One Night Stand (ONS): Pengertian, Risiko, Tips, dll

Welcome back to the quirky weird side of this website. Bagaimana bila membahas tentang pengalaman one night stand di sini?

Apa Itu One Night Stand?

Dikutip dari laman Urban Dictionary, one night stand adalah hubungan seksual satu malam saja yang dilakukan oleh seseorang dengan orang asing tanpa perasaan, hubungan romantis, komitmen, atau rencana bertemu lagi di hari lain, dan bahkan berharap agar tidak pernah bertemu lagi. Dan sebaiknya atau sangat penting bagi kedua orang tersebut untuk tidak bertukar informasi penting untuk tetap menjaga privasi dan mencegah agar tidak ada yang bisa stalking nantinya. 

Terdengar familiar? Konsep ini sama seperti hooking up, bootie call, atau casual sex. 

One night stand pengertian dalam Bahasa Indonesia adalah cinta satu malam. Dan tunggu dulu, bila kita ada di generasi yang sama, ingatkah kamu pernah bernyanyi atau sekadar mendengarkan lagu dangdut berjudul Cinta Satu Malam dari Melinda? 

Cinta satu malam, oh, indahnya

Cinta satu malam, buatku melayang

Walau satu malam akan selalu kukenang

Dalam hidupku

Cinta Satu Malam – Melinda

Tuhan, maafkan aku. Never thought that song we mumbled at elementary school was way too sexual. Damn. God bless my childhood. 

Jadi, intinya one night stand adalah hubungan seksual dengan orang asing selama satu malam saja, dengan ketentuan yang kalian berdua sepakati, kemudian kamu tidak akan bertemu dengannya lagi. 

Keuntungan One Night Stand 

Dalam kebudayaan atau aturan agama yang familiar di tempat kita berasal, ini tergolong seks bebas dan tidak dibenarkan. Namun, kita hidup di dunia dengan banyak sekali perbedaan dan jenis orang yang memiliki alasan sendiri mengapa dia melakukan hal-hal yang berbeda dengan yang umumnya. 

Dan ini adalah beberapa penyebab kenapa seseorang mungkin memilih melakukan one night stand, dan mereka merasa bahwa itu menguntungkan: 

  • Dilakukan oleh orang dewasa muda dengan tujuan untuk mengeksplorasi seksualitas mereka atau ingin mendapat pengalaman baru secara seksual. 
  • Biasanya juga dilakukan oleh orang yang lajang atau single, untuk memenuhi kebutuhan secara seksual namun tidak mau memiliki komitmen apapun. 
  • Mungkin juga dilakukan oleh orang yang sudah memiliki pasangan atau sudah menikah namun ingin melakukan hubungan seks lain tanpa mengganggu pernikahannya. 
  • Kedua orang dengan kebutuhan dan keinginan seksual yang sama, namun tidak mau memiliki hubungan lebih lanjut. 
  • Mereka yang tidak mau komitmen, namun harus memenuhi kebutuhan seksual mereka. 

People have their own reasons, right? 

Risiko One Night Stand

Ini adalah pembahasan tentang risiko dari cinta satu malam dari beberapa pengalaman one night stand yang kami rangkum dari berbagai sumber, sebagai berikut: 

1. Tinggi Risiko IMS

Infeksi menular seksual (IMS) lebih rentan terjadi pada mereka yang memiliki lebih dari satu pasangan seksual. Saat kamu hanya melakukan hubungan seksual dengan satu pasangan (monogamus), kamu tentu mengetahui riwayat kesehatan seksual pasangan dan kamu akan lebih aman. 

Sementara bila memiliki lebih banyak hubungan seksual, maka kamu mungkin tidak memahami perilaku dan kondisi kesehatan seksual mereka, karena mereka pun juga mungkin berhubungan dengan banyak orang lainnya selain kamu. Akan semakin rentan tertular IMS. 

2. Risiko Kehamilan yang Tidak Direncanakan

Ada banyak pengalaman one night stand, dan risiko kehamilan yang tidak direncanakan tetap ada. Walaupun kamu atau pasangan mungkin sudah pakai kondom, namun kecelakaan seperti itu bisa tetap terjadi, bila tidak tahu cara pakai kondom yang benar

Ingatkah scene film Love, Rosie (2014) di mana Rosie hamil akibat hook up dengan Greg yang tidak tahu cara pakai kondom yang benar. 

3. Bisa Menjadi Seks yang Buruk

Berhubungan seks dengan orang asing bisa menjadi ide yang buruk, karena kamu clueless tentang apapun. Kamu tidak tahu bagaimana dia akan melakukan hubungan itu, apa yang akan terjadi, bagaimana rasanya, dan kamu mungkin merasa awkward atau canggung.

4. Mungkin Menyeramkan

Lagi, hubungan dengan orang asing, kamu tidak punya ide apakah dia orang baik atau bukan. 

5. Tidak Ada Consent

One night stand artinya hubungan seksual dengan orang asing dalam satu malam di mana kalian tidak boleh memberi tahu informasi pribadi kalian lebih detail. Dan dalam konsep itu, mungkin tidak akan ada komunikasi untuk membicarakan tentang consent (persetujuan) tentang apa yang boleh dan tidak boleh, batasannya apa, dan khawatir salah satu pihak akan ada yang merugi. 

6. Mungkin Bertemu dengan Orang yang Salah 

ONS adalah hubungan intim dengan orang random yang mungkin kalian temui di cafe, di bar, di bioskop, pulang dari konser, atau mana pun. Dan karena se-random itu, kamu mungkin bertemu dengan orang yang salah. Dia mungkin bau mulut, hiperseks, maniak seks, bau ketek, psikopat, atau hal-hal lain yang tidak kalian inginkan saat berhubungan intim. 

7. Bisa Ada yang Baper 

Dari pengalaman one night stand lainnya juga ada banyak yang malah baper, ingin bertemu lagi, ingin lebih kenal, atau ingin berhubungan lebih dalam. Sementara dari pihak lainnya hanya ingin ONS dan nggak bertemu lagi. Oh, somebody gets hurt. 

Baca Juga: Apa Itu FWB (Friends with Benefits)? Aturan, Manfaat, Bahaya, dll

8. Mungkin Merindukan Dia Lebih Dari Yang Pernah Kamu Perkirakan

And yeah, bila kemudian seksnya sangat hebat, sepertinya dia orang baik, menarik, tampan, dan sebagainya yang menarik hati kamu, dan kamu menginginkan dan merindukan dia lebih dari yang pernah kamu perkirakan. Ini bisa terjadi, namun pasangan ONS biasanya tidak ingin keterikatan emosional seperti itu. 

One night stand

I don’t think she’s coming back for more

She was only looking for a one night stand

I don’t think she’s coming back for more 

One Night Stand – Enrique Iglesias

9. Tidak Aman

Pelaku ONS sangat berisiko dan tidak aman. Bukan hanya tidak aman secara fisik, namun juga secara seksual. Pasangan ONS mungkin membohongi kamu, misalnya, melakukan hubungan penetrasi tanpa kondom dan kamu tidak tahu. Atau, mencuri barang-barang kamu saat kamu terlelap. Duh.

10. Mungkin Menyesal 

Entah apapun itu, mungkin ada penyesalan di belakangnya. That’s why we all should prepare for the worst. 

Tips Aman One Night Stand 

Do I really wanna write about safe tips for one night stands to my local readers? No, I don’t.

One night stand adalah perilaku seks yang bukan untuk semua orang. Kita harus paham apa risikonya sebelum memutuskan itu. 

One night stand terdengar ide bagus bagi anak muda di negara Barat, but maybe it doesn’t work for us. Dalam adat Barat, mereka sangat terbuka tentang edukasi seksual dan juga memahami bagaimana cara menjaga kesehatan seksual, seperti mereka peka untuk vaksin hepatitis, tahu cara pakai kondom yang benar, dan rutin periksa atau cek IMS. 

But in the end of the day, whatever you wanna do of whoever you wanna have sex with, just know the risks and learn to be responsible. 

Referensi: 

Definitions & Translations. 2005. Definitions for one-night stand. definitions.net/definition/one-night+stand. 

Urban Dictionary. 2004. one night stand. urbandictionary.com/define.php?term=one%20night%20stand. 

McGowan, Emma. 2015. 10 Things No One Tells You About One-Night Stands. bustle.com/articles/118991-10-things-no-one-ever-tells-you-about-one-night-stands.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s