14 Cara Menghadapi Pacar Cuek dan Dingin 

Bagaimana cara menghadapi pacar cuek di chat? Dicuekin oleh orang yang kamu sayang tentu membuat kamu sedih dan frustasi. Namun, kamu bisa mencoba cara menghadapi pacar cuek dan egois berikut ini yang mungkin dapat menolong kamu.

Cara Menghadapi Pacar Cuek dan Dingin 

Saat kamu merasa pacar kamu cuek selama ini, kamu jangan langsung terbakar emosi. Kamu harus tenang, cari tahu alasan kenapa pacar cuek, dan cari solusi untuk membuat keadaan lebih baik. 

Berikut ini beberapa cara menghadapi pacar cuek dan sibuk:

1. Ingatkan Dia 

Bila pacar cuek dalam rentang waktu tertentu, ingatkan dia dengan cara yang baik. Colby Marie Z., seorang pakar hubungan dan seks, merekomendasikan kamu untuk mengatakan sesuatu seperti, “Sayang, kamu sepertinya agak cuek beberapa minggu ini. Kamu jarang telepon dan balas pesan pun hanya satu-dua kata singkat. Ada apa, babe?”

Kalimat seperti itu tidak terkesan menuduh, tidak membuat kamu terdengar putus asa, juga tidak mematikan. Ini menunjukan bahwa kamu menyadari sebuah perubahan perilaku darinya dan memberi kesempatan untuk dia dapat menjelaskannya. 

2. Tanya 

Sederhana saja, tanya baik-baik kenapa dia mulai cuek. Apakah sedang sibuk, sedang ada masalah, sedang ingin sendiri, dan lainnya. Sangat baik bila dia bisa menjawab pertanyaan kamu dengan jelas. 

Dalam hal ini, kamu bisa bertanya sekaligus tetap beri dia dukungan. Kamu bisa bilang, “Hey, kenapa? Aku agak khawatir karena kamu mulai jauh dan jarang cerita. Kalau ada apa-apa, kasih tau aku bila aku bisa bantu. Hope you are doing good.” Atau yang lainnya. 

Baca Juga: 6 Cara Menghadapi Silent Treatment – Arti, Ciri, Jenis, Tips, dll

3. Jangan Bereaksi Berlebihan 

Kita semua membuat kesalahan saat pacar cuek dan dingin, kita langsung bereaksi berlebihan. Kita overthinking like, “Hah, dia pasti selingkuh. Dia nggak sayang aku. Dia sibuk sendiri. Dia fuckedboi…” dan semacamnya. 

Pikiran seperti itu akan bikin kita nggak waras dan semakin frustasi. Sangat buruk untuk kesehatan mental. Jadi, sebaiknya kita mulai melatih diri untuk nggak bereaksi berlebihan dan jaga pikiran kita tetap sehat. 

Kamu harus tau apakah:

  • Dia tipe orang cuek dan pendiam tapi diam-diam peduli.
  • Dia sedang sibuk belakangan ini. 
  • Dia sedang menghadapi deadline, banyak pekerjaan, atau hal urgent lainnya. 
  • Dia cuek karena ada masalah sama kamu dan hubungan ini 

4. Jangan Hubungi Dia 

Bila dia belum balas pesanmu, jangan kirim chat lagi dua, tiga, empat, atau sepuluh kali. Itu akan mengganggu dia dan dia akan berpikir bahwa kamu needy. 

Jangan juga telepon dia berkali-kali bila tetap tidak diangkat. Mencoba menghubungi dia lebih dari 1 kali tidak akan membuat dia segera menghubungi kamu bila dia memang tidak mau (atau belum sempat) menghubungi kamu saat ini. 

5. Beri Dia Waktu 

Cara menghadapi pacar cuek dan keras kepala adalah dengan beri dia waktu beberapa hari atau minggu untuk sendiri. Biarkan dia mengurus pikirannya sendiri. Bila dia masih ingin menjalin hubungan baik sama kamu, dia akan coba untuk memperbaiki semuanya dan menghubungi kamu lagi. 

Baca Juga: 34 Tanda Harus Putus Sama Pacar Kamu Sekarang!

6. Tenang Saja 

Walaupun perilaku cuek dari pacar kamu membuat kamu bingung dan sedih, kamu harus tetap mengontrol diri dan tenang. Dalam artian, kamu harus kontrol untuk nggak overthinking, jangan tiba-tiba samperin dia, terus mencoba menelepon atau chat dia, atau tindakan agresif lainnya yang nggak bikin keadaan jadi lebih baik. 

7. Jangan Buat Asumsi atau Kesimpulan Buruk 

“Do not jump into conclusions before you hear the whole story”

Artinya, “Jangan langsung mengambil kesimpulan sebelum kamu mendengar keseluruhan ceritanya”. Jadi, kamu cari tahu dulu alasan kenapa pacar cuek. 

Mungkin dia lagi sibuk kerja, lagi bad mood aja, atau emang dasarnya pendiam, atau emang ya orangnya default cuek namun dia tetap menunjukan sayang sama kamu dengan cara berbeda. Biarkan dia menjelaskan cerita lengkapnya ke kamu dulu. 

8. Pastikan Dia Tidak Memanipulasi Kamu 

Terkadang, ada orang yang memanfaat kita dengan cara sengaja cuekin kita agar kita mau menurutinya. Misalnya, pacar kamu minta dibelikan iPhone dan dia akan cuekin kamu sampai kamu belikan dia iPhone. Atau perilaku manipulatif lainnya yang harus kamu waspadai. 

9. Jalani Saja 

Cara menghadapi pacar cuek selanjutnya dengan menjalani ini semua seperti itu adanya. Mungkin, ini adalah waktu yang baik untuk kamu dan pacar untuk sama-sama jauh dulu sementara, untuk bisa berpikir jernih, dan mempelajari karakter serta kebutuhan masing-masing. Serta, memutuskan apa yang terbaik selanjutnya. 

10. Jangan Menyerah 

Kamu sedang memberi dia waktu untuk sendiri, sementara kamu tetap jangan menyerah dalam hubungan ini (walaupun perilaku cueknya sangat membuat kamu bingung dan sedih). Tapi ingat, kamu tidak boleh berusaha sendirian. 

Kemudian, kamu tanyakan pada dirimu sendiri apakah hubungan ini pantas untuk kamu perjuangkan. Apakah kamu akan baik-baik saja dengan dia yang selalu cuek? Apakah dia cuek karena dia beneran nggak peduli sama kamu? 

11. Jangan Salahkan Diri Sendiri tapi Harus Intropeksi 

Terkadang kita sering menyalahkan diri sendiri atas perilaku orang lain. Oke, kita mungkin buat salah hingga bikin pacar jadi marah dan cuek, tapi sebaiknya diselesaikan dengan komunikasi yang baik.

12. Tetap Perhatikan Dirimu Sendiri 

Terkadang kita terlalu pusing mikirin kenapa pacar cuek sama kita, apa yang salah, dan gimana cara menghadapi pacar cuek dan egois. Hingga kita lupa untuk urusin hidup kita sendiri. 

Jadi, saat pacar kamu sedang cuek, ya mungkin biarkan saja begitu. Kamu jangan terlalu pikirin, kamu fokus saja pada dirimu sendiri. Terutama bila kamu sudah melakukan banyak cara agar dia nggak cuek lagi, namun nggak berubah, dan kamu jadi pusing sendiri. 

Baca Juga: 10 Cara Pacaran Sehat Menurut Para Ahli (Ciri dan Tips Hubungan Sehat)

13. Buat Keputusan 

Bila kamu sudah bertanya baik-baik, kamu sudah berusaha, kamu sudah jadi pacar yang baik, kamu sudah minta maaf dan memaafkan, dan kamu sudah beri dia terlalu banyak waktu, namun dia masih cuek aja, inilah waktunya untuk buat keputusan bijaksana.

Misalnya, kamu beri dia waktu selama 1 bulan untuk cuek dan jauh dari kamu, sementara kamu juga memperbaiki pola hubungan kamu, namun setelah satu bulan dia masih seperti itu aja. Ya, tanyakan untuk terakhir kalinya, “Kamu mau lanjut sama aku atau ga?”. 

14. Minta Bantuan Profesional 

Bila tidak ada yang bisa kamu dan dia lakukan untuk memperbaiki hubungan ini, kalian bisa minat bantuan ke profesional. Kalian bisa menghubungi psikolog untuk konsultasi mandiri atau konsultasi pasangan.

Itulah sedikit pembahasan tentang cara menghadapi pacar cuek. Ingat, ada orang yang dasarnya cuek namun diam-diam peduli. Ada juga pacar yang cuek karena emang beneran nggak sayang aja sama kamu. Jadi, pahami perbedaannya dan pilih cara yang tepat untuk mengatasinya sesuai dengan beberapa rekomendasi di atas. 

Referensi: 

June, Selma. 9 Reasons You’re Being Ignored By Your Partner And How To React To Them. herway.net/him/inside-his-mind/9-reasons-youre-being-ignored-by-your-partner-and-how-to-react-to-them/. 

PAPA, ASHLEY. 2018. Feeling Ignored? What to Do When He Ignores You. zoosk.com/date-mix/dating-advice/dating-advice-women/feeling-ignored/

Vamos, Jorge. 2019. 9 Reasons Why Your Boyfriend Is Ignoring You and What to Do About It. pairedlife.com/problems/9-Reasons-Why-Your-Boyfriend-is-Ignoring-You-How-to-Tell-When-Youre-Being-Ignored-By-Your-Man.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s