21 Ciri-Ciri Pacar Manipulatif yang Harus Kamu Waspadai

Kita sering tidak menyadari ciri-ciri pacar manipulatif hingga dia berhasil memanipulasi kita dalam hubungan. Ketahui apa saja ciri dan cara menghadapi pacar manipulatif dalam pembahasan ini. 

Apa Itu Manipulasi? 

Manipulasi adalah cara untuk menyerang, mengontrol, dan memengaruhi perasaan dan emosi seseorang agar dia (manipulator) dapat mengendalikan korbannya dan mendapat keuntungan. Dalam hubungan, perilaku manipulasi termasuk pelecehan atau kekerasan emosional dan fisik yang dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan mental korbannya. 

Umumnya, pacar manipulatif mampu membuat pacarnya berada di puncak dunia, untuk kemudian dia bisa kendalikan secara total. Pacar manipulatif akan mempermainkan perasaan dan emosi kamu, serta memanfaat kamu demi keuntungan dan kebahagiaannya semata. 

Ciri-Ciri Pacar Manipulatif 

Menangkap ciri pasangan manipulatif biasanya cukup sulit, ya karena mereka cerdik untuk menjalankan taktik manipulatif mereka. Kamu mungkin baru menyadarinya saat damage sudah cukup berat. 

Nah, kami merangkum beberapa ciri-ciri pacar manipulatif yang harus kamu waspadai. Sebagai berikut: 

1. Dia Sering Menyalahkan Kamu 

Seorang manipulator akan sering menyalahkan korbannya, bahkan bila si korban tidak melakukan kesalahan. Kamu bisa tetap disalahkan walaupun kamu sudah membuktikan bahwa kamu benar. Bahkan, kamu bisa disalahkan atas perilaku buruk dirinya atau orang lain, padahal kamu nggak tau apa-apa. 

2. Sering Bertengkar Karena Hal-Hal Kecil 

Awalnya hubungan kamu dan dia baik-baik saja, namun kemudian pacar yang manipulator mulai menjalankan taktik manipulasinya secara sistematis. 

Umumnya, pacar manipulatif akan mulai pertengkaran kecil atau pertengkaran akibat hal-hal kecil yang tidak masuk akal. Dia tau semua orang tidak suka dikonfrontasi, maka dia ingin memainkan emosi kamu, dan dia ingin kamu menyerah dan dia merasa menang. 

3. Dia Membuat Kamu Merasa Rendah

Ciri-ciri pasangan manipulatif selanjutnya adalah saat pacar kamu membuat kamu merasa rendah, kecil, atau tidak berharga. Dia akan mengungkapkan hal-hal seperti kamu nggak cukup baik, kamu kurang dalam beberapa hal, atau kamu hanya beruntung saja karena dia mau sama kamu sekarang. 

Intinya, dia ingin kamu berpikir bahwa dia yang terbaik, yang paling berharga, bahwa seluruh dunia ada digenggamannya, dan kamu tidak ada apa-apanya dibandingkan dia. 

Baca Juga: Apa Itu Toxic Relationship? Ciri, Tipe, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

4. Dia Selalu Mengubah Kata-Katanya 

Ah, pacar manipulatif suka mempermainkan pikiran dan perasaanmu, mind games. Dia akan mengubah kata-katanya atau janjinya, hari ini bila A dan besok bilang Z. 

Dia akan bikin kamu mempertanyakan ingatan kamu atas sebuah peristiwa. Misalnya dia janji bertemu kamu di hari sabtu, namun tidak datang, dan dia bilang, “aku nggak pernah bilang kalau aku akan datang di hari sabtu. kamu lupa aja kali. kamu tahu kan aku sibuk bahkan di akhir pekan”.

5. Semuanya Hanya Tentang Dirinya 

Seperti dia berpikir seluruh dunia ini berpusat padanya, dan kamu atau orang lain tidak ada di sana. Semuanya hanya tentang dirinya. 

Misalnya, kamu ingin cerita tentang hari ini ada kejadian apa, dia nggak mau dengar itu, dan malah bercerita tentang harinya karena dia pikir pengalamannya lebih seru dan hebat. 

6. Dia Pasif-Agresif

Pasif-agresif adalah perilaku di mana seseorang melakukan atau mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan perasaannya. Misalnya, pacar kamu marah namun dia bilang dia nggak marah, padahal dia memendam kemarahan itu untuk dia balas nanti.

Seorang manipulator juga biasanya memiliki sikap pasif-agresif. Dia mampu mengontrol perasaannya, namun di sisi lain dia mungkin diam-diam mengacaukan hidup kamu. 

7. Dia Sering Buat Kamu Merasa Bersalah 

Pertama, dia menyalahkan kamu dan akhirnya kamu benar-benar merasa bersalah atas sesuatu yang nggak kamu lakukan. Dia juga bisa bikin kamu merasa bersalah saat kamu menyuarakan perasaan sedih, curhat masalah kamu, atau kekhawatiran kamu. Intinya, dia selalu buat kamu merasa kamu bersalah apapun konteksnya. 

9. Dia Bully Kamu Secara Emosional 

Ciri-ciri pasangan manipulatif selanjutnya adalah saat dia sering bully kamu secara emosional. Dia akan menyerang, mengintimidasi, dan mengontrol kamu hingga kamu setuju atas apapun yang dia inginkan. 

Dia tidak membuat kesan seperti orang yang jahat, nantinya dia akan mengatakan hal-hal yang membuat dirinya terlihat baik. Dan kamu tidak menyadari bahwa dia sedang manipulasi kamu secara emosional. 

Baca Juga: 24 Ciri-Ciri Toxic Relationship yang Harus Kamu Waspadai 

10. Dia Mengendalikan Kamu 

Pacar manipulatif punya banyak cara untuk mengendalikan kamu. Dia membuat kamu takut, insecure, besalah, dan nurut sama dia. 

Misalnya, dia mengancam kamu akan menyebarkan rahasia kamu bila kamu nggak memenuhi kebutuhannya. Dia punya kartu mati kamu yang dia jadikan ancaman untuk mengontrol kamu.

11. Dia Membuat Kamu Membuktikan Cinta

Ciri pacar manipulatif sering membuat kamu membuktikan cintanya sama kamu. Dia sering menggunakan kata-kata, “kalau kamu cinta sama aku, harusnya kamu mau…” Dan dia gunakan itu dalam konteks negatif.

12. Dia Buat Kamu Menanyakan Kewarasanmu Sendiri 

Dia selalu membuat kamu merasa bersalah, sehingga kamu menanyakan kewarasanmu sendiri. Dia akan membuat kamu ragu akan dirimu sendiri. 

Pacar manipulatif kamu juga sering menyerang kamu dengan kelemahan kamu, untuk memberi kesan bahwa dialah yang paling baik dan kamu akan selalu butuh bantuannya. 

13. Dia Terlalu Tampak ‘Tenang’

Pacar manipulatif selalu menunjukan respon yang tenang, cool, dan terkontrol, ini untuk mengontrol respon emosional kamu. Misalnya, dia melakukan sesuatu yang bikin kamu marah atau sedih, maka dia tetap tenang. 

Saat kamu melihat dia tetap tenang, kamu pun akan merasa bersalah dan menganggap emosi yang kamu tunjukan itu berlebihan. Dan mungkin dia akan mengatakan, “Ya kan, kamu terlalu sensitif”.

14. Dia Sering Bohong dan Menipu Kamu 

Pacar manipulatif sering memutar-balikan fakta. Mereka adalah tipe orang yang sudah master dalam berbohong, membuat pernyataan yang membingungkan, dan mengubah realitas. 

15. Dia Buat Kamu Merasa Bersalah 

Entah sedang bertengkar atau dalam percakapan biasa, pacar manipulatif akan selalu membuat kamu merasa bersalah, merangkai situasi dramatis, menargetkan kelemahan kamu, dan tentu saja membuat kamu dalam posisi yang sulit. Dan ujung-ujungnya, kamu yang minta maaf lagi. 

Ciri pasangan manipulatif: “Kalau kamu nggak mau putus sama aku, ya kamu belikan aku hadiah itu dong”. 

Baca Juga: 34 Tanda Harus Putus Sama Pacar Kamu Sekarang!

16. Mereka Menggunakan Perasaan Kamu untuk Melawan Kamu 

Pacar kamu bikin kamu merasa sedih, dan pacar kamu yang manipulatif malah menggunakan perasaan kamu untuk menyerang kamu. Misalnya, “aku mana bisa tahan sama orang yang sedih mulu…”

17. Dia Selalu Memberi Kritik Negatif

Seorang manipulator sering memberi kritik negatif untuk menyerang kelemahan kamu. Misalnya, kamu memang insecure sama tubuh kamu, dan dia sering berkomentar seperti, “ya, kamu bisa kurus kalau kamu puasa setiap hari selama setahun”.

18. Selalu Ingin Tampil ‘Lebih’ dari Kamu 

Entah prestasi, masalah, kesuksesan, kesedihan, atau apapun itu, pacar manipulatif selalu ingin jadi lebih dari kamu. 

Misalnya, kamu sedang sedih karena kakek kamu meninggal, dan dia pun bilang, “aku nggak pernah ketemu kakek dan nenek sejak kecil dan itu baik-baik saja”. Dia ingin menunjukan bahwa masalah atau kesedihan kamu itu tidak berarti. 

19. Dia Nggak Tanggung Jawab 

Dia bikin sebuah kesalahan, otomatis dia akan menyalahkan kamu dan nggak tanggung jawab. Dia bahkan menggunakan manipulasi seperti, “ya aku melakukan itu juga kan karena aku cinta sama kamu…”

20. Playing Victim 

Dia ingin kamu melihatnya seperti kucing kecil lugu yang selalu menjadi korban dan tidak mungkin melakukan kesalahan. Atau, dia akan menceritakan betapa sedih hidupnya dan karena itu kamu harus selalu mendukungnya, dan bila dia melakukan kesalahan, itu salahmu, dan dia selalu jadi korban. 

21. Silent Treatment 

Dan apa ciri-ciri pasangan manipulatif selanjutnya? Dia akan menggunakan silent treatment. Dia tidak akan komunikasi dengan kamu, nggak mau ketemu kamu, angkat telepon kamu, atau balas chat kamu. 

Dia hanya diam, seolah bersikap tenang, mengabaikan kamu untuk mengumpulkan kekuatan itu. Dan tentu saja, ini cara dia untuk semakin manipulasi kamu. 

Itulah beberapa ciri-ciri pacar manipulatif yang harus kamu waspadai. Tidak mudah menangkap ciri-ciri tersebut dari seorang manipulator, namun semoga kamu diselamatkan dari hubungan yang toksik, dan semoga kamu menemukan pasangan yang tepat. 

Referensi: 

Brock, Robin. 2021. Am I Being Manipulated In My Relationship? 17 Signs To Recognize And What To Do About It. regain.us/advice/domestic-violence/am-i-being-manipulated-in-my-relationship-17-signs-to-recognize-and-what-to-do-about-it/.

Hurst, Katherine. 2020. 5 Signs Of A Manipulative Person Or Manipulative Relationship. thelawofattraction.com/signs-manipulative-person/. 

J. Legg, Timothy, Ph.D., CRNP. 2018. How to Recognize the Signs of Emotional Manipulation and What to Do. healthline.com/health/mental-health/emotional-manipulation.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s