25 Ciri-Ciri Pacar Posesif yang Harus Kamu Waspadai

Salah satu ciri-ciri pacar posesif adalah ketika pacar kamu mengatur dan mengekang kamu dalam hubungan. Kamu nggak boleh ngobrol sama teman lawan jenis, kalau kemana-mana harus laporan, dan nggak boleh ini-itu. Cari tahu apa saja ciri-ciri dan cara mengatasi pacar posesif dalam pembahasan ini. 

Apa Itu Posesif?

Berdasarkan kamus Oxford Languages, possessive is demanding someone’s total attention and love. Artinya, posesif adalah perilaku seseorang yang menuntut perhatian dan cinta sepenuhnya dari orang lain. 

Dalam hubungan, perilaku pacar posesif awalnya bisa terlihat manis dan cute, seperti saat pacar kamu terus-menerus menelepon kamu untuk memastikan kamu baik-baik saja. Namun, perilaku posesif yang berlebihan dari pasangan bisa menguras kewarasan kamu dan ini termasuk bentuk dari toxic relationship.

Baca Juga: Apa Itu Toxic Relationship? Ciri, Tipe, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

Ciri-Ciri Pacar Posesif

Ada perbedaan yang sangat tipis sekali antara pacar yang melindungi kamu dan pacar posesif. Bila kamu merasa pacar kamu menjurus menjadi posesif ke kamu, di mana dia mulai mengontrol hidupmu sesuai dengan keinginan kamu, sepertinya kamu harus membaca artikel ini dengan teliti. 

Berikut ini ciri-ciri pasangan posesif yang harus kamu waspadai: 

1. Dia Nggak Suka Kamu Memuji Orang Lain 

Ciri-ciri pasangan posesif yang pertama adalah dia nggak suka kalau kamu memuji orang lain (lawan jenis), karena dia mau cuma dia yang paling hebat di mata kamu. Itu tanda kalau dia cemburu, iri, dan punya respon yang buruk.

2. Dia Suka Ngecek Hp Kamu 

Pacar posesif dan over protektif biasanya sering mengecek handphone pacarnya. Dia akan cek kamu telepon atau chat sama siapa saja. 

Bila dia tahu kamu sering komunikasi sama lawan jenis, walaupun itu teman kampus, teman kerja, atau obrolannya pun nggak berbau romantis, dia tetap akan cemburu. Lebih buruk lagi bila dia minta kamu untuk hapus nomor atau block mereka. 

3. Dia Mengatur Apa yang Boleh Kamu Pakai 

Contoh pacar posesif yang paling obvious adalah saat dia mulai mengatur apa yang boleh dan nggak boleh kamu pakai. Misalnya, dia nggak suka kamu pakai baju cantik karena takut kamu dilirik sama yang lain juga karena tampil terlalu cantik. 

Dia mungkin nggak suka kamu pakai lipstik terlalu merah, baju terlalu ketat, atau gaya pakaian tertentu. Awalnya, perilaku ini memberi kesan bahwa pacar kamu baik, namun ini bisa menjadi caranya mengontrol hidup kamu. 

4. Dia Nggak Suka Kamu Berinteraksi sama Lawan Jenis

Ngobrol sama lawan jenis di telepon, melalui chat, apalagi secara langsung? Hangout sama teman-teman geng kamu? Pasangan posesif akan melarang itu. Walaupun dia tahu itu teman lama kamu atau rekan kerja kamu, dia akan selalu punya perasaan cemburu yang nggak masuk akal.

5. Dia Juga Ikut Campur sama Keputusan Hidup Kamu 

Fungsi punya pacar untuk bertukar pikiran, meminta opini, dan saling berbagi, yes. Tapi kalau pacar kamu posesif, dia ingin mengambil semua keputusan di hidup kamu. 

Contoh pacar posesif, ketika kamu lagi bingung mau kuliah di Bandung atau Jakarta, dia akan minta kamu untuk kuliah di Jakarta saja karena dia juga di Jakarta. Dia nggak mau mempertimbangkan bila mungkin kuliah di Bandung memiliki banyak keuntungan dan kualitas lebih baik buat masa depan kamu. 

6. Dia Bikin Kamu Jauh dari Teman dan Keluarga 

Menghadapi pasangan posesif bisa sangat sulit, karena dia juga membuat kamu jauh dari keluarga, sahabat, teman, dan komunitas kamu. Dia akan memaksa kamu untuk nggak punya hubungan sosial lain, seperti 24/7 harus sama dia dan tentang dia. 

Dia nggak mengizinkan kamu jalan-jalan sama teman atau hadir di pertemuan komunitas kamu. Bahkan mungkin, dia minta kamu membatalkan janji kumpul keluarga karena dia minta kamu bersamanya. 

Baca Juga: 24 Ciri-Ciri Toxic Relationship yang Harus Kamu Waspadai 

7. Dia Sering Stalking Kamu 

Ciri-ciri pacar posesif yang obvious adalah ketika pacar kamu sering stalking kamu di sosmed, bahkan ketika kamu 24/7 sama dia. Dia mungkin nggak izinkan kamu posting foto atau video tertentu, dia akan tanya akun-akun lain yang komen di foto kamu, dan dia akan cemburu bila kamu like/comment foto lawan jenis yang hot

Lebih buruk lagi, bila dia minta bertukar password media sosial kamu hanya karena dia nggak percaya dan selalu penasaran sama apa yang kamu lakukan di sosmed. 

8. Dia Ingin Ikut Kemana Kamu Pergi 

Kalau kamu ingin pergi sama teman-teman kamu, dia pasti minta ikut. Bukan untuk ikut kenalan dan have fun sama teman-teman kamu, tapi dia sedang investigasi siapa saja orang-orang yang dekat dengan kamu dan punya peluang untuk ambil kamu dari dia. (Kalau dia nggak ikut, kamu nggak boleh pergi).

9. Pacar Posesif Sangat Manipulatif

Pasangan posesif adalah orang paling manipulatif yang pernah kamu kenal di hidup kamu. Dia akan bikin kamu merasa bersalah, memeras kamu, dan menipu kamu secara tidak sadar. Dia akan menggunakan berbagai cara untuk memanipulasi kamu dan menguntungkan dirinya sendiri.

10. Dia Punya Reaksi yang Buruk dan Selalu Marah

Semua hal yang kamu lakukan yang tidak sesuai dengan keinginan dia, dia akan marah dan menunjukan reaksi buruk. Misalnya, kamu telat hubungin dia, maka dia akan langsung marah dan menuduh kamu yang nggak-nggak. 

11. Kamu Harus Selalu Bilang “Ya” Atas Kemauan Dia

Apapun yang dia mau, kamu harus menurutinya. Dia akan bikin kamu dalam posisi nggak bisa nolak. Entah dia memanipulasi kamu, bohong sama kamu, atau bikin kamu merasa bersalah karena nggak memenuhi kebutuhannya. 

12. Dia Mengontrol Kamu Sepenuhnya 

Dia ingin punya kontrol sepenuhnya atas hidup kamu. Apapun yang kamu lakukan atau kamu inginkan, itu harus atas persetujuan dia. Dia hanya ingin kamu melakukan apa yang menguntung dia. Dia nggak peduli kalau kamu merasa sakit atas kontrol darinya. 

13. Pasangan Posesif Sangat Needy dan Clingy 

Yaaa, pacar needy and clingy alias bucin setengah mati. Dia bergantung sama kamu tapi nggak memperlakukanmu dengan baik. Dia ingin kamu bersamanya sepanjang hari, apapun itu, kamu menjadi pusat dunia dia namun dalam konteks yang menyebalkan. 

Baca Juga: 34 Tanda Harus Putus Sama Pacar Kamu Sekarang!

14. Dia Nggak Peduli Kalau Kamu Punya Privasi

Uh, tidak ada privasi dan batasan antara kamu dan pacar dalam hubungan. Dia mengasosiasikan hubungan dengan kamu seperti kamu sepenuhnya miliknya. 

Seperti dia ingin tahu semua rahasia kamu, hidup kamu, rencana kamu, dan apapun itu bukan karena dia peduli, tapi karena dia sedang mencari taktik untuk bisa menguasai kamu sepenuhnya. 

15. Pacar Posesif Sering Cemburu Buta

Cemburu bisa jadi tanda sayang, namun ciri-ciri pacar posesif adalah dia cemburu buta setiap melihat kamu sedang bersama lawan jenis. Padahal, dia tahu bahwa itu teman kamu, bos kamu, rekan kerja, dan orang-orang yang nggak terlibat hubungan emosional sama kamu. 

16. Kalau Kamu Pergi Tanpa Dia, Dia Akan Hubungi Kamu Setiap Menit 

Dan walaupun dia mengizinkan kamu jalan-jalan sama teman kamu, dia akan telepon atau chat kamu setiap menit. Dia akan sangat gelisah tanpa alasan. Padahal, kamu cuma lagi nongkrong dengan teman-teman yang sudah lama nggak kamu temui. Tapi pacar posesif kamu itu akan meneror kamu sepanjang hari. 

17. Pasangan Posesif Selalu Bilang, “Ini karena aku cinta kamu…”

Saat kamu akhirnya mengungkapkan pendapat kamu kalau kamu capek dikontrol sama dia, kamu bilang dia cemburu buta, atau kamu bilang kamu ingin bebas, dia akan bilang kalau semua itu dia lakukan karena dia cinta sama kamu. Ya, dia mungkin cinta sama kamu dalam konteks dan cara yang kurang tepat. 

18. Pacar Posesif Nggak Punya Teman atau Hubungan Sosial Lain Selain Kamu  

Ciri-ciri pacar posesif selanjutnya adalah pacar kamu nggak punya teman lain, nggak punya hubungan sosial, dan nggak punya kehidupan lain selain sama kamu. Dia nggak punya hobi, nggak ada urusan lain, selain ngurusin hidup kamu. Dia juga sepertinya punya masalah sama semua orang. 

19. Dia Selalu Menuduh Kamu 

Kamu nggak tahu cara menghadapi pasangan posesif. Dia selalu menuduh kamu apapun, menuduh kamu selingkuh atau kamu bohong, dan sebagainya.  

20. Pasangan Posesif Akan Panik Kalau Kamu Lama Menghubunginya 

Saat kamu nggak angkat telponnya atau nggak balas pesannya dengan cepat, telat beberapa menit saja, dia sudah gelisah. Dia panik, dia marah, dan dia berperilaku nggak jelas. Padahal, kamu mungkin sedang sibuk ngerjain hal lain yang lebih penting.

21. Kamu Nggak Punya Waktu “Me Time

Tidak ada waktu untuk diri kamu sendiri. Kamu nggak bisa nyantai atau pergi sendiri. Semua hal harus laporan sama dia dan harus sama dia. Kamu sepertinya pun cepat stres karena perilakunya ini. 

22. Dia Banyak Nanya

Dan ciri-ciri pacar posesif adalah dia itu banyak nanya, ya tuhan, padahal kamu nggak ngapa-ngapain. 

Dia akan nanya, “kamu dimana, sama siapa, semalam berbuat apa?” Dan dia nanya itu berkali-kali hingga bikin kamu pusing. “Kamu jalan sama si A? Kamu udah makan? Itu kok ada suara cowok? Kamu kok lama ngabarin aku?”

23. Dia Mungkin Suka Lacak Lokasi Kamu 

Dan ciri-ciri pasangan posesif yang paling menyebalkan adalah saat dia juga suka melacak lokasi kamu untuk memastikan kamu lagi di mana. Mungkin dia stalking dari sosmed kamu, GPS HP kamu, atau nanya semua orang kamu lagi dimana. 

Baca Juga: 21 Ciri-Ciri Pacar Manipulatif yang Harus Kamu Waspadai

24. Dia Menyakiti Kamu 

Dan awalnya kamu nggak sadar kalau apa yang dia lakukan itu salah dan pelan-pelan menyakiti kamu. Kamu mencoba memaklumi itu atas nama cinta, namun akhirnya kamu kehilangan diri kamu sendiri. 

25. Dia Suka Mengancam 

Pacar posesif suka mengancam kamu atau bahkan mengancam dirinya sendiri kalau kamu nggak menuruti apa maunya. Misalnya, kamu minta putus tapi dia nggak mau. Lalu, dia mengancam ingin bunuh diri, loncat dari jembatan, atau menabrakan diri ke jalur kereta api. Duh

Itulah beberapa ciri-ciri pacar posesif yang harus kamu waspadai. Apakah kamu menemukan tanda-tanda itu di pacar kamu? Bila iya, kamu harus cepat-cepat memperbaiki hubungan itu sebelum dia menyakiti kamu lebih dalam. 

Referensi: 

Barrett, Brit. 2019. 20 Early Warning Signs Of A Possessive And Controlling Boyfriend. pandagossips.com/posts/2483.

Luna, Aletheia. 2021. 12 Signs You Have a Possessive Boyfriend, Girlfriend or Partner (and What to Do). lonerwolf.com/possessive-boyfriend-girlfriend-partner/.

Suresh Kumar, Shreya. 2016. 10 signs of a jealous and possessive boyfriend!. india.com/lifestyle/10-signs-of-a-jealous-and-possessive-boyfriend-1669087/.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s