15 Alasan Kenapa Pacar Jarang Menghubungi Kita dan Cara Menghadapinya

Kenapa pacar jarang menghubungi kita lebih dulu? Um, mungkin karena pacar kamu lagi sibuk, lagi capek, atau mungkin nggak sesuka itu sama kamu. Cari tahu alasan masuk akal kenapa pacar jarang menghubungi kita dalam pembahasan ini. 

Kenapa Pacar Jarang Menghubungi Kita? 

Kamu lagi bertanya-tanya kenapa pacar jarang menghubungi kamu? Berikut ini beberapa alasan atau kemungkinan paling masuk akal kenapa pacar kamu jarang menghubungi kamu lagi:

1. Bukan Tipe Orang yang Suka Komunikasi via Online

Ya, dia mungkin memang bukan tipe orang yang suka ngobrol secara online melalui telepon atau chat. Dia mungkin lebih senang untuk mengobrol secara langsung di mana dia bisa melihat ekspresi kamu dan merasa lebih dekat. 

Nah, ketahui pacar kamu itu tipe seperti apa. Bila dia memang bukan tipe yang suka pegang handphone, kecuali urusan pekerjaan atau sesuatu yang urgent, ya kamu mengerti saja bila dia jarang hubungin kamu. 

2. Lagi Sibuk 

Kenapa pacar jarang menghubungi kita? Umm, mungkin pacar kamu lagi sibuk banget akhir-akhir ini. Mungkin sedang ada banyak pekerjaan, urusin tugas kuliah, atau menyelesaikan tanggung jawab berat lainya. 

Kamu bisa tanyakan ini baik-baik dan coba mengerti kesibukannya. Dia jarang hubungin kamu bukan karena cuek, namun karena sedang sibuk saja. 

3. Insecure 

Dia tahu kamu ingin mengobrol lebih dalam dan sering sama kamu, namun entah mengapa dia merasa insecure. Dia mungkin sedang tidak merasa baik, lagi merasa minder, atau merasa kamu terlalu hebat untuknya, jadi dia mengurangi porsi komunikasi sementara waktu. 

4. Sok Jual Mahal 

Ah, play hard to get alias sok jual mahal. Kamu tahu, ada beberapa orang yang sok jual mahal untuk mendapat perhatian tertentu. 

Dia sengaja menjauh dari kamu biar kamu semakin kejar dia. Ini adalah cara paling klasik untuk mendekati seseorang, eh. 

Baca Juga: 14 Cara Menghadapi Pacar Cuek dan Dingin 

5. Menunggu Kamu yang Kasih Kabar Duluan 

Sederhana saja, dia mungkin maunya kamu yang kasih kabar duluan. Atau, kamu memang sudah terbiasa untuk berkabar dan bertanya lebih dulu, jadi dia merasa oke aja untuk nggak kabarin kamu duluan. 

6. Merasa Tidak Mau Ganggu Kamu 

Ada momen di mana pacar kamu mungkin merasa kalau dia akan ganggu kamu bila terus bertanya kabar. Dia mungkin mengira kamu sedang sibuk atau semacamnya. 

Atau, dia menunggu waktu santai untuk telepon. Misalnya, di malam hari atau saat dia yakin kalian berdua sudah bisa santai dari apapun itu. 

7. Obrolan Kalian Membosankan 

Kalian mungkin sudah pacaran namun semakin lama dia merasa obrolan kamu membosankan. Mungkin, tidak ada lagi hal yang kamu tanyakan selain, “kamu di mana? Udah makan belum?”

Obrolan semacam itu sangat membosankan dan nggak akan bikin kamu lebih dekat dan lekat sama dia. Akhirnya, dia pun mulai malas balas pesan kamu dan bingung juga mau berkabar seperti apa. 

8. Dia Nggak Sesuka Itu sama Kamu 

Pacar tidak saling memberi kabar berhari-hari karena mungkin dia memang nggak sesuka itu sama kamu. Dia nggak sesayang itu sama kamu seperti yang kamu bayangkan. 

Pacar kamu baik-baik saja tanpa mendengar kabar darimu selama berhari-hari. Bisa jadi, ini sinyal dari dia bahwa dia udah nggak mau ada di hubungan ini lagi. 

9. Menjaga Jarak sama Kamu secara Emosional 

Jika dia tidak menghubungimu dalam waktu berhari-hari, mungkin dia sedang menjaga jarak sama kamu secara emosional. Dia nggak mau terlibat dalam hubungan terlalu jauh dan dalam sama kamu. 

Ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mungkin dia insecure, dia bingung sama perasaannya sendiri, dia takut melakukan kesalahan, dia nggak siap dengan hubungan pacaran, dia takut patah hati lagi, dia takut kamu nggak suka sama dia, dan sebagainya. 

Baca Juga: 34 Tanda Harus Putus Sama Pacar Kamu Sekarang!

10. Ada Masalah di Masa Lalu yang Belum Selesai 

Dan setelah beberapa waktu pacaran sama kamu, mungkin dia menyadari bahwa ternyata dia belum sembuh dari hubungannya di masa lalu. Ini bisa membuat dia sulit untuk terbuka sama kamu. Akhirnya, dia akan protektif pada perasaannya dan mencegah orang lain masuk terlalu dalam pada hubungan emosionalnya. Dan kamu sering tidak mendengar kabar darinya. 

11. Dia Punya Gebetan Lain 

Kenapa pacar tidak saling memberi kabar berhari-hari? Skenario terburuk adalah dia ternyata punya gebetan lain, jadi dia selalu punya alasan untuk nggak komunikasi sama kamu. Mungkin dia sedang berinvestasi cinta dengan orang lain yang dia pikir potensial lebih dari kamu. 

13. Lagi Ngetes Kamu 

Ada juga pacar yang suka ngetes kamu, entahlah, dia mungkin nggak kasih kamu kabar 3 hari untuk tau gimana reaksi kamu. Dia mungkin ingin mengukur seberapa peduli kamu sama dia. 

14. Dia Belum Mau Komitmen 

Kenapa pacar jarang menghubungi kita? Mungkin karena dia tidak tahu atau belum mau untuk komitmen sama kamu. Selama ini dia hanya pacaran-pacaran biasa aja sama kamu. Saat dia tahu perasaan kamu sudah cukup dalam ke dia, dia akan pelan-pelan mundur karena dia mungkin takut untuk komitmen sama kamu. 

15. Dia Memang Nggak Secinta Itu sama Kamu 

Dan alasan terakhir kenapa pacar tidak saling memberi kabar berhari-hari adalah dia memang nggak secinta itu sama kamu, nggak seperti yang kamu bayangkan. Sederhananya, ya dia mau pergi dari hubungan sama kamu. 

Cara paling mudah untuk melakukan itu adalah dengan nggak kasih kabar ke kamu, nggak komunikasi, dan pelan-pelan menjauh dari kamu. 

Baca Juga: 14 Cara Menghadapi Pacar Cuek dan Dingin 

Cara Menghadapi Pacar yang Tidak Ada Kabar

Lalu, gimana cara menghadapi pacar yang tidak ada kabar? Semoga beberapa tips ini bisa membantu: 

1. Jangan Panik

Jika dia tidak menghubungimu dalam 1-3 hari, kamu harus tetap tenang. Ini bukan masalah besar. Dia pasti baik-baik saja. Seburuk-buruknya itu, dia mungkin sedang main game sama sahabatnya.

Kamu boleh panik hanya ketika pacar kamu tidak ada kabar saat terakhir kali sedang ada di gunung, di laut, di tengah hutan, atau di tempat-tempat jauh berbahaya lainnya. 

2. Kirim Pesan Seperlunya Saja 

Kirim satu pesan santai untuk bertanya kabarnya. Misalnya, “Eh, masih hidup kan?”. Dan jangan boom chat dia, jangan telepon lebih dari satu kali, dan jangan merasa depresi hanya karena dia nggak kasih kamu kabar dalam 24 jam. 

3. Jangan Menunggu 

Jangan terus menatap handphone kamu berharap ada notifikasi dari dia. Jangan buang-buang waktu kamu seperti itu. Jangan stalking sosial media dia juga. Jangan lakukan apapun yang membuat kamu terlihat depresi di mata dia. 

4. Kamu Harus Produktif 

I know, kamu khawatir sama dia tapi tapi tapi… Jangan sampai ini mengganggu pikiran kamu berlebihan dan membuat kamu galau parah hingga nggak produktif lagi. Sibukan diri kamu dengan hal-hal positif, ya! 

5. Dia Akan Komunikasi sama Kamu Bila Dia Mau 

Apapun kondisinya, entah dia sibuk, dia sedang capek, dia sedang di atas gunung, bila dia ingin kasih kabar ke kamu maka dia akan lakukan apapun untuk kasih kabar ke kamu. 

Berbeda halnya bila dia emang nggak mau ngobrol sama kamu karena alasan apapun, maka dia nggak akan mulai obrolan itu sama kamu. Bila begitu, kamu harus pahamai mana hubungan yang harus dipertahankan atau tidak. 

Nah, itulah pembahasan tentang kenapa pacar jarang menghubungi kita dan cara menghadapi pacar yang tidak ada kabar. Nanum, perlu kamu ingat bahwa ini hanya opini semata. Setiap orang mungkin memiliki cerita berbeda. 

Referensi: 

Nezbeth, Isis. 2017. 7 Honest Reasons Why She Never Texts You First. thoughtcatalog.com/isis-nezbeth/2017/09/7-honest-reasons-why-she-never-texts-you-first/.

Sarah. 2021. 15 Reasons Your Man Never Texts You First But Always Replies To You. bonobology.com/never-texts-first-always-replies/.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s