19 Alasan Kenapa Dia Hilang Tiba-Tiba Seperti Hantu (Ghosting)

Ada sebuah misteri tentang kenapa dia hilang, dan sepertinya tidak ada yang bisa memecahkan ini. Untuk kalian semua korban ghosting, mari merapat untuk memecahkan misteri yang sangat menyedihkan ini. 

Kenapa Dia Hilang Tiba-Tiba? 

Kamu punya pacar atau gebetan yang semuanya baik-baik saja, kalian menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama. Namun, kekasih tiba-tiba menghilang, sehari, dua hari, satu minggu, satu bulan, dan selamanya. 

Jangan sedih. Berikut ini beberapa kemungkinan kenapa si dia tiba-tiba menghilang: 

1. Dia Berubah Pikiran 

Kita pikir bahwa dia sudah dekat sama kita, berarti dia cinta sama kita. Dia memang mungkin pernah cinta sama kamu, namun tidak lagi sekarang. 

Dia berubah pikiran, entah apapun itu, dan dia bisa tiba-tiba hilang karena itu satu-satunya cara yang dia tahu untuk bisa pergi dari kamu dengan cepat dan mudah. 

2. Dia Belum Move On dari Masa Lalu 

Kamu dan dia sudah jalan bersama beberapa waktu, kemudian dia hilang begitu saja. Ini bisa jadi karena dia belum bisa move on dari mantannya. 

Di awal sama kamu, dia sangat antusias karena belum ada beban dalam hubungan dan semuanya masih berbunga-bunga. Atau, bisa saja dia menggunakan kamu sebagai pelarian. Saat dia mulai bosan sama kamu, dia akan balik pada kesedihannya yang belum move on dari mantannya. 

3. Dia Nggak Suka Kamu seperti Kamu Suka Dia 

Oke, dia mungkin suka sama kamu tapi dia nggak sesuka itu sama kamu. Rasa suka kamu ke dia lebih besar, sehingga sangat mudah bagi dia untuk bisa mempermainkan kamu. 

Plus, dia nggak punya tantangan lagi dalam kondisi ini karena kamu udah jatuh cinta berlebihan sama dia. Kemungkinan yang paling besar adalah dia nggak tertarik lagi sama kamu dan kemudian hilang seperti tidak ada apa-apa di antara kalian. 

4. Dia Lagi Gebet Orang Lain 

Kenapa dia hilang tiba-tiba? Mungkin dia sedang gebet yang lain, atau mungkin sudah punya yang baru. Ini adalah skenario paling buruk tapi kemungkinannya tetap besar. 

5. Dia Menyadari Ini Terlalu Cepat dan Dia Belum Siap 

Baiklah, dia gebet kamu sebagai tanda kalau dia tertarik sama kamu. Tapi saat kamu sudah mulai jatuh kepelukannya, dia baru menyadari bahwa ternyata hubungan ini terlalu cepat dan dia belum siap untuk pacaran lagi atau komitmen. 

Dia mungkin berpikir hanya main-main ngegebet kamu, dan dia kaget karena kamu baper banget ke dia, dan dia bisa ghosting kamu karena dia belum siap. 

Baca Juga: Apa Itu Ghosting dalam Hubungan? Ciri, Cara Move On, dll

6. Dia Butuh Waktu 

Alasan klasik kenapa si dia tiba-tiba menghilang adalah karena dia butuh waktu. Entah butuh waktu untuk apa, mungkin untuk menyeleksi semua barisan gebetan yang dia punya. 

Atau mari kita berpikiran positif, bahwa dia mungkin butuh waktu untuk menyembuhkan dirinya sendiri sebelum memulai hubungan baru. Atau, dia butuh waktu untuk mengurus hal-hal lain. 

7. Dia Memiliki Prioritas Lain 

Ada banyak hal dalam hidup yang kadang tidak bisa kita ceritakan. Saat pacar tidak menghubungi selama seminggu, mungkin dia sedang mengerjakan urusan lain atau prioritas lebih penting dari kamu. 

Misalnya, dia mungkin ada urusan keluarga mendadak yang nggak bisa dia ceritakan ke kamu, ada urusan kerjaan, ada masalah kesehatan mental, dan hal-hal lain di mana dia ingin menghilang sebentar dari apapun dan siapapun. 

8. Dia Sedang Sok Jual Mahal 

Kenapa kekasih tiba-tiba menghilang? Ada banyak kemungkinan, seperti dia mungkin lagi sok jual mahal. Saat dia hilang, kamu akan cari dia. Dia sedang cari perhatian sama kamu. 

9. Dia Mencegah Keterikatan Emosional Terlalu Dalam sama Kamu 

Alasan kenapa dia hilang mungkin ada kaitannya dengan masalah kesehatan mental yang dia miliki. Mungkin, pacar atau gebetan kamu memiliki masa lalu yang keras (entah masalah keluarga atau hubungan di masa lalu) yang kemudian memengaruhi dia secara emosional di masa dewasa, yang membuat dia selalu menjaga jarak dari orang-orang yang ingin mencintainya. 

Mungkin, dia merasa takut akan kecewa bila nanti kalian sudah terlalu dekat. Mungkin, dia memang nggak siap untuk memiliki ikatan emosional dengan orang lain siapapun. 

Baca Juga: Apa Itu Caspering dalam Hubungan Percintaan?

10. Dia Merasa Kamu Terlalu Needy 

Kamu terlalu needy, membuat pasangan kamu jadi lelah. Needy adalah istilah semacam ketergantungan sama orang lain, manja, atau bucin gitu dalam konteks negatif. 

11. Dia Tidak Merasa Ada chemistry

Pasangan kamu mungkin menilai tidak ada ikatan emosional atau chemistry antara kalian. Dia mungkin menyerah terlalu cepat sebelum menangkap chemistry tersebut. 

12. Dia Nggak Mau Komitmen sama Kamu 

Awal-awal masa pendekatan, biasanya kita terlalu berbunga-bunga. Beberapa waktu kemudian, kita mulai mengenal karakter pasangan, dan di situlah hubungan sedang diuji. 

Mungkin si gebetan kamu itu, atau bahkan pacar, kemudian belum siap dengan komitmen sama kamu. Akhirnya, pacar tidak menghubungi selama seminggu alias ghosting kamu karena dia belum siap dengan komitmen. 

13. Dia Tidak Mau Patah Hati 

Alasan kenapa si dia tiba-tiba menghilang adalah karena dia tidak mau patah hati. Mungkin, dia takut membiarkan orang lain dekat sama dia karena ujung-ujungnya dia akan patah hati. 

I’m never gonna let you close to me

Even though you mean the most to me

‘Cause every time I open up, it hurts

So I’m never gonna get too close to you

Even when I mean the most to you

In case you go and leave me in the dirt

Sam Smith – Too Good At Goodbyes

14. Dia Tidak Mau Menyakiti Kamu 

Atau dia tidak mau menyakiti kamu lebih dalam lagi. 

Dia berpikir kalau bilang langsung, “kita putus” atau “kita sampai di sini saja. terima kasih ya bla bla bla bla” itu akan menyakiti kamu. Dia pikir kalau dia menghilang begitu saja nggak akan menyakiti kamu, padahal itu lebih sakit. 

15. Dia Sudah Mendapatkan Apa yang Dia Mau dari Kamu

Kenapa si dia tiba-tiba menghilang? Mungkin karena dia sudah dapat semua yang dia inginkan dari kamu, dan sekarang dia merasa sudah tidak ada urusan lagi dengan kamu. 

Entah dia mungkin memanfaatkan keluguan kamu, kecantikan kamu, uang kamu, posisi kamu, atau apapun itu. Dia akan pergi saat dia sudah ambil hal-hal terbaik dari kamu. Ya, ini memang sangat menyakitkan. 

16. Dia Tidak Dewasa secara Emosional 

Kekasih tiba-tiba menghilang dan kamu bingung setengah mati. Kamu bertanya pada dirimu sendiri kenapa dan apa salah kamu. 

Umm, mungkin dia memang tidak cerdas secara emosional. Dia terbiasa untuk pergi tanpa menyelesaikan masalah. Dia tidak tahu bagaimana cara tanggung jawab, cara minta maaf, atau cara menghargai orang lain. Jadi, dia pergi begitu saja. 

Baca Juga: 15 Alasan Kenapa Pacar Jarang Menghubungi Kita dan Cara Menghadapinya

17. Dia Mungkin Fuccek Boi 

Kenapa lelaki tiba-tiba hilang? Sederhana saja, jawabannya mungkin karena dia memang fuccek boik. Oke, sangat tidak adil untuk menghakimi seseorang seperti itu. Tapi, coba buka mata kamu dan silakan analisis sendiri apakah dia orang yang baik atau bukan. 

18. Toxic Relationship 

Kalian mungkin berada dalam hubungan toksik. Kalian tidak bisa bicara baik-baik tentang apapun. Kalian lelah, dan pasangan kamu ghosting kamu demi menyelamatkan kesehatan mental masing-masing. 

Baca Juga: Apa Itu Toxic Relationship? Ciri, Tipe, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

19. Dia Takut 

Oke, apapun alasan kenapa dia hilang, intinya dia takut dan insecure. Entah takut pada dirinya sendiri, takut pada kamu, atau takut pada situasinya. 

Padahal, dia harusnya bicara tentang apa masalahnya. Tapi ternyata, dia lebih suka lari dan menghilang. 

Itulah beberapa kemungkinan dan alasan kenapa dia hilang tiba-tiba. Bila dia ghosting, mungkin tuhan sedang menyelamatkanmu dari orang yang memang nggak tepat buat kamu. 

Referensi: 

Ann Garnett, Kelly. 2021. 7 Reasons Why Men Ghost Women (& What To Do When It Happens To You). yourtango.com/experts/kelly-garnett/ghosting-7-top-reasons-men-ghost-women. 

JONES, ALEXIS. 2020. Why Do People Ghost In A Relationship? Here’s What Experts Say. womenshealthmag.com/relationships/a19902693/why-men-ghost/#:~:text. 

My own diary. The sad chapter. Thank you. 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s