16 Cara Menghadapi Pacar Manipulatif 

Seseorang yang manipulatif akan menggunakan banyak cara untuk memanipulasi kamu demi menguntungkan dirinya sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, ketahui cara menghadapi pacar manipulatif dalam pembahasan ini. 

Cara Menghadapi Pacar Manipulatif 

Orang manipulatif adalah para ahli dalam memanipulasi, menipu, mengontrol, menggunakan kelemahan kamu, serta memanfaatkan kebaikan kamu untuk keuntungan dirinya sendirI. Dan bila kamu menemukan dirimu pacaran sama orang yang manipulatif, well good luck, ketahui cara menghadapi pacar manipulatif sebagai berikut: 

1. Kenali Ciri-Ciri Pacar Manipulatif

Hal pertama adalah kamu harus tahu apa ciri-ciri pacar manipulatif. Kenali apakah pacar kamu memiliki tanda manipulatif tersebut, seberapa buruk perilakunya, apakah dia bermain dengan pikiranmu, dan apa yang kamu rasakan tentang perlakuannya itu. 

Bila kamu merasa sedang dimanipulasi olehnya, itu terjadi karena dia mungkin memang sedang memanipulasi kamu dan naluri kamu mengatakan begitu. Karena tindakan manipulasi sering tidak disadari, namun naluri kamu akan memberitahu kamu. 

2. Belajar Menolak atau Bilang “Nggak”

Seorang manipulator sering membuat kamu berada dalam posisi terjebak di mana kamu akan menuruti apa yang dia mau. Dan sering kali kamu tidak akan bisa menolak dan mengiyakan apapun yang dia mau walaupun sebenarnya kamu nggak mau. 

Jadi, cobalah belajar untuk menolak seseorang untuk menyelamatkan diri sendiri. Katakan ‘Tidak’ dengan tegas dan cepat pada permintaan yang tidak mau kamu lakukan atau penuhi. 

3. Jangan Menyalahkan Diri Kamu Sendiri 

Taktik seorang manipulator adalah mereka akan membuat kamu merasa bersalah untuk apapun yang sebenarnya bukan salah kamu. Saat kamu merasa bersalah, dia akan pelan-pelan mengambil kontrol atas dirimu dan terus memanipulasi kamu. 

Jadi, pahamilah bahwa kamu tidak bertanggung jawab atas kesalahan orang lain atau kesalahan yang tidak kamu lakukan. Jangan salahkan dirimu sendiri dan pahami posisi kamu dalam hubungan tersebut. 

4. Balikan Fokusnya ke Dia

Setiap kali dia meminta kamu melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan, coba kembalikan fokus itu padanya dengan bertanya untuk mengetahui apakah dia menyadari bahwa permintaannya itu tidak masuk akal dan tidak adil buat kamu. 

Misalnya, coba bertanya dengan, “eh, kamu minta atau nanya aja?” atau “menurut kamu itu adil buat aku?”. Bila dia masih memiliki tingkat kesadaran diri, maka biasanya dia akan menarik kembali permintaan itu saat dia sadar bahwa kamu sudah sadar dia sedang memanipulasi kamu. 

5. Buat Batasan 

Bagaimana cara menghadapi pacar manipulatif? Create boundaries atau buat batasan. Maksudnya, setiap pasangan harus membuat batasan mana yang boleh dan tidak boleh dalam hubungan, serta memberitahu apa saja harapan dan kebutuhan yang harus sama-sama dipenuhi agar hubungan lancar. 

Misalnya, batasan kamu adalah pacar kamu tidak boleh berbohong. Maka bila dia berbohong, dia akan mendapat konsekuensi. Bila kamu tahu apa saja batasan itu, maka kamu tahu bagaimana cara untuk menolong dirimu sendiri dan tidak membiarkan orang lain melanggar batasan tersebut yang akan menyakiti kamu nantinya. 

6. Bangun Self-Esteem Kamu 

Self-esteem adalah harga diri. Seseorang yang memiliki harga diri rendah akan merasa selalu putus asa, gelisah, dan membenci diri sendiri hingga sangat mudah bagi orang lain untuk memanipulasinya. 

Kondisi ini akan memperburuk kondisi Anda bila memiliki pacar yang manipulatif. Jadi, sebaiknya bangun rasa harga diri yang baik dengan cara menghindari self-talk negatif dan fokus pada sisi positif diri Anda. 

7. Cintai Dirimu Dulu

And before I love someone else, I’ve got to love myself 

Save Myself – Ed Sheeran

Seorang manipulator akan mudah memanfaatkan kamu tertuma bila kamu membenci diri sendiri. Maka dari itu, cobalah belajar untuk mencintai diri sendiri, menyembuhkan trauma masa lalu, dan memaafkan luka lama. Saat kamu sudah cukup mencintai diri sendiri, maka kamu tidak akan mudah dikhianati dan tipu oleh orang manipulatif. 

8. Komunikasi dengan Pacar Kamu 

Cara menghadapi pacar manipulatif dengan coba bicara atau diskusi sehat dengan dia. Beri tahu dia apa yang kamu rasakan dan apa yang sepertinya salah di antara hubungan kalian. Tanya pada dia apa dia mau berubah dan saling mengerti agar hubungan ini bisa tetap lanjut. 

9. Pahami Apa yang Pantas dan Tidak Pantas Kamu Dapatkan 

Kadang-kadang kita terlalu mencintai seseorang hingga kita membiarkan dia memperlakukan kita dengan buruk, termasuk memanipulasi atau gaslighting dan tindakan berbahaya lain yang tidak kamu sadari telah memakan pikiranmu. 

Jadi, sebaiknya pahami tentang fundamental apa yang pantas dan tidak pantas kamu dapatkan dalam hubungan. Saat dia melakukan hal-hal yang tidak pantas ke kamu, itu adalah peringatan.

Baca Juga: 24 Ciri-Ciri Toxic Relationship yang Harus Kamu Waspadai  

10. Beri Waktu

Saat pacar manipulatif kamu meminta sesuatu yang tidak bisa kamu penuhi, biasanya dia akan meminta kamu untuk menjawab dan melakukannya dengan cepat. Saat didesak seperti itu, dia sedang mengumpulkan power dan kontrol atas dirimu. Sementara kamu tidak bisa berpikir panjang dan cenderung mengikutinya. 

Bila kamu nggak bisa menolak dan bilang ‘tidak’, maka sebaiknya kamu ulur-ulur waktu saja untuk keuntungan kamu. Bilang padanya, “nanti aku pikirin dulu”. Sementara itu kamu menjauhkan diri darinya sambil mengevaluasinya. Harus dengan pikiran jernih, jangan sampai termakan olehnya. 

11. Kenali Tanda Masalah Kesehatan Mental

Kamu tahu, kebanyakan orang manipulatif memiliki masalah emosional yang lebih dalam namun mereka tidak menyadarinya atau menyangkalnya. Bila kamu mencurigai pacar kamu mungkin punya masalah kesehatan mental yang membuat dirinya jadi manipulatif atau toksik, maka bisa kamu sarankan dia untuk konsultasi ke profesional. 

12. Beri Dia Konsekuensi 

Bila kamu bersama seorang manipulator yang terus mencoba untuk ‘menyakiti’ kamu, maka kamu dapat melawannya dengan cara memberi konsekuensi. Contohnya seperti dengan memberi saran, jeda, jarak, dan beri tahu dia bagaimana cara menghormati orang lain. Selanjutnya, kamu harus tegas and stand for yourself!

13. Hadapi Si Pacar Manipulatif Secara Langsung 

Kamu tahu, seorang manipulator yang selalu mengacaukan hidupmu secara psikologis juga termasuk pelaku bully. Dan kebanyakan pelaku bully adalah pecundang. 

Mereka tidak menyukai dirinya sendiri sehingga bertingkah menjadi orang lain, atau menyakiti orang lain untuk membuat dirinya merasa lebih baik. Dan kamu tahu, kebanyakan pelaku bully akan ciut bila korbannya menantangnya balik secara langsung. Itulah beberapa cara menghadapi pacar manipulatif.

14. Jaga Jarak

Ketika kamu menyadari ciri-ciri pacar manipulatif di diri pacar kamu ke kamu, dan dia melakukannya setiap hari, maka sebaiknya kamu menjaga jarak dengannya demi menyelamatkan kewarasan kamu. Beri tahu pacar kamu bila kamu kewalahan atau stres dan butuh waktu untuk memikirkan semua ini sendiri, atau kamu butuh istirahat dari seluruh drama ini. 

15. Pahami Kapan Harus Pergi 

Bagaimana cara menghadapi pacar manipulatif? Kamu harus tahu kapan untuk pergi dari orang-orang yang tidak membuat kamu tidak bahagia. 

Bila kamu sudah melakukan banyak hal untuk mempertahankan hubungan, namun pacar kamu tetap menyakiti kamu, maka kamu harus mengambil keputusan itu. 

Baca Juga: 34 Tanda Harus Putus Sama Pacar Kamu Sekarang!

16. Minta Pertolongan 

Menjalani hari-hari dengan seorang manipulator tidaklah mudah. Dia mungkin bisa membuat kamu gila dan kamu akan kehilangan dirimu sendiri. 

Mohon pahami tanda-tanda hubungan tidak sehat sejak awal untuk mencegah situasi jadi lebih buruk. Bila kamu tidak kuat, silakan minta pertolongan entah dengan bicara dengan sahabat yang kamu percaya atau konsultasi ke psikolog. 

Referensi:

Ni, Preston. M.S.B.A. 2014. How to Recognize and Handle Manipulative Relationships. psychologytoday.com/us/blog/communication-success/201407/how-recognize-and-handle-manipulative-relationships.

Power of Positivity. 2018. 12 Coping Tips For Girls Dealing With A Manipulative Boyfriend. powerofpositivity.com/coping-tips-deal-manipulative-boyfriend/. 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s