13 Cara Mutusin Pacar LDR dengan Baik

Bagaimana cara mutusin pacar LDR dengan baik? Pejuang LDR mungkin memiliki konflik lebih banyak dari pada hubungan biasa. Ketahui kata-kata mutusin pacar LDR dengan baik dalam pembahasan ini. 

Cara Mutusin Pacar LDR dengan Baik

Kita pasti ingin memiliki hubungan yang langgeng, romantis, dan baik, namun terkadang ada tantangan yang harus dilalui. Terutama bagi pejuang LDR, hubungan mereka mungkin terasa lebih sulit karena jarang bertemu, dan sulit membina hubungan emosional hanya melalui komunikasi virtual. 

Bila kamu adalah pejuang LDR yang sedang berpikir untuk putus, kamu harus memutuskannya dengan cara yang baik dan dewasa. Ini beberapa tips dan cara mutusin pacar LDR dengan baik: 

1. Pikirkan dengan Baik

Baik LDR atau tidak, memutuskan pacar adalah pilihan yang tidak mudah. Satu sisi kamu masih menyayangi dia, namun di sisi lain ada hal-hal yang kamu pikir tidak bisa jalan bersama dengan pasangan LDR. 

Entah apapun masalah yang sedang kamu hadapi dalam hubungan LDR itu, beri waktu beberapa hari untuk memikirkannya dengan jernih dan baik. Buat daftar pro dan kontra dari hubungan kalian, harapan kamu ke depan, dan beberapa pertimbangan personal kamu tentang baiknya lanjut atau putus saja. 

2. Pahami Bagaimana Perasaan Pasangan Kamu

Tanya pada dirimu sendiri kira-kira bagaimana perasaan pasanganmu tentang kamu dan hubungan yang sedang kalian jalani. Apakah hubungan ini sehat dan baik baginya? Pasanganmu pasti memiliki perasaan, opini, dan harapan sendiri tentang hubungan ini. 

3. Pahami Perasaanmu Juga

Dan kamu juga harus memahami perasaanmu juga. Identifikasikan bagaimana perasaanmu mungkin sudah berubah dari waktu ke waktu selama hubungan LDR tersebut. Apa harapanmu? Apa yang kamu inginkan dalam sebuah hubungan romantis? 

4. Identifikasikan Apa Masalah dalam Hubungan Kalian

Cara mutusin pacar LDR dengan baik adalah dengan mengidentifikasikan apa masalah dalam hubungan kalian terlebih dulu. Apakah jarak yang jauh membuat kalian sulit komunikasi, sulit percaya, atau merasa jauh juga secara emosional? Atau mungkin ada masalah lain?

Apakah kamu dan dia masih bisa mencari solusi untuk memperbaikinya atau mencoba dari awal? Kamu pasti tidak menyerah dengan cepat bila ada masalah, namun kamu juga harus paham kapan harus mengakhiri hubungan bila sudah toksik atau kedua pihak sudah tidak bahagia bersama lagi. 

Baca Juga: 17 Tips LDR Beda Negara agar Tetap Langgeng dan Terasa Dekat

5. Beritahu Pasangan LDR Kamu tentang Perasaan dan Apa yang Kamu Pikirkan tentang Hubungan Ini

Kamu bisa mencurahkan isi hati kamu dan apa yang kamu pikirkan selama kalian menjalani hubungan LDR. Mulai dari kekhawatiran kamu, kebutuhan kamu, dan bila ada masalah di antaranya. 

Kam harus mengatakannya dengan tenang, jangan memicu drama apalagi pertengkaran, di sini kamu ingin deep talk dengan dia, agar dia tahu apa yang selama ini kamu rasakan. 

6. Dengarkan Juga Apa yang Pasangan Kamu Pikirkan 

Dan sebaliknya, dengarkan juga versi pasangan kamu. Dia mungkin akan mencurahkan perasaannya, mengidentifikasi masalah yang kalian punya dan semua solusi yang sudah kalian coba, dan apa yang dia pikirkan tentang kamu dalam hubungan ini.  

7. Gunakan Pilihan Kata yang Tepat

Kamu harus merangkai atau memilih kata-kata mutusin pacar LDR dengan baik. Kamu yang lebih tahu bagaimana cara berbicara dengan pasangan kamu tanpa memancing emosinya. 

Kamu juga bisa berlatih dulu sebelum kamu memutuskan hubungan dengan pacar LDR kamu. Latihan untuk mengontrol emosi, nada bicara, pilihan kata, dan harus tenang. 

Bila kamu ingin mengatakan hal-hal negatif dalam hubungan kalian, katakan secara logis tanpa menjelek-jelekan pihaknya. Kata-kata yang kamu keluarkan akan memengaruhi persepsi dia tentang kamu. Bila kamu mengatakannya dengan baik, maka prosesnya akan lancar tanpa drama. 

8. Pilih Media Komunikasi dan Jadwal yang Tepat

Berhubungan kalian LDR dan mungkin sulit bertemu secara tatap muka, mohon pilih media komunikasi yang baik dan sopan. Jangan pernah mutusin pacar hanya lewat chat atau bahkan media sosial, itu sangat menjijikan dan tidak sopan. 

Dalam kasus LDR, coba luangkan satu jam untuk telepon atau video call dia. Pastikan tidak akan ada gangguan sinyal atau lainnya selama kalian sedang komunikasi via telepon atau video call

9. To Do Point, Jelas, dan Tegas

Di hari kamu ingin mutusin dia, mohon beritahu dia betapa indahnya hubungan yang pernah kalian punya walaupun beberapa hal tidak bisa diselamatkan lagi. Beri tahu alasan LDR putus versi kamu. Lakukan itu dengan jelas, tegas, dan to do point. Jangan malah PHP dengan bilang mungkin nanti kalian bisa balikan lagi saat sudah tidak LDR. 

Baca Juga: 34 Tanda Harus Putus Sama Pacar Kamu Sekarang!

10. Ucapkan Maaf, Terima Kasih, dan Sampai Jumpa

Jangan lupa untuk minta maaf padanya, apapun kesalahan yang pernah kamu lakukan atau janji yang tidak kamu tepati. Lalu, ucapakan terima kasih juga padanya atas semua usaha dan kebahagiaan yang pernah dia berikan pada periode hidupmu. 

Ini akan sangat membantu dia untuk memahami kondisi dan mendapatkan closure yang melegakan. Beri tahu dia bahwa ini bukan sepenuhnya kesalahan dia, namun hanya mungkin belum berjodoh dan masing-masing dari kalian pasti akan memiliki pasangan yang lebih baik di masa depan.

11. Pahami Kalau Kalian Akan Patah Hati

Walaupun sudah menggunakan cara mutusin pacar LDR dengan baik atau kamu yang menginginkan putus dari dia, kamu juga tetap akan merasakan patah hati yang sama beratnya sama seperti dia. 

Bagaimanapun, saat seseorang pergi dari hidupmu, kamu akan merasa perbedaan dan rasa kehilangan, yang akan membuatmu sedih dan patah hati. 

12. Setelah Putus, Jaga Jarak dan Jangan Buat Drama

Sebelum putus, sesudah putus, atau periode di antaranya, mohon jangan memancing drama kolosal. Kamu harus menjaga jarak dengannya, misalnya dari media sosial, jangan mengunggah apapun yang berhubungan dengan hubungan kalian. 

Jangan panas-panasin dia dengan cara apapun. Jangan berbicara dengan temannya, intinya, minimalisir percikan drama dan patah hati yang lebih dalam. 

13. Move On 

Selanjutnya, kamu harus move on dengan hidupmu. Pahami dan pelajari kenapa hubungan yang kemarin tidak bekerja dan apa yang bisa kamu perbaiki dari dirimu untuk membina hubungan yang lebih langgeng di masa depan. 

Beri waktu beberapa periode hingga kamu siap untuk menjalani hubungan selanjutnya. Sembuhkan dirimu dulu.

Cara Mutusin Pacar LDR yang Tidak Baik 

Jangan mutusin pacar dengan cara:

  • Ghosting.
  • Mutusin lewat chat
  • Membuat drama. 
  • Tanpa penjelasan. 
  • Menyalahkan satu pihak.
  • Mengumbar di media sosial tentang kesalahan dia.

Terkutuklah orang-orang yang memutuskan pasangannya dengan cara ghosting. Semoga tipe orang seperti itu mendapat karma buruk. Amin. 

Kapan LDR Harus Putus?

Masalahnya bukan karena kalian berada di jarak yang jauh saat ini. Namun, kalian mungkin berada pada frekuensi berbeda dan jarak yang jauh memperburuk itu semua. 

Kapan harus putus dalam hubungan jarak jauh?

Kamu harus putus:

  • Bila tujuanmu hanyalah berada di satu wilayah dengan dia, namun kamu atau dia sebenarnya nggak memiliki rencana masa depan bersama. 
  • Bila perasaan kamu berubah menipis seiring berjalannya waktu.
  • Bila hubungan tidak membahagiakan, terlalu banyak drama, dan termasuk toxic relationship
  • Sudah melakukan banyak cara dan solusi untuk mempertahankan hubungan, namun tidak ada yang berhasil. 
  • Kalian berdua merasa cukup, sudah lelah, tidak bisa melihat masa depan bersama, dan hubungan sudah tidak berkontribusi pada kehidupan dan kesejahteraan kamu. 

Itulah beberapa tips dan cara mutusin pacar LDR dengan baik. Intinya, lakukan itu dengan dewasa dan sopan. 

Referensi:

Couples Coaching. 2021. How to End a Long-Distance Relationship. couplescoachingonline.com/how-to-end-a-long-distance-relationship/.

Couples Coaching. 2021. When to Let Go of a Long-Distance Relationship. ouplescoachingonline.com/when-to-let-go-of-a-long-distance-relationship/.

MILITARY PRINTABLES. 2019. HOW TO END YOUR LONG DISTANCE RELATIONSHIP, THE NICE WAY. militaryprintables.com/how-to-end-your-long-distance-relationship-the-nice-way/.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s