14 Manfaat Pacaran Menurut Para Ahli untuk Jiwa dan Mental 

Manfaat pacaran bisa membuat kamu jadi lebih bahagia dan termotivasi menjadi orang yang lebih baik. Ketahu apa manfaat pacaran sebelum menikah dalam pembahasan ini. 

Manfaat Pacaran Menurut Para Ahli untuk Jiwa dan Mental 

Saat kamu sudah menemukan belahan jiwa kamu, seseorang yang bisa kamu jadikan rumah, dan kalian cukup kooperatif untuk bekerja sama agar hubungan tetap langgeng walaupun banyak ombak menghadang, maka itulah kebahagiaan pacaran untuk kemudian bisa mantap ke jenjang selanjutnya. 

Inilah beberapa manfaat pacaran bagi jiwa dan mental yang kami himpun dari sumber-sumber terpercaya: 

1. Kamu Jadi Lebih Bahagia

Dan akhirnya kamu bertemu dengan seseorang yang sangat hebat, yang kamu cintai dan mencintai kamu sama besarnya, tentu saja ini akan meningkatkan pelepasan hormon kebahagiaan dan membuat kamu bahagia. 

Walaupun kalian kadang bertengkar, marah, atau berbeda pendapat, kalian bisa manage untuk memperbaiki keadaan, membuat rasa cinta semakin besar, yang berefek pada kebahagiaan yang lebih sempurna. 

Baca Juga: 13 Cara Menghilangkan Stres Bersama Pasangan

2. Selalu Ada yang Menemani 

Bukan berarti kita tidak mandiri saat kita punya pasangan, namun pasti menyenangkan untuk ditemani oleh seseorang yang satu frekuensi. 

Misalnya, pergi bersama untuk mencoba bakso di kios baru ujung jalan, menonton film horor bersama, atau mendengarkan lagu Peterpan di sepanjang jalan dengan seseorang yang kamu harap selalu bisa kamu lihat di masa depan, pasti sangat membahagiakan. Juga, orang yang mampu menemani kamu dalam suka dan duka serta sama-sama tidak menyerah dalam hubungan. 

3. Membuat Kamu Lebih Percaya Diri 

Manfaat pacaran menurut para ahli adalah ini dapat membuat kamu lebih percaya diri dan merasa aman. Saat kamu memiliki pacar yang suportif, dia akan selalu mendukung kamu, memberi saran yang baik, dan memotivasi kamu untuk bekerja lebih keras untuk mencapai apa yang kamu impikan. 

4. Mengurangi Stres

Berdasarkan studi dari University of Chicago, orang yang sudah menikah atau sedang menjalin hubungan berkomitmen memiliki kadar hormon stres kortisol yang lebih rendah, serta kadar hormon oksitosin (hormon bahagia) lebih tinggi. 

Mungkin benar, pacar kamu bisa menghibur kamu, menyemangati kamu, memeluk kamu, dan menemani kamu sehingga kamu tidak stres lagi atau lebih bahagia dari sebelumnya. 

Baca Juga: 16 Manfaat Hubungan Seksual Setiap Hari bagi Kamu dan Pasangan

5. Kamu Jadi Lebih Open-Minded 

Dan saat pacaran dengan orang yang tepat, kamu juga belajar untuk menjadi orang dengan pikiran lebih terbuka. Pasalnya, kamu akan melihat banyak perbedaan antara kamu dan dia, kemudian bekerja sama agar perbedaan itu tetap bisa membuat hubungan jadi harmonis dan semakin bernilai. 

6. Kamu akan Belajar Banyak Darinya

Manfaat pacaran bagi pelajar adalah kamu bisa belajar banyak hal darinya, hal-hal yang tidak kamu pelajari di pusat pendidikan pada umumnya.

Misalnya, kamu belajar tentang karakter orang tersebut, kamu belajar juga tentang skill dia, kamu belajar tentang dunia dia, kamu belajar cara menghargai, mengerti orang lain, dan belajar banyak hal dalam level emosional yang dalam. 

7. Ada yang Menjaga Kamu

Memiliki seseorang yang menjaga kamu dan peduli pada kamu adalah sesuatu yang langka dan luar biasa. Ini hanya bisa dilakukan oleh pasangan baik dan sepertinya tepat untuk kamu pertahankan. 

8. Kamu Jadi Orang yang Lebih Pengertian dan Sabar

Kamu dan pacar kamu adalah dua orang berbeda, dan akan selamanya menjadi dua orang yang berbeda. Namun di sini, kamu akan belajar untuk lebih sabar, lebih pengertian, menahan ego, dan bekerja sama untuk membuat perbedaan itu menjadi keindahan. 

9. Kamu Memiliki Motivasi jadi Lebih Baik 

Kamu pacaran dengan orang yang tepat bila bersamanya membuat kamu termotivasi menjadi orang yang lebih baik dari segala aspek. Misalnya, pacar kamu mendukung kamu agar kamu bisa cepat lulus kuliah, dia memotivasi kamu untuk mencapai mimpi kamu, atau sesederhana dia mengatakan hal-hal baik tentang kamu yang tidak kamu sadari. 

Dan kamu termotivasi menjadi orang yang lebih baik bukan untuk dirinya, namun untuk dirimu sendiri, dan dia bangga padamu. 

Baca Juga: 10 Cara Pacaran Sehat Menurut Para Ahli (Ciri dan Tips Hubungan Sehat)

10. Bisa Jadi Lebih Sehat 

Entah apa yang terjadi, namun bila kamu pacaran dengan orang yang positif, kamu juga cenderung ingin menjadi sama baiknya. Misalnya, oh sekarang kamu pacaran sama dia yang rajin olahraga, dan kamu jadi rajin olahraga juga bareng dia. Atau kamu jadi termotivasi untuk memiliki berat badan ideal. 

11. Punya Teman Diskusi dan Berbagi

Apa manfaat pacaran? Kamu memiliki teman diskusi yang andal, serta teman berantem juga, sih. Kamu bisa mengeluarkan pendapat, masukan, atau apapun yang ada di pikiran kamu ke dia. 

Dan kalian senang mendiskusikan hal-hal (random) untuk lebih mengenal karakter masing-masing. Jadi, pacaran bukan hanya tentang romantis-romantisan saja. 

12. Punya Seseorang yang Selalu Mengingatkan Kamu

Ada seseorang yang sangat peduli sama kamu dan selalu mengingatkan kamu tentang apapun yang kamu tidak sengaja lupakan, atau sebagainya. Bila kamu lalai, atau salah, atau ceroboh, dia akan mengingatkan kamu dengan cara yang baik.

Dan, manfaat pacaran dalam islam, mungkin kalian bisa sama-sama saling mengingatkan untuk ibadah bila sudah waktunya atau perbuatan baik lainnya. 

13. Punya Support System yang Solid 

Apa manfaat pacaran sebelum menikah? Kamu sekarang bukan cuma punya pacar, namun dia juga support system kamu yang mendukung dan menyemangati kamu sepanjang waktu. Dan dia menyayangi kamu dalam cuaca apapun, berdoa untuk kebaikan dan kesuksesan kamu. 

Baca Juga: 16 Tipe Cinta Berdasarkan Studi Ancient Greeks dan Triangular Theory of Love

14. It Makes You Feel Warm 

Good, supportive, lovely boyfriend and girlfriend warms your heart and soul. 

yourdevan.com

Mereka membuat kamu tersenyum, bahagia, bangga, dan kamu bersyukur memilikinya. Kamu berharap semua hal-hal baik menyertai kalian hingga nanti kalian menikah dan menjalani pengalaman luar biasa hingga akhir. 

Bahaya Pacaran bagi Remaja 

Okay, ada banyak manfaat pacaran sebelum menikah yang sudah disebutkan, namun tampaknya manfaat itu hanya akan terjadi pada pasangan yang sudah matang, dewasa, dan terus belajar untuk memperbaiki diri sendiri serta hubungan tersebut. 

Sering kali, pacaran hanya membawa dampak buruk, bila pasangan cenderung masih remaja dan belum tahu bagaimana caranya membina serta mempertahankan hubungan. Pada remaja, pasangan dengan orang yang salah atau kita yang salah, hanya membuat sedih, banyak drama, dan galau berkepanjangan

Bila belum waktunya, jangan pacaran dulu. Cintai diri sendiri dulu sebelum mencintai orang lain. Buat dirimu jadi hebat dulu agar pantas untuk pasangan yang hebat juga. 

Pada akhirnya, kalian harus menjadi orang yang tepat untuk menemukan orang yang tepat, untuk mendapat manfaat pacaran yang sehat dan membahagiakan jiwa dan raga. 

Referensi: 

ABELLO, CYRIL. 2021. 14 Benefits of Being in a Relationship. inspiringtips.com/asia/benefits-of-being-in-a-relationship/. 

Northwestern Medicine® and Northwestern Memorial HealthCare. 2021. 5 Benefits of Healthy Relationships. nm.org/healthbeat/healthy-tips/5-benefits-of-healthy-relationships.

Salaky, Kristin. 2017. 9 surprising health benefits of being in a good relationship. insider.com/health-benefits-of-being-in-a-relationship-dating-someone-2017-10. 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s