8 Manfaat dan Cara Melakukan Meditasi Mindfulness

Mindfulness meditation adalah salah satu teknik meditasi yang direkomendasikan dan mudah dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mental. Cari tahu apa saja manfaat dan cara melakukan meditasi mindfulness dalam artikel ini!

Apa Itu Mindfulness Meditation?

Mindfulness meditation adalah teknik meditasi yang bertujuan untuk memusatkan perhatian atau kesadaran kamu tentang apa yang terjadi saat ini, tanpa melawan atau menghakimi pikiran tersebut, namun untuk menerima dan bisa merasakannya dengan tenang. 

Saat kamu melakukan meditasi mindfulness, kamu diarahkan untuk dapat melihat dan merasakan bahwa pikiran dan perasaan kamu bergerak dengan pola tertentu. Selain itu, kamu dapat melatih kesadaran batin, menerima pengalaman buruk atau baik, mengontrol respon diri, dan meminimalkan stres.

Manfaat Mindfulness Meditation bagi Kesehatan Jiwa

Ada banyak manfaat meditasi mindfulness. Profesor emeritus Jon Kabat-Zinn, pendiri dan mantan direktur Klinik Pengurangan Stres di Pusat Medis Universitas Massachusetts bahkan memasukan latihan mindfulness meditation ke dalam praktik pengobatan umum untuk terapi gejala fisik, psikologis, dan juga kesejahteraan jiwa.

Here are some mindfulness meditation benefits in life: 

1. Mengurangi Stres

Saat kamu merasa stres, entah karena pacar kamu yang menyebalkan, urusan kerjaan, tugas kuliah, atau apapun itu, kamu disarankan untuk melakukan meditasi. Berdasarkan uji klinis, latihan meditasi mindfulness secara teratur dapat mengurangi stres dan memperbaiki komponen kesehatan mental yang berhubungan dengan kualitas hidup. 

Selain itu, latihan meditasi juga mengurangi kadar hormon kortisol atau hormon stres. Ini juga dapat mengontrol emosi, memperbaiki suasana hari, dan membuat kamu lebih baik dalam menangani stres. 

Baca Juga: 13 Cara Menghilangkan Stres Bersama Pasangan

2. Menenangkan Pikiran

Salah satu tujuan meditasi adalah untuk menenangkan pikiran kamu. Dunia ini penuh hiruk-pikuk, saat kamu meditasi kamu akan kembali terkoneksi dengan dirimu yang paling dalam, dan merasa rileks untuk bersiap lagi menjalani kehidupan yang penuh tantangan. 

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Mindfulness meditation adalah adalah salah satu teknik meditasi yang sekarang juga digunakan oleh psikoterapis sebagai elemen penting dalam penyembuhan pasien secara psikologi. 

Mindfulness meditation digunakan sebagai terapi untuk mengatasi gangguan kecemasan, depresi, gangguan makan, konflik pasangan, gangguan obsesif-kompulsif, hingga terapi pada pasien penyalahgunaan zat terlarang. 

4. Meningkatkan Kesehatan Fisik

What’s other mindfulness meditation benefits? 

Bukan hanya untuk kesehatan mental, para peneliti menemukan bahwa meditasi mindfulness juga dapat meningkatkan kesehatan fisik, termasuk melancarkan aliran darah, mengurangi gejala nyeri kronis, mengatasi masalah pencernaan, hingga membantu penyembuhan penyakit lainnya karena pasien jadi bisa mengontrol rasa stres yang berefek baik pada kesehatan fisik juga. 

5. Meningkatkan Kesejahteraan Jiwa

Salah satu tujuan meditasi mindfulness adalah agar kamu bisa fokus dan perhatian pada apa yang terjadi di sini dan saat ini, jadi pikiranmu tidak kemana-mana. Ini dapat memudahkan kamu untuk menikmati dan hidup pada momen ini, terlibat penuh dalam aktivitas, dan jadi bisa menghadapi risiko terburuk daripada menghindarinya. 

Kamu bisa meningkatkan kesejahteraan jawa, tidak overthinking, tidak terjebak dalam kekhawatiran akan masa depan, namun hidup sehidup-hidupnya dan mengeluarkan potensi terbaik dirimu saat ini. 

6. Mencegah Pikiran Negatif

Manfaat mindfulness meditation untuk mencegah pikiran negatif. Saat kamu memiliki pikiran negatif, kamu akan dilatih untuk menerima dan merasakan itu dalam latihan mindfulness. 

Namun, kamu tidak boleh menghakiminya, tidak boleh terbawa pada pikiran tersebut, dan bisa melihat bentuk dari pikiran-pikiran tersebut. Intinya, kamu akan paham bagaimana caranya untuk bisa baik-baik saja dan tenang. 

Baca Juga: 10 Manfaat Olahraga untuk Stress Akibat Patah Hati 

7. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Ada banyak hal yang bisa bikin kamu sulit tidur, seperti saat baru putus, sedang ribut sama pacar, masalah keuangan, dan sebagainya. Lakukan meditasi di malam hari untuk bisa tidur dan tidur lebih nyenyak. 

Karena perasaan kamu akan lebih tenang, lebih enteng, dan bisa tidur istirahat dengan nyenyak. Besok pagi saat kamu bangun, pikiran kamu akan lebih jernih untuk bisa mencari solusi dari masalah-masalah yang mengganggu tidur kamu. 

8. Mencegah Gejala Depresi 

Mindfulness-based cognitive therapy (MBCT) atau terapi kognitif berbasis kesadaran adalah salah satu terapi yang digunakan untuk mencegah depresi atau mencegah kambuhnya depresi. Seorang psikolog profesional akan membantu kamu untuk mencegah depresi itu.

Cara Melakukan Meditasi Mindfulness bagi Pemula 

Here’s how to do mindfulness meditation for beginners: 

1. Basic Mindfulness Meditation

Cara melakukan meditasi mindfulness dasar: 

  • Duduk atau berbaring di tempang yang nyaman dan tenang. 
  • Tutup mata. 
  • Fokus pada pernapasan alami atau sebuah ‘mantra’ kalimat positif yang kamu ulang berkali-kali. 
  • Biarkan pikiran datang dan pergi tanpa menghakiminya atau menolaknya. 
  • Kembali fokus pada teknik pernapasan atau mantra kamu. 
  • Kamu bisa juga menyalakan musik meditasi yang tenang dan aromaterapi agar semakin rileks. 

2. Sensasi Tubuh 

Selama meditasi, rasakan sensasi tubuh kamu, misalnya rasa gatal atau kesemutan. Biarkan sensasi itu berlalu. Perhatikan respon dari setiap anggota tubuh dan sensasi yang diberikan. 

3. Sensasi Sensorik

Rasakan sensasi sensorik yang datang dalam sesi meditasi, seperti suara, bau, rasa, sentuhan, bayangan pemandangan, atau penglihatan apapun. Biarkan itu itu datang dan pergi tanpa judging it.

4. Sensasi Emosi

Saat kamu melakukan meditasi mindfulness, kamu mungkin akan merasakan emosi seperti marah, sedih, frustasi, atau senang. Biarkan dirimu merasakan itu hingga pikiran itu pergi dengan sendirinya. 

Kamu dapat menggunakan panduan meditasi dengan bantuan video, musik, atau aromaterapi. Coba salah satu guide how to do mindfulness meditation yang sering aku lakukan di sini

Kamu bisa coba untuk meditasi sendiri di rumah. Bila kamu merasa sudah tidak kuat, silakan konsultasi ke profesional untuk membantu kamu merasa lebih baik. 

Referensi: 

E. Ackerman, Courtney, MA. 2021. 23 Amazing Health Benefits of Mindfulness for Body and Brain. positivepsychology.com/benefits-of-mindfulness/.

GAIAM. 2020. MEDITATION 101: TECHNIQUES, BENEFITS, AND A BEGINNER’S HOW-TO. gaiam.com/blogs/discover/meditation-101-techniques-benefits-and-a-beginner-s-how-to#.

Help Guide. 2021. Benefits of Mindfulness. helpguide.org/harvard/benefits-of-mindfulness.htm#:~:text.

Kane, Suzanne. 2018. Surprising Health Benefits of Mindfulness Meditation. psychcentral.com/blog/10-surprising-health-benefits-of-mindfulness-meditation#1. 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s