9 Alasan Kenapa Kucing Takut dengan Orang Asing 

Kenapa kucing takut dengan orang? Kucing kamu mungkin memang memiliki personaliti pemalu dan tidak terbiasa dengan kehadiran manusia lain. Cek alasan kenapa kucing takut manusia dan cara mengatasinya di sini! 

Kenapa Kucing Takut dengan Orang Asing 

Si Meow nampaknya stres dan takut bertemu orang asing. Ini alasannya:

1. Personaliti Kucing 

Seperti manusia, kucing lahir dengan berbagai personaliti dan kepribadian. Ada kucing yang aktif, kucing pemalu, kucing pemberani, kucing oren, dan sebagainya. 

Jadi, alasan kenapa kucing takut manusia lain mungkin karena dia kucing pemali. Kucing mungkin juga tidak terbiasa dengan tempat ramai atau bersosialisasi, baik dengan manusia atau sesama kucing lain. 

Misalnya, kucing rumahan akan takut saat berada di luar rumah, bertemu dengan orang asing, atau kucing lain. Dia akan merasa kaget, asing, tidak nyaman, dan mungkin takut. 

2. Perubahan Lingkungan secara Tiba-Tiba 

Kucing bisa sangat sensitif saat berada di lingkungan berbeda atau mengalami perubahan lingkungan secara tiba-tiba. 

Misalnya, kamu memberikan kandang kucing baru yang lebih sempit, mengajak kucing naik mobil, memeriksakan kucing ke dokter hewan baru yang membuat kucing tidak nyaman, atau membuat kucing berada di tempat dan situasi baru yang membuatnya stres. Kucing bisa merasa emosional dan takut. 

3. Dipaksa untuk Bersosialisasi 

Kucing adalah makhluk mandiri yang lebih suka menyendiri. Bila pemiliknya atau orang lain memaksa dia untuk bersosialisasi, bermain, atau mengganggunya, maka dia akan memberi sinyal bahwa dia merasa tidak nyaman. 

Itu juga menjadi alasan kenapa kucing takut melihat kita, bila kita selalu memaksanya untuk melakukan apa yang tidak dia senangi. 

Baca Juga: 15 Tanda Kucing Menyayangi Kita (Meow Meow)

4. Dipegang Terlalu Erat 

Kenapa kucing takut dengan orang asing? Karena orang itu mungkin menggenggam kucing terlalu erat hingga dia tidak nyaman, merasa sakit, atau terganggu. 

Ya, kita kadang tidak bisa mengontrol diri saat melihat kucing lucu yang menggemaskan. Kita sering menggendongnya sangat erat seperti boneka, dan kita lupa bahwa kucing memiliki perasaan sangat sensitif. 

5. Diperlakukan Seperti Manusia 

Ada sebagian pemilik kucing yang memperlakukan kucing seperti manusia kecil, dengan cara berlebihan yang membuat kucing ngambek. Misalnya, kita memberikan kucing kostum tertentu, memaksa kucing melakukan gerakan tertentu, atau bahkan merekam dan meminta foto selfie dengan kucing berlebihan. 

Itu salah satu alasan kenapa kucing takut dengan orang. Kadang kita tidak peduli dengan perasaan kucing, huhu

6. Berisik 

Alasan lain kenapa kucing takut dengan orang asing adalah karena manusia atau lingkungan sekitar bisa sangat berisik dan mengganggu kedamaian kucing. Ini termasuk suara bicara yang keras, tertawa, suara hewan peliharaan lain, dan suara keras lain yang membuat kucing gelisah, stres, dan takut. 

7. Tidak Terbiasa dengan Manusia 

Kucing pemalu, introvert, atau kucing rumahan biasanya jarang dikunjungi oleh manusia lain selain pemilik dan keluarganya, sehingga kucing tidak terbiasa dengan manusia sejak kecil. Akhirnya, kucing bisa takut dengan manusia lain setiap saat. 

Bahkan, kucing yang terbiasa dengan keramaian dan kehadiran banyak manusia masih bisa takut dengan kondisi tertentu, misalnya saat dikunjungi atau diajak main dengan anak kecil.

8. Perubahan Rutinitas

Misalnya, kamu biasa memberi makan kucing jam 10 pagi, maka kucing akan ngambek, marah, atau takut bila kamu telat memberinya makanan. Perubahan kandang, bentuk ruangan, jenis makanan, letak mainan, atau kunjungan orang baru juga bisa membuat kucing cemas dan khawatir.  

9. Menghukum Kucing 

Kita manusia memang kadang tidak adil untuk menghukum kucing yang tidak salah. Ya, kucing akan takut bila kita sering marahi atau kita hukum untuk hal-hal kecil. 

Baca Juga: 10 Tanda Kucing Tidak Menyukai Kamu

Cara Mengatasi Kucing yang Takut dengan Manusia 

Anak kucing harus dibiasakan untuk bertemu orang lain, kucing lain, atau suasana yang lrbih ramai. Saat kucing sudah bisa bertemu dengan orang baru, kamu bisa beri kucing hadiah untuk menjadi kucing baik. 

Kamu juga harus memperlakukan anak kucing dengan sangat lembut. Butuh waktu beberapa saat hingga kucing terbiasa dengan manusia lain, tetap ajak kucing beriteraksi dan bermain dengan orang lain. 

Awalnya, biarkan orang lain menyapa kucing kamu dari kejauhan. Lalu, pelan-pelan mendekat, mulai berinteraksi, dan ajak kucing main bila kucing merasa nyaman. 

Itulah pembahasan tentang kenapa kucing takut dengan orang asing. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu dan kucing kamu. Love your cat like you love yourself. Love cats, meow! 

Referensi: 

Kruzer, Adrienne, RVT, LVT. 2019. Is Your Cat Scared of People?. thesprucepets.com/if-your-cat-hates-visitors-553958. 

Mychelle Blake, MSW, CDBC, Lifestyle Contributor and Pet Behavior Expert. 2015. Pet Health Resources. pethealthnetwork.com/cat-health/cat-behavior/7-human-behaviors-cats-hate.

Pets WebMD. 2020. Shy or Fearful Cats. pets.webmd.com/cats/guide/shy-fearful-cats#1.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s