuk Akal

Salah satu tanda-tanda pacar tidak sayang lagi adalah dia jadi mudah marah sama kamu atau dia mempermasalahkan hal-hal kecil. 

Cara marah setiap orang berbeda, mungkin dia ngambek, berteriak, jadi silent treatment ke kamu, atau membuat kamu bersalah saat dia marah. Intinya, hal-hal yang bisa kalian bicarakan malah jadi pertengkaran sekarang. 

3. Kurang atau Tidak Perhatian Lagi

Ini adalah warning signs paling jelas kalau pacar kamu tidak cinta lagi sama kamu, ketika dia kurang perhatian atau bahkan nggak perhatian lagi sama kamu. Dia jadi benar-benar cuek sama keberadaan kamu. 

Misalnya, dia jadi dingin saat lagi ngobrol sama kamu, dia berhenti bertanya tentang kamu, dia nggak menatap mata kamu lagi, dan intinya dia nggak peduli sama kamu seperti sebelumnya. Dan ini bisa bertahan cukup lama, hingga kamu menyadari itu, ingin menyelesaikan masalah, dan malah kamu yang minta maaf, dan dia tetap dingin ke kamu. 

4. Melupakan Momen Spesial

Kalian pasti punya momen atau hari spesial yang biasanya sangat kalian tunggu-tunggu untuk dirayakan bersama. Bila dia tidak cinta lagi sama kamu, dia cenderung akan melupakan hari-hari spesial itu, misalnya, hari ultah tahun kamu, ulang tahun dia, anniversary, atau momen lainnya. Atau, dia tidak mengajakmu untuk merayakan hari spesial yang dia punya. 

5. Mengabaikan Kebutuhan dan Perasaan Kamu 

Pacar mulai abai dengan kebutuhan dan perasaan kamu, itu tanda-tanda pacar sudah tidak sayang lagi. Dia mungkin sengaja melakukan hal-hal yang dia tahu akan bikin kamu sedih dan patah hati. 

Dia tidak menghargai perasaan kamu, mungkin membiarkanmu menunggu di balik telepon hanya untuk mendengar kabar darinya. 

Bila dia masih peduli padamu, dia akan mencari cara sekuat tenaga untuk berkomunikasi sama kamu atau memastikan ini baik-baik saja. Walaupun saat dia sedang lelah atau marah, dia mungkin akan sedikit abai dan nggak manis seperti biasanya, tapi kamu tahu bahwa dia masih peduli. 

6. Membandingkan Kamu dengan Orang Lain

Kamu tahu pacar kamu mulai berubah menjadi sosok lain saat dia sudah tidak sayang lagi sama kamu. Contohnya, dia jadi lebih sering membandingkan kamu dengan orang lain di mana orang lain itu selalu terlihat lebih baik di matanya. Lebih buruk lagi bila dia membandingkan kamu dengan mantannya. 

Baca Juga: Kapan Harus Putus dengan Pacar? Ini 10 Tanda Hubungan Harus Diakhiri

7. Tidak Melibatkan Kamu Lagi di Hidupnya

This is so brutally sad. Tanda-tanda pacar sudah tidak sayang lagi adalah ketika dia nggak melibatkan kamu lagi di hidupnya, bahkan untuk hal-hal kecil. 

Misalnya, dia mulai jarang cerita tentang harinya ke kamu. Dia nggak lagi bertanya tentang opini atau pendapat kamu akan sesuatu. Dia nggak bercerita tentang masalahnya, pekerjaannya, hari ini bagaimana, nggak minta saran ke kamu, dan nggak lagi melakukan hal-hal yang biasa kalian lakukan bareng. 

8. Tidak Minta Maaf saat Salah

Kalian mungkin memiliki masalah miskomunikasi dan misunderstanding, namun dia tidak mau meluruskan masalah. Dia juga tidak mau minta maaf walaupun dia paham dia salah. Dan kalian bisa bertengkar jangka panjang. 

9. Kasar 

Tanda tanda pacar tidak sayang lagi adalah saat dia menjadi orang yang kasar. Bukan hanya kasar secara fisik atau secara nyata, tapi dia juga kasar padamu secara emosional. 

Dia mungkin kasar secara kata-kata, perlakuan, membalas kamu dengan sarkas, mengabaikan kehadiran kamu, tidak sopan, atau bertindak semaunya saja. 

10. Tidak Mau Berada Dekat Kamu

Dia tidak mau ‘dekat’ sama kamu seperti biasanya. Misalnya kalian sedang berada di tempat umum atau bersama teman-teman lain, maka dia akan menjaga jaraknya dengan kamu. Dia mungkin juga berusaha keras agar tidak terjebak harus berdua sama kamu saja. 

Baca Juga: 34 Tanda Harus Putus Sama Pacar Kamu Sekarang!

11. Menyembunyikan Banyak Hal

Kamu merasa seperti tidak mengenalnya lagi karena dia menjauhkan diri darimu dan sekarang seperti punya banyak rahasia. Mungkin bukan rahasia besar, namun hal-hal seperti yang biasanya dia ceritakan setiap hari, sekarang tidak ada lagi. 

12. Tidak Komunikasi dengan Baik dan Sulit Dihubungi

Kalian tidak bertemu dalam waktu yang cukup lama. Dia sulit dihubungi. Tidak mengangkat telepon kamu lagoi. Tidak bisa diajak bertemu. Mungkin menghindar saat kamu temui. Dia bilang dia selalu sibuk namun sebenarnya kamu tahu dia tidak sesibuk itu. 

Tidak ada orang yang terlalu sibuk untuk menunjukan kepeduliannya pada orang yang dia cintai. 

13. Selalu Tidak Setuju dengan Kamu

Baiklah, kalian adalah dua orang berbeda yang pasti tidak selalu memiliki pendapat atau selera yang sama. Dua orang yang saling mencintai akan menganggap bahwa perbedaan adalah anugrah dan kalian akan saling belajar dan bersenang-senang di antaranya. 

Berbeda bila satu pihak tidak cinta lagi, dia akan selalu menemukan cara untuk tidak setuju denganmu, menganggap kamu sangat salah, dan ujung-ujung berdebat atau bertengkar tidak sehat. 

14. Kamu Menjadi Gelisah Karenanya

Semua yang dia lakukan akan membuat kamu gelisah, saat dia tidak cinta lagi sama kamu, karena dia berubah menjadi sosok yang sama sekali tidak kamu kenal. 

Kamu akan bertanya apa yang salah, apa salah kamu, dan kenapa ini bisa berubah. Pelan-pelan kamu akan merasa hatimu patah. I felt that. 

15. Tidak Ada Usaha Lagi

Tanda-tanda pacar tidak sayang lagi adalah saat dia tidak berusaha lagi untuk kamu. Dia berhenti berinvestasi untuk hubungan kalian. Tidak meluangkan waktu, tidak ada kepedulian, tidak ada kasih sayang, tidak ada lagi canda-tawa, dan intinya dia berhenti. 

Rasanya seperti mengayuh dayung perahu itu sendirian. Hanya kamu yang berusaha. 

16. Dia Menjauh

Ini adalah tanda-tanda pacar sudah tidak sayang lagi, yang paling jelas dan menyebalkan. Dia menjauh dari kamu. Jauh dari kamu secara fisik dan emosional. Kamu tidak lagi merasa ini hubungan yang benar dan sehat. 

17. Dia Bilang “Ingin Sendiri Dulu” atau “Break

Ya, sangat penting bagi setiap orang untuk memiliki “Me Time” agar dirinya tetap sehat dan waras secara emosional. 

Namun, ini berbeda bagi pasangan yang sudah tidak cinta lagi sama kamu. Dia ingin sendiri dalam waktu yang sangat lama lebih dari biasanya. 

Kamu harusnya bisa komunikasi dengannya, oh bila dia sedang stres dia butuh waktu sendiri untuk memperbaiki semuanya, sementara kamu tetap dukung dia. Berbeda bila dia tidak cinta lagi padamu, kamu mungkin tidak mendengar kabarnya lagi. 

18. Dia Lari dari Situasi Kalian

Hal terburuk yang bisa pacar kamu lakukan saat dia tidak cinta sama kamu lagi atau bingung dengan perasaan sendiri adalah dia memilih lari dari situasi yang kalian hadapi. Padahal, dia bisa bicara baik-baik dengan kamu untuk bilang bahwa hubungan kalian tidak lancar dan jalan terbaik mungkin harus putus. 

19. Your Lover Just Gone into Thin Air

Hal paling menyedihkan adalah pacar kamu pergi begitu saja saat dia memutuskan untuk berhenti mencintai kamu atau dia berubah pikiran. I know this is so bloody sad. 

Baca Juga: 23 Cara Mengatasi Patah Hati Menurut Psikolog

Catatan tentang Tanda-Tanda Pacar Tidak Sayang Lagi

19 poin di atas adalah kondisi umum yang mungkin dilakukan oleh seseorang saat dia sudah tidak cinta lagi dengan pasangannya. Beberapa orang mungkin memiliki tanda-tanda lain. 

Dan sepertinya, seseorang menunjukan tanda-tanda itu saat dia belum cukup dewasa atau berada dalam toxic relationship, di mana dia terlalu pecundang untuk memutuskan hubungan secara langsung dan malah membiarkan hubungannya terombang-ambing tidak jelas. 

Pesan dari Penulis

Bila tidak cinta lagi dengan pacar kamu, bilang saja secara langsung dengan cara yang dewasa dan bijaksana. Tidak perlu menjauh atau menghilang pelan-pelan, membuat lukanya semakin perih. Bilang kalau kalian memiliki hari-hari yang indah namun tidak bisa bertahan lama. Ucapkan terima kasih dan move on, agar dia juga bisa move on dengan cepat.

Referensi: 

AUTHOR RACHEL. 2021. 17 Brutally Honest Signs He Doesn’t Love You Anymore. doctorforlove.com/17-brutally-honest-signs-he-doesnt-love-you-anymore/.

The Daily Spice. 2020. 15 PAINFUL SIGNS HE DOESN’T LOVE YOU ANYMORE. thedailyspice.com/signs-he-doesnt-love-you-anymore/. 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s