Apa Itu Queer? Definisi, Teori, dan Contoh

Sekarang kita sering mendengar tentang istilah queer saat membahas edukasi tentang orientasi seksual, namun apa pengertian queer sebenarnya? 

Apa Itu Queer?

Dilansir dari Cosmopolitan, quer adalah payung dari orientasi dan komunitas bagi mereka yang berada di spektrum LGBTQIA +. 

Dalam Bahasa, queer artinya aneh, namun kita tidak bisa mengartikannya secara harfiah seperti itu dalam konteks ini. Queer digunakan sebagai payung besar bagi siapa saja di luar norma heteroseksual (orientasi seksual mayoritas yaitu wanita dengan pria), atau mereka yang berada dalam lingkungan LGBTQIA +. 

Dan LGBTQIA adalah Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, Queer and/or Questioning, Intersex, and Asexual and/or Ally. Sementara + adalah simbol denotasi untuk jenis kelamin, seksualitas, dan orientasi seksual yang belum dapat dijelaskan dengan huruf, kata, atau istilah lainnya. 

Queer Adalah 

Jadi, queer adalah identitas untuk siapa saja yang berada dalam naungan LGBTQIA + , namun setiap orang dalam spektrum LGBTQIA + mungkin memiliki definisi atau pengertian lain tentang queer bermakna untuk diri mereka. Queer juga biasanya digunakan sebagai identitas individu dan komunitas LGBTQIA + .

Baca Juga: Apa Itu Hook Up? Aturan, Pergaulan, Risiko, dll

Contoh Queer 

Contoh queer adalah bila ada seorang laki-laki mengakui bahwa dirinya gay (menyukai laki-laki lain), maka dia termasuk dalam spektrum queer. 

Pada dasarnya, bila ada seseorang yang mengidentifikasi diri mereka sebagai queer, maka seringkali orang tersebut tidak menjalani hubungan heteroseksual namun orientasi seksual dan / atau gender mereka berada di bawah payung LGBTQ. 

Apakah Boleh Memanggil Orang LGBTQIA + sebagai Queer?

Berdasarkan arti queer yang sudah dijelaskan, queer adalah semua individu dalam LGBTQIA +. Namun, ini bisa jadi rumit karena istilah “queer” sering dijadikan sebagai umpatan bagi orang heteroseksual untuk merendahkan kaum LGBTQIA +.

Selain itu, queer juga digunakan untuk mengungkapkan istilah gender dan seksualitas yang cenderung berubah seiring waktu atau pada setiap individu. Baiknya, sebelum kamu memanggil seseorang sebagai queer, kamu harus memastikan bahwa orang tersebut tidak apa-apa atau bahkan bangga dengan istilah tersebut. 

Referensi:

Planned Parenthood Federation of America Inc. 2020. What does queer mean?. plannedparenthood.org/learn/teens/sexual-orientation/what-does-queer-mean.

SOPHIE SAINT THOMAS and CARINA HSIEH. 2020. What Does It Really Mean to Be Queer?. cosmopolitan.com/sex-love/a25243218/queer-meaning-definition/. 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s