48 Jenis-Jenis Orientasi Seksual (Queer, LGBTQIA+, Homoseks, dll)

Istilah orientasi seksual mengacu pada dengan siapa seseorang tertarik atau tidak tertarik secara hubungan romantis dan hubungan seksual. Pelajar tentang pengertian dan jenis-jenis orientasi seksual yang diakui di seluruh dunia dalam pembahasan ini. 

Apa Itu Orientasi Seksual?

Orientasi seksual adalah konsep yang menggambarkan keinginan/ketertarikan seseorang untuk memiliki hubungan romantis, hubungan personal atau emosional, serta hubungan seksual dengan orang lain, yang tidak terpaku pada gender identitas. 

Jadi, orientasi seksualitas adalah tentang bagaimana kamu lebih tertarik, atau tidak tertarik, atau memiliki preferensi tertentu, untuk menjalin sebuah hubungan secara romantis dan bersifat seksual dengan orang lain. Ini tidak terpaku dengan gender kamu atau gender pasanganmu, namun semata-mata tentang preferensi perasaan kamu.

Orientasi Seksual dan Identitas Gender

Orientasi seksual dan identitas gender dan tidaklah sama. Sexual orientation mengacu pada dengan siapa kamu ingin memiliki hubungan romantis/seksual. Sementara identitas gender adalah konsep diri sebagai laki-laki, perempuan, atau kombinasi keduanya, atau mungkin tidak keduanya. 

Orientasi Seksual Adalah

Ketertarikan emosional, romantis, atau seksual yang dirasakan seseorang terhadap orang lain.

Identitas Gender Adalah

Konsep pribadi seseorang sebagai laki-laki, perempuan, bukan keduanya, atau kombinasi keduanya. Ini juga terkait tentang peran seseorang dalam kehidupan. 

Identitas gender seseorang bisa sama atau berbeda dari kelamin yang mereka punya atau ditetapkan saat lahir. Seseorang mungkin lahir dengan jenis kelamin perempuan namun memiliki peran hidup seperti laki-laki, atau sebaliknya, atau berbeda dari stereotip gender dan seks yang dipercaya secara tradisional.

Jenis-Jenis Orientasi Seksual

Setidaknya, kita tinggal dan tumbuh di tempat yang mayoritas percaya hanya pada satu orientasi seksual, yaitu hubungan heteroseksual (laki-laki mencintai perempuan dan sebaliknya). Namun, di belahan bumi lain, ada jenis-jenis orientasi seksual yang dipercaya dan sudah diakui. 

Inilah 4 jenis orientasi seksual yang dikenal secara umum: 

1. Heteroseksual

Heteroseksual adalah kelompok orang-orang yang tertarik secara fisik, hubungan emosional/personal, dan hubungan romantis dengan lawan jenis. Misalnya, laki-laki tertarik pada perempuan dan perempuan tertarik pada laki-laki. 

Ini adalah hubungan normal atau lurus (straight). Hubungan ini yang secara umum disahkan oleh banyak agama, sosial, budaya, negara, dan secara tradisional. 

2. Homoseksual

Homoseksual adalah kelompok orang yang menyukai, tertarik secara fisik/emosional, serta menyukai hubungan seksual sesama jenis. Misalnya, wanita tertarik dengan wanita (lesbian) dan laki-laki tertarik pada laki-laki (gay/homo). 

3. Biseksual 

Biseksual adalah orang yang menyukai atau tertarik secara fisik/emosional/seksual pada kedua jenis kelamin. Misalnya, seorang laki-laki biseksual (bi) tertarik pada wanita dan juga laki-laki. 

4. Aseksual 

Aseksual adalah orang yang tidak tertarik untuk memiliki hubungan seks atau hubungan fisik dengan siapapun (jenis kelamin apapun), namun mereka ingin memiliki hubungan emosional dan personal dengan orang lain. 

Baca Juga: 16 Tipe Cinta Berdasarkan Studi Ancient Greeks dan Triangular Theory of Love

Terdapat Lebih dari 17 Jenis Berbeda Orientasi Seksual 

Selain 4 sex orientation yang secara umum telah berlaku, ada lebih banyak jenis-jenis orientasi seksual. Kami susun berdasarkan abjad, sebagai berikut: 

1. Allosexual 

Allosexual adalah istilah umum untuk orang yang memiliki ketertarikan seksual dengan orang lain (bisa jadi heteroseksual, biseksual, atau homoseksual). Intinya, mereka bukan seorang aseksual. 

2. Allosexism

Allosexism adalah orang yang beranggapan bahwa semua manusia seharusnya memiliki ketertarikan seksual dengan orang lain. 

Allosexisme tidak suka pada orang aseksual dan mereka cenderung mengundang prasangka, kebencian, atau permusuhan terhadap orang aseksual.

3. Androsexual

Androsexual adalah orang yang tertarik dengan pria, laki-laki, atau maskulinitas, walaupun orang yang mengidentifikasikan dirinya sebagai pria, laki-laki, atau maskulinitas tersebut tidak membawa kelamin laki-laki saat lahir atau secara biologis dan anatomi. 

4. Asexual

Asexual adalah orang yang tidak mengalami ketertarikan seksual kepada orang lain dari jenis kelamin apa pun. Mereka juga disebut ‘Ace’ dan mereka kadang masih mengalami ketertarikan romantis pada orang lain dalam beberapa jenis kelamin. 

5. Aromantic

Aromantic adalah mereka yang mungkin tidak merasakan ketertarikan romantis terhadap siapapun, atau hanya sedikit ketertarikan romantis pada orang lain terlepas dari seks dan jenis kelamin.

6. Autosexual

Autosexual adalah seseorang yang tertarik pada diri sendiri secara seksual. Namun, mereka mungkin masih dapat mengalami ketertarikan seksual kepada orang lain.

Orang yang suka masturbasi belum tentu seorang autoseksual.

7. Autoromantic

Autoromantic adalah orang-orang yang merasa memiliki ketertarikan pada diri sendiri secara romantis. Mereka mengidentifikasikan hubungan yang mereka jalin dengan diri sendiri sebagai hubungan romantis. 

8. Bicurious

Bicurious adalah orang yang ingin memiliki pengalaman atau penasaran dengan hubungan biseksualitas. Mereka memiliki rasa ingin tahu tentang ketertarikan romantis dan seksual seseorang kepada orang-orang dari jenis kelamin yang sama atau berbeda.

Baca Juga: 32 Tipe Hubungan Cinta, Kamu Sedang Menjalani yang Mana?

9. Bisexual

Biseksual adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan romantis, emosional, dan seksual pada orang lain baik dalam jenis kelamin yang sama atau berbeda. Biseksual sering disebut sebagai “Bi“.

10. Biromantic

Biromantic adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan secara romantis (bukan ketertarikan seksual) dengan orang lain baik dalam satu jenis kelamin atau berbeda.

11. Closeted (Tertutup)

Closeted adalah istilah untuk mereka dalam komunitas LGBTQIA+ yang tidak terbuka tentang identitas seksual, ketertarikan seksual, perilaku seksual, ekspresi gender, atau identitas gender mereka. Mereka mungkin hanya terbuka pada komunitas tertentu dan closeted atau tertutup di publik karena takut akan diskriminasi, perlakuan buruk, penolakan, atau kekerasan.

12. Coming Out 

Coming Out adalah istilah untuk orang LGBTQ+ yang selama ini merahasiakan seksualitas, jenis kelamin, atau status interseks mereka di publik, namun akhirnya berani menerima dan mempublikasikan diri mereka sebagai bagian dari LGBTQ+. 

Ini juga termasuk bagian dari penerimaan diri dan kebanggaan diri sebagai individu LGBTQIA+.

13. Cupiosexual

Cupioseksual adalah orang aseksual yang tidak tertarik secara seksual dengan siapapun, namun tampaknya memiliki keinginan untuk terlibat dalam perilaku seksual atau hubungan seksual.

14. Demiseksual

Demisexual adalah orang yang akan tertarik memiliki hubungan seksual dengan orang lain hanya dalam keadaan tertentu. Misalnya, seorang demiseksual baru akan memiliki keterikatan seksual setelah membangun hubungan romantis atau emosional dengan pasangannya dalam waktu yang lama. 

15. Demiromantic

Demiromantic adalah orang yang baru akan memiliki ketertarikan romantis dengan orang lain setelah dia memiliki ikatan emosional yang kuat dengan mereka.

16. Fluid (Cair) 

Fluid adalah istilah yang menggambarkan orang-orang yang percaya bahwa seksualitas, ketertarikan seksual, dan perilaku seksual bisa berubah dalam waktu ke waktu sesuai dengan situasi atau keadaan diri mereka. Jadi, dalam sepanjang hidup mereka mungkin mengalami perubahan seksualitas, ketertarikan seksual, atau perilaku seksual beberapa kali.

17. Gay

Jenis orientasi seksual selanjutnya adalah gay. Gay adalah orang yang memiliki ketertarikan fisik, emosional, romantis, dan seksual sesama jenis. 

Umumnya, kata gay digunakan untuk laki-laki yang suka dengan laki-laki lainnya. Namun, istilah gay juga dapat digunakan untuk perempuan yang menyukai perempuan lainnya. 

Baca Juga: Apa Itu Gay? Penyebab, Ciri, Identitas Gender, dan Orientasi Seksual 

18. Graysexual

Graysexual adalah orang yang berada dalam zona abu-abu, dalam artian mereka mengalami ketertarikan seksual dengan orang lain namun mungkin jarang dan tidak intens. Mereka tidak secara tegas mengakui diri mereka sebagai aseksual atau aromantik, namun berada di antaranya. 

19. Grayromantic

Grayromantic adalah orang yang berada dalam zona abu-abu dalam ketertarikan secara romantis dengan orang lain. Dia masih memiliki ketertarikan secara romantis ke orang lain, namun mungkin jarang, tidak intens, atau sedikit. 

20. Gynesexual

Gynesexual adalah istilah untuk mereka yang tertarik secara romantis dengan perempuan, wanita, atau feminitas. Walaupun orang yang mengaku sebagai perempuan, wanita, atau feminitas tersebut tidak membawa kelamin perempuan saat lahir atau secara anatomi dan biologi. 

21. Heterosexual

Heterosexual adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan secara emosional, romantis, dan seksual dengan lawan jenis. Misalnya, wanita suka pria, dan pria suka wanita. 

22. Homosexual

Jenis perubahan orientasi seksual adalah homoseksual. Homoseksual adalah orang-orang yang menyukai sesama jenis, secara emosional, romantis, dan seksual. Gay atau homo dan lesbian adalah homoseksual. 

23. Lesbian

Lesbian adalah wanita yang memiliki ketertarikan secara seksual, fisik, romantis, dan emosional dengan wanita lain. Sebagian wanita lesbian juga mengidentifikasikan diri mereka sebagai queer atau gay

24. LGBTQIA+

LGBTQIA+ adalah akronim dari lesbian, gay, bisexual, transgender, queer, intersex, dan asexual. Ini adalah ketertarikan seksual, romantis, dan emosional di luar dari hubungan heteroseksual. Simbol + dalam LGBTQIA+ mengacu pada semua orientasi seksual yang belum dapat dijelaskan. 

Baca Juga: Apa Itu LGBT? Singkatan, Arti, Pro Kontra, Negara LGBT

25. Libidoist Asexual

Libidoist asexual adalah istilah untuk orang aseksual yang masih memiliki libido seksual dan perasaannya itu bisa terpuaskan dengan masturbasi atau stimulasi diri sendiri secara seksual. 

Jadi, orang yang masih memiliki libido atau perasaan seksual tidak selalu harus memuaskan diri dengan perilaku seksual dengan orang lain. 

26. Monosexual

Monosexual adalah istilah umum untuk orang-orang yang hanya memiliki ketertarikan romantis atau seksual hanya terhadap satu jenis kelamin. Jadi, orang yang heteroseksualitas, gay, dan lesbian termasuk dalam kategori monosexual karena mereka hanya tertarik pada orang lain dalam satu jenis kelamin saja. 

27. Non-Libidoist Asexual

Non-libidoist asexual termasuk dalam kategori aseksualitas, di mana dia juga tidak memiliki perasaan seksual, libido seksual, atau memiliki dorongan seksual yang aktif.

28. Omnisexual

Omnisexual adalah istilah untuk seseorang yang keinginan seksualnya tidak terbatas (omni) pada orang dengan orientasi seks atau jenis kelamin tertentu saja. Konsep ini serupa dengan pansexual.

29. Out

Out adalah istilah yang digunakan untuk mereka dalam komunitas LGBTQ+, di mana mereka mengakui dan terbuka baik dalam kehidupan pribadi, publik, atau profesionalnya bahwa mereka adalah bagian dari LGBTQ+. 

Jadi, coming out adalah saat seseorang baru mempublikasikan diri sebagai individu LGBTQ+, sementara out adalah saat seseorang akhirnya memperkenalkan diri mereka sebagai LGBTQ+ secara terbuka. 

Baca Juga: Apa Warna Bendera LGBT dan Artinya?

30. Panseksual 

Panseksual adalah seseorang yang memiliki ketertarikan seksual, romantis, atau emosional kepada siapa saja baik dalam jenis kelamin, gender, atau orientasi apapun. 

31. Panromantic

Panromantic adalah seseorang yang memiliki ketertarikan romantis atau emosional (bukan ketertarikan seksual) kepada siapa saja baik dalam jenis kelamin, gender, atau orientasi apapun. 

32. Polysexual

Polysexual adalah orang yang memiliki ketertarikan seksual, romantis, atau emosional kepada lebih dari satu jenis kelamin. Jadi, orang yang biseksualitas, panseksualitas, omniseksualitas, dan queer termasuk dalam kategori poliseksual. 

33. Polyamorous

Polyamorous adalah hubungan non-monogami di mana seseorang memiliki hubungan dengan banyak orang atau melibatkan banyak orang. Ini adalah hubungan konsensual. 

Misalnya, Bambang pacaran dengan Nana. Nana pacaran juga dengan Budi. Bambang punya pacar lain bernama Diana. Diana pun punya pacar lainnya. Dan seterusnya.

Semua orang yang terlibat dalam hubungan poliamori memiliki aturan dasar, kepercayaan, keterbukaan, batasan, dan rules lainnya yang mereka yakini. 

34. Pomosexual

Pomosexual adalah orang-orang yang tidak mau mengidentifikasi diri dengan label seksualitas apapun. Jadi, mereka tidak mau diberi label sebagai homoseksual, biseksual, atau heteroseksual, dan lainnya. 

35. Passing

Passing (lulus) adalah istilah yang mengacu pada asumsi masyarakat tentang seksualitas dan gender seseorang. Ini membahas tentang sejauh mana individu LGBTQIA+ dianggap sebagai heteroseksual atau cisgender.

36. Queer

Queer adalah payung untuk menjelaskan individu di luar heteroseksual. Istilah queer merujuk pada komunitas LBGTQIA+.

Baca Juga: Apa Itu Queer? Definisi, Teori, dan Contoh

37. Questioning

Questioning adalah istilah yang digunakan untuk seseorang yang masih mencari tahu dan ingin eksplorasi tentang aspek seksualitas dan gender dirinya. 

38. Romantic Attraction

Romantic attraction atau ketertarikan romantis adalah pengalaman yang seseorang miliki membentuk interaksi romantis pada diri sendiri atau orang lain, tanpa harus ada hubungan atau ketertarikan seksual. Jadi, beberapa orang mungkin memiliki ketertarikan romantis namun tidak secara seksual. 

39. Sapiosexual

Sapiosexual adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan emosional, seksual, atau romantis berdasarkan dari kecerdasan orang lain, tanpa melihat orientasi atau jenis kelamin orang tersebut. 

40. Sexual attraction

Sexual attraction atau daya tarik seksual mengacu pada ikatan seseorang dengan orang lain berdasarkan gairah seksual.

41. Sex-averse

Sex-averse atau penolakan seksual adalah istilah untuk mereka yang termasuk aseksual dan juga tidak tertarik pada seks atau perilaku seksual apapun. 

42. Skoliosexual

Skoliosexual adalah orang yang tertarik secara seksual pada orang lain dengan identitas gender non-cisgender, contohnya orang yang non-biner, genderqueer, atau trans.

43. Spectrasexual

Spectrasexual adalah orang yang tertari secara romantis atau seksual pada orang lain baik dalam banyak jenis kelamin, orientasi seks, identitas gender, namun tidak harus semuanya. 

44. Straight

Straight atau lurus adalah mereka yang menganut hubungan heteroseksual, atau disebut juga dengan orientasi seks normal. 

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Pacar Nafsu yang Harus Kamu Ketahui

Apakah Kita Bisa Memilih Orientasi Seksual? 

Ada lebih dari 17 jenis berbeda orientasi seksual, namun apakah kita bisa memilihnya? Tidak ada yang bisa menjawab itu. 

American Academy of Pediatrics (AAP) dan American Psychological Association (APA) menyampaikan bahwa orientasi seksual adalah kombinasi kompleks dan rumit dari berbagai faktor, termasuk faktor biologi, psikologi, dan lingkungan.

Berbagai ahli medis dan para ilmuwan juga percaya bahwa faktor gen dan hormon seseorang memainkan peran penting dalam orientasi seks seseorang. 

Secara umum, orientasi seksual bukanlah sesuatu yang bisa dipilih oleh seseorang, namun ini adalah bagian dari diri seseorang yang hadir secara alami. 

Itulah pembahasan tentang jenis-jenis orientasi seksual yang ternyata ada banyak sekali dan mungkin belum kami jelaskan semuanya. Perdebatan atau asumsi tentang orientasi seksual dan identitas gender memang sangat pelik di sini, namun cobalah menampung ini sebagai sebuah informasi dan wawasan bahwa di bagian bumi lain orang-orang bisa memiliki orientasi seksual dan identitas gender berbeda. 

Referensi: 

Abrams, Mere, LCSW. 2019. 46 Terms That Describe Sexual Attraction, Behavior, and Orientation. healthline.com/health/different-types-of-sexuality.

BRABAW, KASANDRA. 2019. Allosexual, Demisexual, Bicurious — & Other Sexualities You Need To Know. refinery29.com/en-us/sexual-orientation-types-of-sexualities#slide-2. 

Human Rights Campaign. 2021. Sexual Orientation and Gender Identity Definitions. hrc.org/resources/sexual-orientation-and-gender-identity-terminology-and-definitions. 

KidsHealth Behavioral Health Experts. 2021. Sexual Attraction and Orientation. kidshealth.org/en/teens/sexual-orientation.html. 

Zambon, Veronica. 2020. What are different types of sexualities?. medicalnewstoday.com/articles/types-of-sexuality#types. 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

One thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s