14 Manfaat Pelukan dengan Pacar

God, I love hugging. Who doesn’t? Jadi, sekarang mari membahas tentang manfaat pelukan dan ciuman dengan pacar cause yeah. 

Apa Manfaat Pelukan dengan Pacar?

Pelukan dari orang lain bisa sangat menenangkan dan bahkan menyembuhkan. Beberapa peneliti juga telah membuktikan manfaat pelukan bagi kesehatan. 

1. Mengurangi Stres

Berdasarkan fisiolog dan terapis gangguan tidur Nerina Ramlakhan, Ph.D, pelukan dapat membantu merangsang penyembuhan sistem saraf parasimpatis. Pelukan juga meningkatkan hormon oksitosin dan serotonin yang meningkatkan rasa aman, kebahagiaan, serta meningkatkan kepercayaan diri.

Selain itu, pelukan hangat juga dapat menurunkan level hormon kortisol (hormon pemicu stres). Jadi, di akhir hari yang buruk dan melelahkan, pelukan dari orang yang kamu cintai bisa bikin kamu jadi lebih rileks dan mengurangi stres. 

2. Membuat Kamu Lebih Bahagia

Ya, pelepasan hormon oksitosin dan serotonin di otak selama pelukan bisa membantu meningakatkan rasa bahagian dan tenang. Terlebih lagi pelukan dari pasangan yang kamu cintai, ini membuat satu sama lain dipenuhi dengan rasa kasih sayang, cinta, dan rasa syukur atas kebersamaan. 

3. Membuat Kamu Merasa Aman

Ada hari-hari dimana kamu merasa insecure, sedih, marah, takut, atau tak berdaya. Dan pelukan di masa itu bisa membuat kamu merasa aman, hangat, dan lebih damai. 

Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa sentuhan fisik yang hangat dapat mengurangi gangguan kecemasan, mengurangi stres, dan mencegah seseorang dari isolasi diri. 

4. Meningkatkan Bonding dengan Pacaran 

Manfaat pelukan suami adalah ini dapat meningkatkan bonding atau ikatan satu sama lain. Selama berpelukan, ada pelepasan hormon oksitosi yang juga memperkuat hubungan interpersonal, meningkatkan kepercayaan, kesetiaan, dan perasaan. 

Baca Juga: 14 Manfaat Pacaran Menurut Para Ahli untuk Jiwa dan Mental 

5. Melancarkan Komunikasi

Kita berkomunikasi dengan kata-kata, namun ada juga hal-hal yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Maka dari itu, komunikasi nonverbal dibutuhkan dan salah satunya adalah sentuhan fisik seperti pelukan. 

Sentuhan interpersonal seperti pelukan bisa jadi cara pasangan untuk mengatakan, “aku sayang kamu, aku ingin jaga kamu, aku kangen kamu, atau aku peduli sama kamu, dan lainnya”. Ini adalah salah satu komunikasi cinta dan penting dalam kesejahteraan emosional.

6. Menyembuhkan 

Manfaat pelukan dengan pasangan adalah untuk saling menyembuhkan secara emosional. Misalnya, saat kalian sedang sedih, berduka, atau pun marah, pelukan bisa membantu kamu menyeimbangkan suasana hati, kamu merasa lebih baik, kemudian bisa berpikir jernih lagi. 

7. Membuat Kamu Lebih Tenang

Nothing more relaxing than hugging your lover. Manfaat pelukan 20 detik untuk menurunkan rasa stres, melepaskan rasa lelah, dan tentu saja bisa membuat kamu merasa lebih tenang. 

8. Membuat Kamu Nggak Kesepian Lagi

Pelukan dengan seseorang akan mengaktifkan koneksi atau keterikatan kamu dengan orang tersebut. Bila kamu sedang merasa kesepian, lelah, stres, atau bahkan depresi, pelukan bisa memberi efek seperti kamu nggak sendirian atau nggak merasa kesepian lagi. 

Dan mungkin kamu memiliki pelukan favorit. Saat kamu merasa seluruh dunia menyakiti kamu, kamu membutuhkan pelukan dari orang tersebut.

9. Membuat Kamu Semangat

Apa manfaat pelukan dan ciuman? Sentuhan fisik dapat melepaskan hormon kebahagian, seperti yang sudah disebutkan, dan ini juga bisa meningkatkan semangat dan kepercayaan diri kamu. Seperti kamu kemudian membawa vibe positif dan bahagia sepanjang hari. 

10. Meningkatkan Kualitas Hubungan

Manfaat pelukan suami selanjutnya adalah untuk meningkatkan kualitas hubungan. Maksudnya, sentuhan fisik dapat meningkatkan bonding dan rasa kepercayaan, yang bisa membuat kalian lebih rileks. 

Untuk selanjutnya, kalian bisa berkomunikasi dengan lancar, belajar untuk saling mengerti, serta terus mencari cara dan belajar untuk bisa berjalan beriringan selamanya. 

Baca Juga: 16 Manfaat Hubungan Seksual Setiap Hari bagi Kamu dan Pasangan

11. Meredakan Pertengkaran

Bukan berarti setiap kali kamu bertengkar dengan pasangan, lalu masalahnya bisa selesai begitu saja dengan pelukan. 

Poinnya adalah pelukan bisa membuat kamu dan pasangan jadi lebih tenang, memberikan isyarat hangat bahwa kalian masih mencintai, dan dapat meredakan suasana hati yang tidak stabil saat sedang bertengkar. Selanjutnya, kalian berdua harus tetap duduk tenang dan mencari solusi untuk masalah tersebut. 

Manfaat Pelukan dengan Orang Tersayang

Ketika kamu sedang sedih, kamu merasa ingin dipeluk dan memeluk seseorang karena kamu tahu itu bisa membuat kamu merasa lebih baik. Dan bahkan, ada gerakan #FreeHug korea pelukan dari orang asing pun bisa membuat kamu sedikit lebih tenang. 

1. Menjaga Kesehatan Mental

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menyeimbangkan kesehatan mental, salah satunya dengan pelukan hangat. Misalnya, teman kamu sedang berduka lalu kamu peluk dia, itu bisa memberi kekuatan psikologi untuk teman kamu. 

Baca Juga: 13 Cara Menghilangkan Stres Bersama Pasangan

2. Meningkatkan Sistem Imun 

Dan ada beberapa penelitian yang menyampaikan bahwa manfaat pelukan dengan pasangan dapat meningkatkan sistem imun. Mungkin, konsepnya adalah kebahagian dan rasa tenang dapat membuat sel-sel tubuh bekerja dengan normal, aliran darah lancar, dan sistem imun akan stabil 

Maka dari itu, kita harus menanggapi serius sebuah nasihat, “jangan stres stres, nanti sakit”. Kesehatan mental dan fisikmu berhubungan. 

3. Membuat Kamu Merasa Baik 

When you hug someone, you just feel okay. Don’t know if it’s magic or just placebo effect, but you feel just feel good. 

Dan itulah manfaat pelukan dengan pacar, ah, how we wish we could cuddle someone right now. Semoga kita semua mendapat pasangan yang baik yang bisa mendukung dan menyayangi kita di segala cuaca. Aminn. Say Amen! 

Referensi:

Alnuweiri, Tamim. 2018. 10 Awesome Health Benefits of Hugging That’ll Make You Want to Squeeze Someone Like Right.Now. wellandgood.com/benefits-hugging/. 

Uzer, Ashley, MBA. 2020. 10 Health Benefits Of Hugging, Backed By Science. mindbodygreen.com/articles/hugging-health-benefits.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s