12 Manfaat Ciuman Bibir dengan Pacar

Manfaat ciuman bibir dengan pasangan bisa meningkatkan kualitas hubungan dan membahagiakan. Apa saja manfaat ciuman bibir dan bahayanya? Simak pembahasannya di sini. 

Manfaat Ciuman dengan Pacar

Welcome back to another quirky weird page of internet. Ciuman adalah salah satu bentuk ekspresi kasih sayang seseorang pada pasangannya. Bukan hanya itu, ada beberapa manfaat ciuman bagi kesehatan mental dan fisik yang dipercaya, sebagai berikut: 

1. Membahagiakan

Ketika kamu mencium seseorang, otak kamu melepas bahan kimia atau hormon yang mengaktifkan perasaan bahagia, yaitu hormon oksitosin, dopamin, dan serotonin. Ketiga hormon kebahagiaan tersebut bekerja untuk mendorong perasaan bahagia, tenang, dan kasih sayang.

2. Mengurangi Stres

Apa manfaat ciuman bibir? Itu bisa mengurangi rasa stres atau lelah berkepanjangan yang kamu alami. Saat kamu ciuman, pelukan, atau melakukan sentuhan fisik dengan pasangan, otak juga bekerja untuk menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon yang berperan dalam stres kamu. 

Jadi, mungkin ini ide yang bagus untuk memberi kecupan ke pasangan kamu setelah hari panjang yang melelahkan. Hehe

3. Meningkatkan Bonding dengan Pacaran

Sentuhan fisik termasuk ciuman adalah cara lain bagi setiap pasangan untuk berkomunikasi, berekspresi, dan menunjukan kasih sayang. Selain itu, pelepasan hormon oksitosin selama ciuman juga meningkatkan kasih sayang dan rasa keterikatan (bonding). 

Jadi, kamu sama sekali nggak baper, namun hanya hormon oksitosin kamu bekerja sangat aktif. Maka dari itu, sebaiknya jangan mencium orang lain bila kamu nggak serius berhubungan dengan dia. Eh. (Kecuali kalian hanya hook up saja). 

4. Meningkatkan Self-Esteem

Manfaat ciuman bibir bagi pria dan wanita adalah untuk meningkatkan self-esteem atau harga diri serta kepercayaan diri. Pelepasan hormon kebahagiaan dan penurunan hormon kortisol berperan penting untuk itu. 

Jadi, kamu mungkin bisa merasa lebih bahagia dan lebih positif dalam melihat diri sendiri. Ini bisa membuat harimu juga jadi lebih baik. 

5. Mengurangi Gangguan Kegelisahan

Saat bericiuman dengan orang yang kamu sayang dan menyayangi kamu, itu memberimu kehangatan, ketenangan, serta perasaan kalem yang dapat mengurangi rasa cemas, lelah, takut, dan gelisah. 

Baca Juga: 14 Manfaat Pelukan dengan Pacar

6. Mengencangkan Otot Wajah

Menurut ahli jantung Amerika Joseph S. Alpert, MD yang tertulis dalam editorial untuk American Journal of Medicine, ciuman biasa memerlukan 2 otot wajah dan ciuman penuh gairah dapat mengaktifkan 24 otot wajah serta 112 otot postur. Ini seperti olahraga untuk wajah. 

Saat otot wajah kamu sering dilatih, ini dapat meningkatkan produksi kolagen, membuat kulit jadi kencang, dan juga tampak muda. Jadi, selain rutin pakai skin care, kamu juga bisa mempertimbangkan. 

7. Menyembuhkan dan Menenangkan

Berdasarkan studi tahun 2005 di Neuroendocrinology Letters, saat tubuh mengurangi hormon stres, maka tubuh akan fokus pada penyembuhan proses fisiologis yang terasa semakin buruk karena stres. Jadi, secara tidak langsung ini bisa membuat seseorang lebih tenang, lebih vibe positif, dan berkontribusi baik pada kesehatan mental.

8. Membakar Kalori

Manfaat ciuman bagi kesehatan dapat membantu membakar kalori antara 2 hingga 26 kalori dalam satu menit. Besarnya kadar kalori yang terbakar juga bergantung pada seberapa kuatnya gairah ciuman tersebut.

Walaupun demikian, belum diketahui lebih lanjut penelitian atau pembuktian ini. Selain itu, bukan berarti kamu hanya ingin ciuman saja agar berat badan turun, olahraga rutin dan makan sehat tetap menjadi kunci utama membakar kalori dan menurunkan berat badan.

9. Meningkatkan Kepuasan dalam Hubungan

Ciuman romantis dengan pasangan dapat membuat perasaan dan bonding lebih kuat. Studi tahun 2013 di Archives of Sexual Behavior menyampaikan bahwa ciuman dapat meningkatkan kualitas perasaan. Semakin sering ciuman semakin bahagia, bahkan rasa bahagia atau puas yang tidak didapatkan dari hubungan seks. 

Baca Juga: 16 Manfaat Hubungan Seksual Setiap Hari bagi Kamu dan Pasangan

10. Membantu Memilih Pasangan yang Tepat

Beberapa studi menunjukan bahwa berciuman dapat membatu seseorang dalam proses seleksi atau menilai pasangan. Secara tidak sadar, indra penciuman kita dapat menunjukan apakah ada kecocokan.

Indra penciuman dapat mendeteksi feromon (zat kimia yang dilepaskan dari tubuh individu, dinilai dapat memengaruhi respons sosial dan seksual orang lain) pada seseorang yang dekat dan kita kasihi. Beberapa studi menunjukan bahwa feromon itu dapat membantu menentukan seberapa menarik kita menemukan calon pasangan.

Selain itu, dokter naturopati Jolene Brighton, N.D., mengatakan bahwa pertukaran saliva atau air liur serta mikroba dan DNA saat ciuman dapat menunjukan ciri-ciri genetik pasangan, lalu secara tidak langsung memengaruhi apakah kita bisa melanjutkan hubungan dengan orang tersebut. 

Walaupun demikian, belum ada pembuktian lebih lanjut dari informasi tersebut. Dan bukan berarti kamu bisa mengetes calon pacar melalui hanya ciuman saja. Harus ada pendekatan secara dalam untuk mengenal seseorang lebih lanjut. 

11. Membantu Meningkatkan Sistem Imun

Saat ciuman, mulut kamu dan dia bertukar air liur, bakteri, dan mikroorganisme lain. Ada dua kemungkinan, itu bisa menularkan penyakit atau meningkatkan sistem imun untuk melawan kuman-kuman baru tersebut. 

12. It Makes You Feel Good

Pada akhirnya, kamu tidak peduli apa manfaat ciuman bibir dengan pacar, namun itu membuat kamu merasa lebih baik, nyaman, dan bahagia. 

Baca Juga: 14 Manfaat Pacaran Menurut Para Ahli untuk Jiwa dan Mental 

Bahaya Ciuman Bibir dengan Pacar 

Ada damage yang harus kamu tanggung saat kamu melakukan kontak fisik jenis apapun dengan pacar kamu, di antaranya:

  • Kamu mungkin ciuman dengan orang yang salah dan akhirnya kamu bisa patah hati. 
  • Ada fakboi yang mencium kamu, dan hormon kebahagiaan kamu sudah aktif, kamu pikir dia serius, dan ternyata dia nggak serius. 
  • Ciuman adalah selebrasi kasih sayang, namun kadang itu tidak berarti apa-apa (tergantung pada siapa yang kamu cium). 
  • Ketika dia cium kamu, bukan berarti dia cinta sama kamu, kadang mungkin hanya sedang nafsu saja. 
  • Kita harus bisa membedakan mana orang yang pantas mendapat ciuman kasih sayang, dan mana yang seharusnya kamu blokir saja orangnya dari hidupmu. 

Well, that’s it. Itulah pembahasan tentang manfaat ciuman bibir dan bahayanya. Semoga informasi ini bisa membantu kamu. Mohon maaf bila informasi ini mungkin ada kurang atau salahnya, silakan komen di bawah. 

Referensi:

Ace, Nina. 2020. Mwah! 19 Healthy Perks of Puckering Up. greatist.com/health/benefits-of-kissing.

ROSENFELD, JORDAN. 2019. 10 Scientific Benefits of Kissing. mentalfloss.com/article/501990/10-scientific-benefits-kissing. 

Schreck, Jenna. 2020. 14 Scientific Benefits Of Kissing & Why It’s Good For You. mindbodygreen.com/0-7768/5-benefits-of-kissing-top-10-reasons-to-kiss.html.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s