13 Bahaya Stalking Mantan (Jangan Stalking Mantan!)

Apa bahaya stalking mantan di sosial media? Kamu yang baru putus dengan mantan dan mengerahkan semua fake account untuk stalking, kamu harus baca pembahasan ini benar-benar untuk menyelamatkan kehidupan percintaan kamu di masa depan. 

Apa Itu Stalking?

Stalking adalah istilah untuk kegiatan menguntit di internet untuk mengetahui secara diam-diam apa yang orang itu kerjakan atau unggah di media sosial. Dan stalker adalah sebutan untuk orang yang suka menguntit itu. 

Istilah stalking sekarang banyak dipakai oleh anak muda yang menggunakan media sosial. Misalnya, saat kamu punya gebetan dan ingin tau apa yang dia unggah di sosial media atau jejak digital mereka, kamu pun membuat akun palsu untuk melihat akun sosmed dia agar tidak ketahuan. 

Dan kita bisa stalking siapa saja, termasuk teman, rekan kerja, mantan, dan siapapun. Nah, kegiatan stalking mantan ini yang menjadi perhatian dan sungguh berbahaya. Baca terus untuk mengetahui apa saja bahaya stalking di Instagram dan platform media sosial lainnya. 

Bahaya Stalking Mantan 

Siapa yang nggak bisa tidur karena suka membuka profil mantan di seluruh media sosialnya? Walaupun kegiatan ini terkesan biasa dan tidak berisiko, namun sebenarnya terus-menerus menguntit mantan atau siapapun di internet sangat berbahaya bagi dirimu sendiri. 

Ketahui apa saja risiko dan bahaya stalking mantan, berikut ini: 

1. Susah Move On 

Sudah pasti kamu akan lebih susah move on saat kamu membuka lagi profil mantan kamu setiap malam. Kamu akan mengenang dia lagi, akan menangis lagi, dan akan semakin ‘terikat’ dengan dia yang sudah pergi. 

Lebih buruk lagi bila di sosmed mantan udah mulai posting foto-foto pacar barunya setelah putus sama kamu baru 2 bulan lalu. Oh, ini akan membuat kamu semakin sulit move on. 

Baca Juga: 23 Cara Mengatasi Patah Hati Menurut Psikolog

2. Kamu Nggak Akan Bahagia 

Apa bahaya stalking mantan? Ini nggak akan bikin kamu bahagia. Kamu menjerumuskan dirimu sendiri untuk terkurung di masa lalu sama mantan, dengan terus melihat atau mengenang dia, kamu bisa jadi sedih terus. 

Kamu bahkan mungkin jadi lupa bahwa dirimu berharga dan kamu berhak untuk mulai cerita baru dengan orang baru yang lebih baik. Bila kamu terus stalking mantan secara online, kamu menutup semua kesempatan kebahagiaan itu. 

3. Overthinking 

Dan kamu yang dari lahir udah sering overthinking bakal semakin overthinking bila kamu terus-menerus ngecek profil Instagram mantan setelah kalian putus. 

Kamu akan mikirin tentang dia, seperti dia lagi sama siapa, dia kemana, dia kangen kamu atau nggak, cewek baju merah di foto itu siapa, bla-bla-bla… Kamu cuma akan menyulitkan hidupmu sendiri. 

4. Kamu Akan Patah Hati Berulang Kali 

Bahaya stalking mantan adalah kamu akan merasa patah hati berulang kali. Kamu akan merasa patah hati lagi dan lagi seperti saat kalian baru putus. Namun, kali ini kamu lah yang mematahkan hatimu sendiri karena masih ngeyel suka ngecek InstaStory mantan dan sebagainya. 

Bila kamu merasa sedih dan patah setiap kali kamu tahu kabar dari mantan, maka berhentilah. Jangan stalking lagi, bahkan jangan biarkan orang lain memberi tahu kamu apapun tentang si mantan. 

Baca Juga: 10 Manfaat Olahraga untuk Stress Akibat Patah Hati 

5. Kamu Akan Cemburu 

Apa yang orang-orang unggah di media sosial seringkali membuat kita cemburu, karena mereka sepertinya memiliki hidup yang sangat sempurna dan bahagia. Terutama bila kamu melihat profil mantan kamu yang sekarang punya pacar baru, sering jalan-jalan, terlihat mesra dan sebagainya, pasti membuat kamu cemburu tanpa alasan. 

6. Menyakiti Diri Sendiri 

Kamu hanya menyakiti diri sendiri dengan terus mengenang mantan yang sudah pergi. Oke, kamu masih cinta sama dia dan kalian pernah memiliki cerita cinta paling hebat, tapi itu sudah selesai. Dan kamu juga harus sudah mengakhiri cerita itu. 

7. Nggak Baik untuk Kesehatan Mental Kamu 

Entah apapun alasan kalian putus, namun kamu pasti merasakan sedih, marah, stres, frustasi, dan mungkin depresi saat putus. Stop sampai di situ. Jangan menambahkan masalah mental kamu dengan tetap mengecek profil mantan di medsos atau iseng masuk suka chat doi. 

Fokus pada dirimu sendiri. Sembuhkan dirimu. Biarkan yang pergi, pergi. 

8. You Just Kinda Look Crazy 

You Just Kinda Look Crazy” artinya “Kamu Hanya Agak Terlihat Gila”. Kamu terlihat seperti orang terobsesi sama mantan, hingga kamu tetap ingin peduli padanya saat dia sudah meninggalkan dan menghancurkan hidupmu. 

9. Mantan Kamu Semakin Benci Kamu 

Kalian putus karena sebuah alasan atau banyak alasan besar. Bila kamu masih ‘gentayangan’ di hidupnya saat dia tidak menginginkan kamu lagi, itu hanya bikin mantan merasa terganggu. Dan sekarang, dia mungkin bersyukur dia sudah putus sama kamu yang terlihat needy, clingy, dan depresi.  

10. Image Kamu Jadi Semakin Buruk 

Lagi, bila kamu terus mengecek semua medsos mantan, itu nggak akan bikin kamu terlihat spesial di matanya. Bahkan sahabatmu pasti akan jadi sebel sama kamu karena kamu terus-menerus galau seperti itu. 

Baca Juga: Break Up During Quarantine, What to Do? — A Tragic Personal Experience

11. Bila Ketahuan, Hancur Sudah 

Dan bila kamu ketahuan sama mantan sering stalking dia, hancur sudah reputasimu. Mantan kamu akan semakin merasa tinggi dan bangga pada dirinya sendiri, sementara kamu akan merasa seperti jatuh dari jurang namun tidak mati, tapi malu. 

12. Buang-Buang Waktu 

Bahaya stalking mantan adalah kamu jadi buang-buang waktu kamu yang berharga. Padahal, kamu bisa menggunakan waktu dan energi itu untuk mencintai dirimu sendiri. 

13. 100% Gagal Move On 

Selamat Anda Gagal Move On Lagi! (Kamu nggak mau kan ada orang yang ngasih kamu selamat kaya gini?)

Dan kamu 1000% gagal move on. Kamu harus dari ulang lagi memproses semuanya. Move on adalah pekerjaan keras, namun bisa hancur begitu saja saat kamu melihat wajahnya lagi. Jadi, kamu harus sungguh-sungguh untuk move on dan 100% melupakan dia. 

Baca Juga: 31 Ways to Move On from A Breakup (Do These Things!)

Cara Berhenti Stalking Mantan 

Kamu sudah tahu apa bahaya stalking mantan, so sekarang cari tahu cara berhenti stalking berikut ini: 

1. Stop Stalking: Seberapa penasarannya kamu untuk cek profil dia, jangan. Ingat, jangan lakukan kebodohan itu! 

2. Stop Pakai Medsos: Salah satu cara sukses move on adalah untuk nggak pakai media sosial dulu sementara. Coba uninstall dulu selama beberapa bulan hingga kamu sembuh. 

3. Fokus dengan Diri Sendiri: Coba atur lagi jadwal dan prioritas kamu. Dari pada mikirin mantan, mending pikirin hal lain yang positif untuk perkembangan hidup kamu. 

4. Berdamai: Berdamai sama diri sendiri. Maafkan dirimu sendiri. Kamu bisa meditasi, yoga, olahraga, atau apapun untuk membantu kamu untuk terhubung sama jiwa dan diri kamu lagi. 

5. Cintai Diri Kamu: Sebelum jatuh cinta sama orang lain, cintai diri sendiri. Kamu bisa jadi orang yang lebih bijaksana dan tulus saat mencintai orang lain kemudian. 

Nah, itulah pembahasan tentang bahaya stalking di instagram. Stalking artinya menguntit orang lain dan itu bukan terdengar seperti hal yang baik. Dan ingat, jangan stalking mantan karena mereka nggak worthy

Referensi: 

My own personal experiences. Thank you! 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s