12 Cara Menghadapi Pasangan Narsistik

Bagaimana cara menghadapi pasangan narsistik? Pacar yang hanya fokus pada dirinya sendiri seperti dunia hanya berputar untuknya. Pelajari tentang cara menghadapi pacar yang narsis dalam pembahasan ini.

Cara Menghadapi Pasangan Narsistik

Memiliki hubungan emosional atau hubungan romantis dengan seseorang yang memiliki narcissistic personality disorder bisa sangat melelahkan. Di satu sisi kamu sangat menyayanginya, namun di sisi lain perilaku narsisnya membuat kamu kelelahan dan stres sendiri. 

So, mari sama-sama kita belajar tentang cara menghadapi orang narsistik di sini: 

1. Ketahui Ciri Orang Narsis

Pertama, kita harus memberi edukasi pada diri sendiri tentang apa itu gangguan kepribadian narsistik dan ciri-cirinya. Amati apakah pacar memiliki tanda kepribadian narsistik.

Bukan berarti kita self-diagnose dia, namun hanya mewaspadai. Bila kita tahu ciri gangguan kepribadian narsistik, maka kita bisa mengembangkan empati untuk pasangan kita sekaligus melindungi diri sendiri dari skenario terburuk yang mungkin terjadi akibat perilaku narsisnya itu. 

2. Coba Mengerti Dia Namun Jangan Terbawa

Pacar kamu memiliki tendensi gangguan kepribadian narsistik, dan tentu kamu harus mencoba mengerti itu. Dia mungkin memiliki masa kecil atau masa lalu yang kurang baik sehingga mengembangkan masalah kesehatan mental tertentu. 

Kamu juga tidak mungkin langsung menyerah atau pergi begitu saja. Katakan ini adalah tantangan dalam hubungan, namun kamu tidak boleh terbawa dengan permainan dia. Kamu harus cegah bila dia sudah mulai membuat kamu stres karena perilakunya. 

3. Komunikasi tentang Cara Mewujudkan Pacaran Sehat 

Sejak awal hubungan, kita sudah harus memiliki pemahaman tentang ciri dan bagaimana menjalani pola hubungan yang sehat. Bicarakan dengan terbuka bersama pasangan kamu tentang bagaimana idealnya hubungan bisa berjalan langgeng.

4. Jangan Percaya Pendapatnya tentang Kamu

Cara menangani individu narsistik adalah dengan tegas berdiri untuk dirimu sendiri dan jangan percaya padanya, terutama bila dia mulai berpendapat tentang betapa buruknya kamu sebagai pasangan atau sebagai individu. 

Orang yang narsis nggak hidup di dunia nyata, mereka berpikir dirinya yang terbaik, dan akan menghina atau menyalahkan orang lain agar dirinya tampak sempurna atau mendapatkan tempat yang dia mau. Kamu jangan terbawa dengan sisi negatif yang dia coba lemparkan padamu. 

5. Jangan Ikuti Permainannya 

Don’t follow the bad game. Dia akan membuat taktik untuk membanggakan dirinya sendiri, menyudutkan kamu, membuat kamu harus menurutinya, dan apapun bisa dia lakukan agar dia menjadi pusat perhatian kamu.

Karena kamu sudah menyadari tanda gangguan kepribadian narsistik, sebaiknya kamu juga tidak mengikuti permainannya atau apapun yang dia mau. Dan setiap kali dia membuatmu merasa buruk, pahami bahwa ini bukan tentang kamu namun dia yang memiliki masalah kepribadian. 

Baca Juga: 16 Cara Menghadapi Pacar Manipulatif 

6. Buat Batasan 

Cara menghadapi pasangan narsistik adalah dengan membuat batasan, walaupun ini bisa menjadi sangat sulit. 

Misalnya, pacar kamu mulai menyombongkan dan membanggakan dirinya sendiri dalam versi yang tidak masuk akal, sebaiknya kamu beri batasan saja. Jangan memberi validasi yang dia inginkan dan jangan juga menghinanya. Kamu mungkin bisa memberi respon seadanya saja. 

7. Jangan Fokus Padanya 

Pacar yang narsis ingin selalu menjadi pusat perhatian. Dia ingin selalu mendapat atensi, validasi, pujian, dan penghargaan berlebihan, namun dia nggak mau memenuhi kebutuhan pasangannya. Jadi, sebaiknya kamu berhenti fokus padanya karena walaupun kamu sudah coba menyeimbangkan hubungan, dia tetap nggak akan peduli padamu tapi pada dirinya sendiri. 

8. Love Yourself

Kami bisa kehilangan dirimu sendiri saat coba mengerti dan mencintai dia. Jadi, cara menghadapi pacar yang narsis adalah dengan berhenti fokus padanya, sekarang fokus pada dirimu sendiri dan berikan seluruh cinta itu ke dirimu sendiri. Terlebih bila kamu sudah merasa sangat stres dengan perilakunya, istirahatlah, dan cintai dirimu sendiri karena dia nggak akan bisa melakukannya. 

9. Ingat, Kamu Nggak Bisa Merubah Orang Lain

Kita sangat mencintai seseorang dan selalu ingin membantunya bila dia sedang susah. Itu bagus. 

Namun, satu hal yang harus kita pahami, kamu nggak bisa merubah kepribadian orang lain yang sudah terbentuk selama bertahun-tahun, bila dia nggak mau merubahnya sendiri. 

Kamu memiliki pasangan yang harus sama-sama seimbang, saling koreksi, dan saling belajar. Dan semua itu datang dari niat diri sendiri, bukan orang lain. Tugas pasangan untuk mendukung dan menemani, bukan menyembuhkan. 

You can’t change them to be good by loving them harder. 

10. Beri Tahu Dia Bila Sepertinya Ada Masalah Kepribadian 

Orang dengan gangguan kepribadian narsistik nggak menyadari masalah yang dia miliki atau masalah yang disebabkan pada orang lain. Mereka berpikir semuanya baik-baik saja. 

Sebagai orang yang paling dekat dengan dia, kita mungkin bisa menyarankan agar dia bisa konsultasi ke profesional untuk mengatasi ini. Dan ingat, kamu nggak bisa memaksanya, dia harus menyadarinya sendiri. 

11. Sadari Bila Kamu Juga Butuh Konsultasi dengan Profesional

Menyayangi seseorang yang memperlakukanmu dengan buruk, apapun alasannya, bisa membuat diri kita menjadi patah dan hancur juga. I felt that. 

Jadi, kita juga harus menyadari bila kita juga harus konsultasi ke profesional. Kenali tanda-tandanya bila kita mungkin mengembangkan stres berkepanjangan, gangguan kegelisahan, tidak bisa tidur, masalah makan, atau perasaan buruk lainnya. 

12. Sadari Kapan untuk Move On 

Now it’s confusing, you know. You love them very much but they keep tearing you apart. 

Kamu harus punya batasan untuk diri sendiri. Berhenti melakukannya bila itu tidak membuat kamu bahagia, walaupun kamu sudah setengah mati berusaha dan berkorban agar hubungan tersebut bisa langgeng. 

Here’s the warning signs dan kapan harus putus: 

Semoga pembahasan tentang cara menghadapi pasangan narsistik ini bisa membantu kamu dan semoga pasangan kita nanti bisa diajak kerjasama untuk membina hubungan sehat dan langgeng hingga masa depan. Amin. 

Referensi:

Bettino, Kate. 2021. How To Deal With Your Partner’s Narcissistic Behaviors. psychcentral.com/blog/how-deal-narcissistic-partner. 

Cherry, Kendra. 2020. What Is Narcissistic Personality Disorder (NPD)? verywellmind.com/what-is-narcissistic-personality-disorder-2795446#causes.

Help Guide. 2020. Narcissistic Personality Disorder. helpguide.org/articles/mental-disorders/narcissistic-personality-disorder.htm.

Raja, Debolina. 2020. 7 Signs Of Narcissistic Husband Or Wife And Ways To Deal With Them. momjunction.com/articles/how-to-deal-with-a-narcissistic-husband-or-wife_00400676/#NarcissisticHusbandOrWife7. 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s