12 Tips Menghadapi Pacar Posesif 

Apa pacar kamu menunjukan tanda-tanda posesif berlebihan? Pelajari di sini tentang cara mengatasi pasangan posesif agar hubungan tetap langgeng dan kamu tetap bahagia. 

Tips Menghadapi Pacar Posesif 

Kamu merasa pacar kamu terlalu posesif? Contoh pacar posesif adalah pacar yang suka mengatur, melarang, dan bahkan mengontrol kamu dalam hubungan tersebut. Pacar posesif menganggap itu adalah bentuk cinta, namun bisa menjadi toksik dan malah menghancurkan hubungan. 

Nah, bila kamu memiliki pacar posesif, berikut ini beberapa tips serta cara menghadapi pacar posesif:

1. Komunikasi dengan Pacar

Apapun masalahnya, kamu harus komunikasi dengan pacar secara baik-baik. Beri tahu dia apa saja yang membuat merasa tidak nyaman dalam hubungan tersebut. 

Bila kamu merasa kecemburuan dan kontol pacar ke kamu terlalu berlebihan, beri tahu saja. Buka komunikasi, dengarkan dia juga, kemudian tawarkan atau cari solusinya bersama. 

Baca Juga: 25 Ciri-Ciri Pacar Posesif yang Harus Kamu Waspadai

2. Tunjukan Kasih Sayang

Tips menghadapi pacar posesif selanjutnya adalah dengan menunjukan kasih saya kamu ke pacar secara verbal dan jelas. Pacar posesif cenderung orang yang insecure, dia takut kamu tidak cinta dia atau akan meninggalkan dia, sehingga dia merasa harus ‘mengekang/posesif’ sama kamu. 

Bila kamu beri tahu dia secara jelas bahwa kamu mencintai dia, kamu akan setia, dan tidak akan ada yang bisa menghancurkan hubungan kalian, maka semoga afirmasi itu bisa membantu membuat dia lega, tenang, dan percaya sama kamu.

3. Ketahui Apa Masalah Utamanya

Dia jadi posesif sama kamu karena sebuah alasan. Tanya apa masalahnya, apa yang dia rasakan, dan apa sebenarnya masalah utamanya. Bila kamu dan dia sudah tahu apa inti permasalahannya, lalu cari solusi bersama, dan semoga ketemu titik tengan agar hubungan tersebut tetap nyaman dan membahagiakan kedua belah pihak. 

4. Buat Batasan 

Saat kita pacaran atau dekat sama orang lain, kita sering larut dan berpikir bahwa dia sepenuhnya miliki kita. Padahal, pacar dan diri kita sendiri harus tetap punya privasi dan batasan untuk menjaga kewarasan masing-masing dan membina hubungan yang sehat. 

Jadi, beri tahu pacar kamu yang posesif tentang batasan-batasan tersebut. Misalnya, pacar nggak boleh periksa handphone karena itu privasi kamu dan bukan berarti kamu memiliki rahasia yang mengkhianati dia. Atau, pacar nggak boleh ganggu saat kamu sedang kerja, kuliah, kumpul keluarga, atau acara penting lainnya, tapi kamu akan segera menghubunginya saat sudah selesai dan senggang. 

5. Sabar

Banyak-banyak sabar adalah cara menghadapi pacar posesif yang paling utama. Kamu harus mempelajari karakternya dan dia juga harus berusaha memahami kamu. Ini membutuhkan waktu yang panjang dan seperti petualangan secara emosional yang harus kalian jalani, perbaiki, dan pahami terus. 

6. Ajak Dia Kenal dengan Lingkungan Kamu 

Ciri pacar posesif adalah dia sangat pencemburu, sulit percaya sama kamu, dan selalu curiga bila kamu ada main di belakang. Untuk mengatasinya, bagaimana dengan mengajak dia masuk ke lingkungan kamu lebih dalam? 

Ajak dia bertemu semua teman-teman kamu (terutama lawan jenis) sehingga dia tahu bagaimana kamu sebenarnya dan bagaimana teman-teman kamu tersebut, agar dia tahu bahwa kamu nggak mungkin selingkuh dengan salah satu dari mereka. Dia juga akan merasa lebih aman dan tenang saat kamu sedang keluar bersama mereka. 

7. Jangan Cepat Meledak 

Memiliki pacar yang posesif dan suka mengontrol mungkin akan membuat kamu kewalahan dan marah, namun kontrol diri kamu untuk tidak cepat meledak saat meladeninya. Pacar kamu mungkin juga mengalami gejolak emosi yang nggak bisa dia kontrol. 

Di sisi lain, kamu juga harus selalu mengingatkan pacar kamu kalau tindakan posesif dia yang berlebihan itu membuat kamu lelah dan sebagainya. Bicarakan itu dengan tenang. Itulah salah satu cara mengatasi pacar posesif. 

8. Beri Tahu Pacar Hal Spesifik yang Mengganggumu

Pacar kamu yang posesif mungkin mengontrol kamu seperti kamu nggak boleh pake baju tertentu, kamu nggak boleh ketemu sama teman lawan jenis, kamu harus selalu telepon dia, kamu harus selalu bersamanya, dan sebagainya.

Bila itu semua mulai membuat kamu lumayan stres, beritahu dia semua hal spesifik yang dia lakukan ke kamu yang sangat mengganggu kamu. Pacar kamu mungkin nggak sadar kalau tindakannya melewati batasmu. 

Baca Juga: 21 Ciri-Ciri Pacar Manipulatif yang Harus Kamu Waspadai

9. Buat Daftar Hal-Hal yang Nggak Bisa Kamu Terima

Gimana menghadapi pasangan posesif? Bila pacar kamu semakin posesif, maka ada baiknya kamu membuat daftar hal-hal yang sebaiknya nggak dia lakukan karena itu sudah keterlaluan menurut kamu. Buat daftar tersebut dengan jelas dan tegas, dan mungkin beserta alasannya agar dia mengerti apa yang kamu rasakan. 

10. Dukung Dia dan Kesehatan Mentalnya

Tips menghadapi pacar posesif adalah dengan mendukung dia sembuh dan merasa lebih baik dari masalah kesehatan mental yang mungkin dia miliki. 

Oke, seseorang menjadi posesif karena banyak sebab. Mungkin, pacar kamu memiliki trust issue atau masalah mental tertentu di masa lalu yang belum bisa dia obat, sehingga dia menjadi posesif untuk ‘menolong’ dirinya sendiri. 

Bila begitu, kamu bisa dukung dia untuk menyembuhkan dirinya. Dengarkan dia atau antarkan dia untuk konsultasi ke psikolog untuk penanganan lebih spesifik. 

11. Beri Ultimatum 

Bila kalian sudah bersama dia dalam periode tertentu dan kamu sudah menggunakan banyak cara untuk menolong situasi ini, namun sepertinya dia masih terus posesif sama kamu hingga kamu kehilangan diri sendiri, maka pertimbangkan untuk beri dia ultimatum. 

Kasih dia pengertian sekaligus peringatan agar dia bisa memperbaiki dirinya sendiri yang akan menyelamatkan hubungan kalian juga. 

Baca Juga: 24 Ciri-Ciri Toxic Relationship yang Harus Kamu Waspadai 

12. Evaluasi Hubungan Kalian 

Dan cara mengatasi pasangan posesif yang terakhir adalah dengan mengevaluasi hubungan tersebut. Apakah hubungan itu sehat? Apakah kalian masih bisa bekerja sama untuk jadi lebih baik? Dan apakah kamu masih dan bisa bahagia dengan orang seperti dia?

Kamu jawab pertanyaan itu sendiri dan buat keputusan terbaik dengan bijaksana. Bila hubungan terlalu toksik dan kamu jadi benci dirimu sendiri, maka ketahui kapan harus putus

Itulah beberapa tips menghadapi pacar posesif. Ingat bahwa hubungan kalian harus membahagiakan, ya! 

Referensi:

Manchanda, Janvi. 2020. Relationship Advice: 7 Tips to deal with a jealous and possessive partner. pinkvilla.com/lifestyle/love-relationships/relationship-advice-7-tips-deal-jealous-and-possessive-partner-520035.

Paired Life. 2016. Tips to Deal With Controlling and Jealous Boyfriends. pairedlife.com/problems/How-to-deal-with-a-possessive-boyfriend-Tips-to-deal-with-controlling-and-jealous-boyfriends. 

The Minds Journal. 2021. 5 ways to deal with a possessive partner. themindsjournal.com/deal-with-a-possessive-partner/.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s