Apa Itu SoftBoy? Ketahui Ciri dan SoftBoy Starter Pack

Softboy adalah istilah untuk laki-laki yang terlihat lembut, ramah, baik, dan penyayang namun ternyata hanya menggunakan persona itu untuk memikat wanita demi keuntungannya sendiri. Pahami apa itu softboi, ciri softboy, dan cara mengatasinya dalam pembahasan ini.

Apa Itu Softboy?

Arti softboy adalah istilah yang sekarang digunakan untuk menyebut seorang laki-laki dengan tampilan yang sangat lembut, ramah, baik, penyayang, dan hampir sempurna yang membuat wanita berpikir dia adalah laki-laki idaman, namun ternyata dia hanya menggunakan citra lembut (soft) itu untuk mengambil keuntungan dari wanita, misalnya untuk memiliki hubungan tanpa komitmen atau tidur bersama wanita itu lalu dia akan pergi. 

Jadi, seorang softboy (atau softboi) biasanya terlihat sangat intelektual, menarik, peka, memberi kamu hal-hal manis, suka baca buku, perhatian, mendengarkan musik indie, senang deep talk, sangat filosofi, menatap senja, dan sangat lembut emosional. Softboi memberi gambaran bahwa dia memiliki kecerdasan emosional dan intelektual, terlepas itu benar atau palsu, kamu akan terbuai dengan karakternya yang sempurna itu. 

Dalam prosesnya, wanita akan terbuai, terikat secara emosional, menunjukan sisi sensitifnya, dan mungkin jatuh cinta dengan softboi. Dan di saat itu, seorang softboi profesional akan memanfaatkan wanita untuk, misalnya, mendapatkan tubuhnya dan keuntungan lain. 

Ya, bila fakboi adalah seorang bajingan yang terang-terangan, soft boy artinya adalah bajingan dengan tingkat manipulatif level tinggi yang tidak sombong, diam-diam, dan membuat wanita jatuh cinta hanya untuk menghancurkannya. Bila kamu melihat wajah dan perilaku si softboi itu, kamu tidak akan percaya bahwa dia ternyata sangat brengsek di dalamnya. 

Ciri-Ciri Softboy

Softboy artinya sangat sulit untuk dipahami, namun mudah dikenali. Mereka biasanya menggunakan serangkaian karakteristik yang samar namun tipikal. 

Inilah beberapa ciri-ciri softboy yang bisa kamu kenali dan harus kamu waspadai: 

1. Pendekatan yang Manis dan Sopan 

Tidak seperti fakboi yang mungkin langsung merayu dan menggoda kamu, seorang fakboi adalah laki-laki yang memulai PDKT dengan cara sangat pintar. Misalnya, dia akan bertanya padamu tentang nilai feminisme, nilai sosial, dan punchline cerdas lainnya. 

Softboi akan memperlakukanmu seperti manusia dan wanita yang hebat. Itu membuat kamu ketagihan dan terbuai. Dia juga akan memberikan gagasan, analisis, atau opini yang cerdas, yang membuatmu berpikir, “wah, he is nice”.

2. Dia Berbicara tentan Sastra, Filosofi, atau Topik Cerdas Lainnya 

Seorang sofboi terdengar dan terasa seperti orang yang luar biasa cerdas, tidak sombong, humble, friendly, dan open-minded. Dia mungkin akan memberi referensi tentang sastra, filosofi, sosial dan budaya, tentang betapa dia menyukai Kerouac, membaca buku puisi, memiliki imajinasi yang liar, mempelajari sejarah, dan topik intelektualisme lainnya yang membuat kamu terpesona. 

3. Menggunakan Pakaian yang Lembut 

Cara pakaiannya terlihat seperti laki-laki lembut yang pintar dan karismatik. Misalnya, dia suka pakai cardigan, hoodies, sweater, rajutan nenek, mungkin kacamata, dan celana kasual, intinya pakaian yang nyaman. 

Softboi mengenakan setelah yang membuatnya terlihat hangat dan manis untuk melindungi hatinya yang sebenarnya rapuh dan sensitif. Secara visual, seorang softboi memiliki potongan tipe pacar idaman yang menjadi fantasi kebanyakan wanita. 

4. Pilihan Musik 

Tidak tahu apakah kita bisa menilai orang dari pilihan musiknya, namun itu bisa menjelaskan semuanya. 

Seorang softboi secara tipikal bangga mendengarkan musik indie atau bahkan hanya mau mendengarkan musik indie. Dia akan memberitahumu bahwa dia mendengarkan Tame Impala, Arctic Monkeys, Rex Orange County, Payung Teduh, Efek Rumah Kaca, Banda Neira, Fourtwnty, The Smiths, dan musik lain yang dia pikir tidak akan kamu suka. 

Dia juga mengatakan dia suka lagu jadul, musik klasik, lagu rock 80an mungkin, dan dia suka mendengarkan musik-musik itu sambil menatap ke luar jendela, bersama senja, dengan vinyl, dan memberi tahumu filosofi lagu-lagi tersebut. 

5. Dia Tidak Suka Hal-Hal Mainstream

Seorang softboi merasa sangat berbeda dan dia pikir orang-orang tidak akan mengerti. Dia memberi kritik tentang bagaimana musik di zaman sekarang tidak otentik dan dia tidak suka hal-hal ‘mainstream‘ yang terjadi hari ini.

Baca Juga: 29 Istilah Dating Tren di Kalangan Millennial yang Belum Kamu Tahu

6. Dia Sedih dan Sensitif 

Dia akan berbicara tentang depresi, anxiety, overthinking, penyakit mental, menggunakan dark humour untuk menutupi kesedihannya, dan sangat sensitif. Dan kamu melihat dia merasakan kesedihan yang tidak bisa dia sembuhkan sendiri. 

7. Dia Bilang Dia Tidak Seperti Cowok Lain yang Menyakiti Kamu 

Sofboy adalah laki-laki yang terlihat sangat baik, dia ada di puncak atas laki-laki baik. Dia akan membandingkan dirinya dengan mantan-mantan kamu yang bajingan, meyakinkan kamu bahwa dia tidak akan menyakiti kamu seperti itu, tapi pada akhirnya dia akan menyakiti kamu dengan cara lain. 

8. Dia Akan Bilang Kamu Berbeda dengan Wanita Lain 

Seorang softboi merasa dirinya berbeda dan paling suci di antara jenis cowok lain, dan karena itu kamu tertarik padanya. Karena itu, dia juga bilang bahwa dia sangat pemilih dan hanya akan pergi bersama orang spesial, seperti kamu yang dia nilai berbeda dari kebanyakan jenis wanita lainnya. 

Baca Juga: Apa Itu FWB (Friends with Benefits)? Aturan, Manfaat, Bahaya, dll

9. Dia Beri Kamu Hadiah Spesial yang Sangat Manis 

Dia memberimu satu atau beberapa mixtape yang terdiri dari banyak lagu indie akustik atau nyanyiannya sendiri, yang membuat kamu merasa spesial sebagai wanita, yang kamu kira itu seperti hadiah dewa untuk manusia paling spesial seperti kamu. 

Dia mungkin juga sengaja meninggalkan sweater rajutan di ruang tamu kamu, mengelus rambutmu, memberi kamu semua sensasi dan perasaan yang tidak kamu dapatkan dari orang lain. 

10. Orang Terakhir yang Kamu Curigai Sebagai Seorang Fakboi

Dia sangat baik dan lembut. Dia mengerti kamu dan memperlakukanmu dengan istimewa. Softboi paham bahwa kamu sudah lelah dengan fakboi atau jenis bajingan lain yang memperlakukanmu seperti sampah. 

Dia menjadi sosok yang kamu idamkan. Kamu mau dia berbeda dan spesial, maka dia berbeda dan spesial. Kamu mau seseorang yang lembut dan baik, maka sofboi menjadi sosok yang lembut dan baik. 

Namun pada akhirnya, saat matahari tenggelam dan kamu sudah sangat jatuh cinta padanya, dia akan mengambil semua keuntungan itu dari kamu. Mengambil semua milikmu: waktumu, energimu, hatimu, cintamu, tubuhmu, perasaanmu, jiwamu, dan semua yang tidak akan dia kembalikan. Kamu tidak akan bisa menolaknya karena dia sangat manis. 

Baca Juga: Apa Itu Ghosting dalam Hubungan? Ciri, Cara Move On, dll

Softboy Starter Pack

We cannot judge anyone from they way they look, yes, namun ada tren di media sosial tentang stereotip softboy starter pack atau soft boy aesthetic and outfits. Sofboy adalah seseorang yang membalik budaya maskulin dalam cara berpakaian, mengadopsi sedikit feminitas bukan dengan cara yang buruk, dan ada sedikit referensi dari gaya K-Pop dalam berpakaian. 

Inilah softboy starter pack hanya sebagai pengetahuan kamu: 

  • Light wash Levi’s jeans.
  • Windbreakers .
  • Bowling shirts.
  • Sweater crewneck yang nyaman.
  • Cardigan.
  • High-waisted jeans.
  • Celana berlipit kotak-kotak.
  • Pakaian gaya vintage klasik. 
  • Kacamata bulat.
  • Sepatu Converse.
  • Sepatu Vans, Nike Air Forces, Nike Air Max, atau Adidas Stan Smith.
  • Celana yang agak longgar, seperti Levi’s klasik.
  • Celana Chinos.
  • Celana panjang yang dipotong atau digulung atau dilipat. 
  • Lengan panjang vintage kebesaran.
  • Sweater kebesaran.
  • Jaket denim.
  • Kemeja bergaris.
  • Pakaian dengan warna kalem, salem, atau warna klasik. 
  • Rambut agak messy namun terlihat rapi dan menarik.

Apapun itu, softboi menggunakan pakaian yang nyaman, berbahan katun, kain lembut, bernuansa vintage, terlihat hangat, karismatik, dan lembut yang merepresentasikan kepribadian yang soft. Walaupun orang-orang dengan penampilan tersebut bukan berarti softboi yang buruk dan mungkin hanya menyukai fashion-nya saja.

Baca Juga: Apa Itu Fakboi? Ciri Fakboi dan Cara Menghadapinya

Perbedaan Softboy vs Fuckboy

Softboy adalah generasi baru fakboi dalam dunia percintaan atau hubungan. Dan sofboi adalah laki-laki yang lebih berbahaya dan mematikan dari fakboi. 

Ini dia perbedaan softboy vs fuckboy:

Softboy Apa?Fuckboy
Mengakui bahwa dia bukan pria baik. Memiliki aura dan penampilan pria baik.
Pendekatan yang manis tapi tidak sopan, obvious, terlalu merayu, dan menggoda. Pendekatan yang sangat manis dan cerdas, misalnya, mengajak kamu bicara tentang feminisme, ideologi, sastra, dll. 
Hanya memberi perhatian pada kamu saat dia membutuhkan atau meminta sesuatu dari kamu.Sangat perhatian sama kamu dan itu caranya mendekati kamu.
Jarang komunikasi sama kamu atau hanya ngobrol tentang hal-hal yang dia inginkan dari kamu.Suka komunikasi sama kamu, mengambil hati kamu dari topik dan obrolan-obrolan itu. 
Kamu tahu dia fakboi. Orang terakhir yang kamu curigai sebagai fakboi. 
Manis, karismatik, tapi kamu merasa vibe bajingan di sekitarnya. Sangat manis, tipe pria idaman kamu, pintar, unik, dan berbeda. 
Membuatmu terlena dengan cara PDKT yang cepat dan mematikan. Membuatmu terlena dengan cara PDKT yang penuh effort, lovely, seperti jangka panjang, sopan, dan lembut. 
Ghosting setelah mendapat apa yang dia mau atau pergi begitu saja saat dia nggak dapat apa yang dia mau. Pergi pelan-pelan setelah dapat apa yang dia mau. Mungkin ghosting juga dengan alasan tidak masuk akal yang dibalut dengan kata-kata sok manis, bijaksana, puitis, or whatever. 
Intinya, hanya ingin have fun saja lalu pergi. Intinya, hanya ingin have fun saja lalu pergi. Namun, dia menggunakan cara yang sangat manis hingga kamu pikir kamu akan menikahi dia suatu hari nanti
Sangat buruk untuk kesehatan kamu. Sangat buruk untuk kesehatan kamu. 
Bikin kamu patah hati.Bikin kamu sangat patah hati.
Perbedaan Softboy vs Fuckboy

Intinya, apa arti soft boy vs fuckboy sama-sama bajingan yang ingin mendapatkan keuntungan dari wanita demi kesenangan dia semata, hanya cara pendekatan mereka berbeda, namun akhirnya sama-sama mematikan. 

Okay sorry. I sometimes don’t know how to tell the difference between a soft boy vs a fuckboy. Both look delicious but deadly.

Referensi: 

Erskine, Iona. 2019. The A to Z of Softbois. vice.com/en/article/ywagbg/guide-a-z-what-is-softboi-softboy. 

Fashion Wolf Editors. 2020. What is a soft boy aesthetic and outfits? Soft Boy Starter Pack. thefashionwolf.com/soft-boy-aesthetic/

Fabiani, Alma. 2020. What is a soft boy? Here’s everything you need to know. screenshot-media.com/visual-cultures/internet-culture/what-is-a-soft-boy/.

Kok, EJ. 2019. 10 Signs You’re Dating A Softboy. juiceonline.com/10-signs-youre-dating-a-softboy/.

Lindsay, Jessica. 2019. What is a softboy, and are you one?. metro.co.uk/2019/01/03/what-is-a-softboy-and-are-you-one-8305981/#:~:text.

MCMEEKIN, SAMANTHA. 2018. Singletons, be wary! The ‘softboy’ is the new f*ckboy in the dating world, here’s how to spot one… glamourmagazine.co.uk/article/what-is-a-softboy.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s