Apa Itu Mukbang? Fakta, Sejarah, Bahaya, dll

Mukbang adalah siaran makan di depan kamera yang sekarang sepertinya menjadi satu genre paling favorit di platform YouTube. Namun, apa sebenarnya arti kata mukbang, sejarah, fakta, dan bahayanya? Yuk, pahami dalam pembahasan ini!

Apa Itu Mukbang?

Artinya mukbang adalah acara makan-makan di depan kamera yang kemudian disiarkan untuk bisa ditonton banyak orang. Ini adalah tren Youtube dari Korea Selatan yang sudah dimulai sejak tahun 2010. 

Video mukbang 멐방 kemudian menjadi viral dan diikuti oleh banyak orang, terutama YouTuber. Youtuber dari Amerika membuat mukbang menjadi lebih populer lagi di internet. Mereka mencoba banyak jenis makanan dalam jumlah besar, lalu memakan semuanya, dan video tersebut mendapat puluhan juta views

Tapi, tunggu dulu. Apakah kita sudah mendapat informasi yang legit tentang istilah mukbang sebenarnya? Uhmm, belum. 

Baca Juga: South Korean Dating Culture – 17 Traditions and Customs

Sejarah Mukbang di Korea Selatan

Kata mukbang berasal dari gabungan kata dalam bahasa Korea “muk-ja” (ayo makan) dan “bang-song” (siaran).

Secara tradisional, orang-orang Korea Selatan memiliki kebiasaan atau budaya untuk makan bersama keluarga, teman, atau kerabat. Mereka tidak biasa atau tidak mau makan sendirian. 

Bila mereka jauh dari rumah dan harus makan sendirian, mereka akan bergabung dengan kelompok lain hanya sekadar agar ada teman makan. Atau, mereka video call seseorang hanya untuk merasakan seperti sedang makan bersama. 

Seiring waktu, angka kesepian anak muda di Korea Selatan meningkat. Akhirnya, mereka mulai melakukan live streaming di jejaring media sosial saat sedang makan, agar tidak merasa kesepian dan ada teman makan. 

Sambil makan dan siaran langsung, mereka akan berinteraksi dengan penontonnya seperti mereka adalah teman lama. Anak muda Korea Selatan lebih mudah bergaul dengan cara ini daripada bersosialisasi secara langsung. 

Pada tahun 2010, mukbang biasanya disiarkan secara langsung di platform Korea bernama AfreecaTV. Seorang Broadcast Jockey (BJ) atau orang yang menyiarkan acara mukbang tersebut dapat berinteraksi langsung dengan penontonnya. Penontonnya bisa menuliskan komentar apa saja, termasuk meminta BJ untuk makan lebih banyak atau mencoba jenis makanan lainnya. 

Sementara video mukbang sangat viral di Korea Selatan, fenomena mukbang juga berimigrasi ke platform lain seperti YouTube, Twitch, dan Tik Tok saat ini.

Pengertian Mukbang di Amerika atau Negara Barat

Simon Stawski adalah orang yang dinilai memperkenalkan mukbang dari Korea Selatan ke negara barat. Simon Stawski pindah ke Korea Selatan pada tahun 2008, mengenal mukbang pada tahun 2014, lalu membuat video Youtube mukbang. Pada tahun 2015, video mukbang pun mulai viral di seluruh dunia. 

Sayangnya, YouTuber dari Amerika lainnya mengartikan mukbang dengan cara berbeda atau sepertinya salah. Video mukbang yang kita tonton hari ini memiliki kriteria seperti: 

  • Makan dalam porsi yang sangat besar dan tidak masuk akal. 
  • Cara makan yang ‘luar biasa’.
  • Mulai dari menunjukan cara makan rakus, seksi, makan berantakan, mengecap, menyuap makanan dalam gigitan sangat besar, makan dengan drama, dan keajaiban lainnya. 
  • Tidak berinteraksi dengan penonton, namun ASMR mukbang. 
  • Mempromosikan gangguan makan yang disebut binge-eating atau makan banyak sekaligus dalam satu waktu. 
  • Mempromosikan obesitas, sepertinya begitu. 

YouTuber mukbang seperti Nikocado Avocado, Trisha Paytas, Ssoyoung, dan beberapa lainnya banyak menerima kritik karena dinilai melakukan cara mukbang yang terlalu ekstrim dan berbahaya. Sementara itu, banyak juga mukbang Korea yang mengikuti tren saat ini. 

Fakta tentang Mukbang

Mukbang itu apa? Mukbangers sekarang identik dengan makan dalam porsi besar dan ASMR. 

Inilah beberapa fakta 멐방 yang mungkin ingin kamu ketahui: 

  • ASMR Mukbang: Muckbangers menggunakan mikrofon khusus untuk merekam suara mereka mengunyah makanan yang menimbulkan suara-suara halus atau renyah, misalnya makan permen, kripik, atau jenis makanan apapun sebenarnya.    
  • Mukbang Pedas: Muckbangers juga identik menyiarkan diri mereka makan berbagai jenis makanan pedas. Ada juga Mukbang Challenge yang biasanya tantangan makanan pedas. 
  • Mukbang Samyang: Samyang adalah mie instan pedas khas Korea Selatan yang sepertinya menjadi menu favorit para muckbangers.
  • Mukbang Seafood: Mereka juga suka makan besar berbagai jenis seafood dengan cara khas mereka. 
  • Mukbang Ekstrim: Ini adalah siaran mukbang kontroversial, seperti makan seafood hidup. 

Dan para muckbangers sukses di YouTube mendapatkan banyak uang… 

Alasan Kenapa Video Mukbang Banyak Disukai?

Kita semua suka makan, tentu saja, namun kenapa jutaan orang suka nonton youtube mukbang Korea? 

Video orang makan memengaruhi kamu secara faktor sensorik, psikologis, sosial, emosional, lingkungan, dan neurologis, kata Rachel Herz, seorang ahli saraf dan profesor tambahan di Brown University Alpert Medical School serta penulis Why You Eat What You Eat. 

Dan kamu melihat banyak makanan yang menggoda, serta mendengar suara menyeruput, mengunyah, atau renyahnya makanan yang membuat kamu ngiler. Kombinasi faktor tersebut membuat penonton suka menonton video makan muckbang

Baca Juga: 13 Alasan Kenapa Hamster Makan Anak Sendiri dan Cara Mencegahnya

Bahaya Mukbang bagi Kesehatan 

Bisa makan enak dalam porsi besar untuk sebuah video, plus mendapatkan uang, oh itu sangat menyenangkan. Namun, sebaiknya kita duduk bersama membicarakan tentang bahaya mukbang bagi kesehatan berikut ini: 

1. Makanan Tidak Sehat 

Kebanyakan mukbangers memberi pertunjukan makan makanan tidak sehat. Mulai dari satu panci mie instan, junk food, makanan berlemak, dan pastinya makanan tinggi kalori dalam porsi besar. 

2. Binge Eating Disorder (BED)

Binge eating disorder adalah gangguan makan di mana seseorang tidak bisa menahan diri untuk makan porsi besar dalam satu waktu dan tidak bisa berhenti. Ini memicu masalah diabetes, hipertensi, gangguan pencernaan, hingga masalah psikologis. 

3. Kenaikan Berat Badan 

Nikocado Avocado mengaku dirinya naik berat badan hingga 300 pounds atau sekitar 136 kilo sejak menjadi seorang mukbanger. Padahal, dia dulunya seorang vegetarian. Ini membuat netizen khawatir dan menyebut bahwa dia ‘eating himself to death’ atau ‘memakan dirinya sendiri sampai mati’.

Itulah pembahasan tentang kepanjangan mukbang, arti, sejarah, fakta, dan bahayanya. Apa kamu suka makan atau nonton mukbang

Referensi: 

Givens, Dana. 2020. American Mukbang: Why We Love to Watch People Eat. thrillist.com/eat/nation/what-is-mukbang.

SACASAS, CAITLIN. 2021. WTF is Mukbang and Why Should You Watch these Viral Korean Videos? An Explainer. fluentin3months.com/what-is-mukbang/. 

UNGER, RYAN. 2020. The Untold Truth Of Mukbang.mashed.com/182485/the-untold-truth-of-mukbang/. 

Wikipedia. 2021. Mukbang. wikipedia.org/wiki/Mukbang. 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

One thought

  1. kebanyakan pembawa acara kuliner yang selalu menyantaf makan yg sedang di acarakan beresiko terserang penyakit. di karenakan jenis makanan yg enak dan tak kontrol menu penuh karbohidrat dan lemak yg kurang baik bagi kesehatanya.

    salam sukses ya Gais

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s