Apa Itu Negging? Pahami Ciri, Contoh, dan Cara Menghadapi Pacar Negging

Negging adalah istilah untuk seseorang yang memberi komentar negatif yang merusak kepercayaan diri seseorang (umumnya wanita). Ketahui apa itu negging dan cara mengatasinya bila pacar kamu negging

Apa Itu Negging

Negging adalah istilah saat seseorang memberi kamu komentar negatif dengan cara yang paling halus namun manipulatif. Konsep ini pertama kali populer di akhir tahun 1900s, yang merupakan kependekan dari “negative comments” dan menjadi “negging”. 

Berdasarkan kamus urban, negging adalah “penghinaan tingkat rendah untuk merusak kepercayaan diri seorang wanita, sehingga dia mungkin lebih mudah diserang secara emosional oleh pelaku negging.” Pelaku negging umumnya laki-laki, korbannya wanita, sering terjadi dalam level hubungan romantis. 

Contoh Negging 

Pelaku negging tidak akan menghina kamu secara langsung, namun dia akan memberi kamu pujian yang ujung-ujungnya adalah sebuah penghinaan. Ini adalah bentuk manipulasi emosional, yang sekilas konsepnya mirip dengan ‘sarkas’, di mana kamu tidak menyadari dia sedang menghinamu.

Contoh negging dalam kehidupan sehari-hari: 

  • “Wah, kamu cukup cantik untuk wanita yang tidak terlalu tinggi”. 
  • “Aku biasanya suka sama cewek yang kurus langsing cantik seperti Barbie, tapi kali ini aku cukup suka sama kamu apa adanya”.
  • “Kamu cukup cantik, namun lain kali coba gaya berpakaian yang lebih feminin seperti mantanku dulu”.
  • “Temanmu cantik juga. Apa kamu nggak mau belajar makeup sama dia?” 

Sudah paham konsepnya? Dalam contoh negging tersebut ada kalimat pujian yang diikuti dengan penghinaan secara halus namun menggigit. Bila terjadi satu-dua kali, kamu mungkin tidak menyadarinya. 

Bila pacar kamu negging kamu terus, kamu akan mulai kehilangan kepercayaan dirimu. Kamu pun akan bingung apa maksudnya? Apa dia sedang memuji atau menghina? 

Baca Juga: Apa Itu Toxic Relationship? Ciri, Tipe, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

Ciri-Ciri Negging 

Negging bisa terjadi pada hubungan siapa saja, bisa terjadi di kalangan teman, bos dan pegawai, tetangga, atau siapapun. Namun, isu ini sering dirasakan oleh wanita dalam hubungan pacaran dengan laki-laki yang negging terus. 

Pahami ciri-ciri negging berikut ini:  

1. Memberi Pujian Lalu Bertolak Belakang 

What is negging meaning? Kalimat negging diawali dengan pujian, namun diakhiri dengan penghinaan. Biasanya, orang tersebut akan mengatakan itu saat kamu sedang bersama orang lainnya, jadi kamu hanya bisa tersenyum pahit menahannya. 

Contoh negging:

  • “Wah, kamu benar-benar wanita yang pintar. Akan lebih sempurna bila kamu make up agar cantik juga.” 
  • “Aku senang banget kamu kasih aku hadiah jam tangan ini, keliatan cocok untuk aku, ya walaupun hanya Casio 2 jutaan sih”.

2. Membandingkan Kamu dengan Orang Lain 

Pacar kamu bisa saja selalu membandingkan kamu dengan orang lain, dan dalam ukurannya kamu selalu kalah. 

Negging means and examples: 

  • “Wah, hebat banget kamu udah bisa masak soto ayam sekarang, walaupun nggak seenak buatan mantanku Chef Renata sih…”
  • “Teman kamu yang namanya Anna tuh MUA, ya? Hebat ya. Eh, kenapa kamu nggak belajar make up sama dia biar bikin alis nggak menukik kaya gini?” 

Entah pernyataan itu fakta atau tidak, tetap saja saat dia menyoroti kekurangan kamu, kamu akan merasa kurang percaya diri.

3. Menghina dengan Kedok Memberi “Kritik Membangun”

Negging adalah kondisi saat mereka membuat kalimat atau komentar yang terdengar seperti kritik membangun, padahal sepenuhnya penghinaan. 

Contoh negging

  • “Aku tahu kamu sudah susah payah belajar bikin soto ayam ini, tapi ini bikin aku jadi sakit perut”.
  • “Bukannya aku nggak suka warna lipstik kamu, tapi warna merah seperti ini bikin kamu terlihat seperti habis makan darah ayam”.

Baca Juga: 24 Ciri-Ciri Toxic Relationship yang Harus Kamu Waspadai 

4. Mereka Selalu Ingin Lebih Unggul 

Misalnya, kamu baru saja cerita tentang kabar baik atau pencapaian kamu, maka dia akan bercerita hal-hal lebih besar untuk mengungguli kamu. 

Contoh negging

  • Kamu: “Sayang, aku berhasil push up 20 kali pagi ini.”
  • Dia: “Oh, 20 kali itu kan hanya pemanasan. Aku push up 200 kali pas baru bangun tidur, lanjut jogging 30 menit, ya biar badan nggak kaku aja sih.” 

5. Mereka Bertanya tapi Menghina 

Mereka akan menyamarkan penghinaan dalam bentuk kalimat tanya. Kamu bisa menjawab pertanyaan itu, namun kadang terlalu menusuk dan kamu pun bingung. 

Contoh negging:

  • “Aku kaget kamu bisa naik jabatan. Apa kamu ada main belakang sama bos kamu?”
  • “Jangan salah paham, tapi apa kamu akan beneran mengenakan pakaian seperti itu ke pesta temanku?” 

6. Menutup Semuanya dengan “Hanya Bercanda”

Pernahkan seseorang sangat menyakitimu, dengan kata-katanya atau apapun itu, dan saat kamu mengungkapkan betapa menyakitkannya itu, mereka bilang: 

  • “Eh, gw becanda doang kok. hehe”.
  • “Baper amat, gitu doang!”
  • “Heh, nggak ada selera humor apa? Canda kali”. 

7. Mereka Buat Kamu Merasa Bersalah Sendiri 

Ketika kamu mulai mengukapkan perasaan kamu bahwa negging dia sangat menyakiti kamu, orang tersebut pun akan membuat kamu merasa bersalah dengan menolak opini kamu, mengatakan kamu yang nggak open-minded, kamu baperan, atau kamu sendiri adalah biang masalahnya. 

8. Apapun Harus Berdasarkan Persetujuannya

Karena dia sering memberi komen negatif, maka kamu pun jadi sering minta pendapat atau persetujuan dia agar tidak dikomen negatif lagi. Misalnya, kamu harus tanya dulu ke pacar kamu tentang gaya rambut, warna lipstik, pilihan makanan, gaya baju, dan sebagainya berdasarkan yang dia sukai.

Itulah beberapa ciri negging. Intinya, seseorang yang secara terus-menerus memberi komentar negatif untuk menjatuhkan kamu dengan cara yang sangat lembut. 

Baca Juga: 34 Tanda Harus Putus Sama Pacar Kamu Sekarang!

Cara Menghadapi Pacar Negging 

Bila kamu menyadari ciri-ciri negging pada pacar kamu, kamu harus segera membicarakannya dengan baik-baik. Berikut ini beberapa tips mengatasi negging

  • Bicara padanya bila kamu merasa kurang nyaman dengan caranya mengomentari hidup kamu. Sangat bagus bila dia pun mau berubah jadi lebih baik. Kamu bisa beri dia kesempatan. 
  • Bila dia menolak dan mengabaikan perasaan kamu, menyalahkan kamu, dan semakin memanipulasi kamu, pertimbangkan untuk putus sebelum kepercayaan diri kamu semakin hancur dan dia semakin mengontrol kamu. 
  • Jangan tersesat dengan penghinaan yang mereka beri. 
  • Jangan terlibat dalam argumen tanpa akhir yang nggak berguna. 
  • Jelaskan bahwa perilaku negging dia tidak bisa kamu terima, dan itu membuat hubungan jadi kacau. 
  • Bila dia minta maaf, pastikan bahwa dia memiliki perbaikan perilaku. 
  • Pahami apakah hubungan pacaran dengan dia patut diperjuangkan atau tidak. 

Jadi, itulah pembahasan tentang apa itu negging. Bila pacar kamu negging, kamu harus hati-hati ya dan jangan sampai itu memakan pikiranmu. Semoga hubungan kamu sama doi sehat dan langgeng!

Referensi: 

Dictionary.com. Unknown Year. WHAT DOES NEGGING MEAN?. dictionary.com/e/slang/negging/.

Howard, Laken. 2017. 7 Signs Someone Is Negging You. bustle.com/p/what-is-negging-7-signs-someone-is-doing-it-to-you-72174.

Pietrangelo, Ann. 2019. How to Recognize and Respond to Negging. healthline.com/health/mental-health/negging.

W. SMITH, ERIKA. 2019. How To Recognize Negging (So You Can Avoid Men Who Do It). refinery29.com/en-us/what-is-negging.

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s