16 Alasan Kenapa Pacar Cuek Tiba-Tiba dan Cara Menghadapinya

Dan kamu bertanya kenapa pacar cuek sama kita tiba-tiba. Sebelumnya, semuanya baik-baik saja dan komunikasi pun pancar. Namun, sekarang dia susah dihubungi, chat balesnya lama, dan terasa jauh lebih cuek dari biasanya. 

Sabar, kamu harus baca dan pahami pelan-pelan pembahasan tentang alasan kenapa pacar cuek sama kamu dan gimana cara menghadapinya dalam pembahasan ini. 

Kenapa Pacar Cuek sama Kita? 

Ketika pacar tiba-tiba cuek, rasanya pasti bikin kamu sedih dan bingung. Ini adalah masalah klasik dalam hubungan percintaan, jadi kamu jangan panik, berasumsi, overthinking, atau marah ketika pacar tiba-tiba nggak ada kabar. 

Inilah beberapa alasan kenapa pacar cuek secara tiba-tiba (harus kamu pahami): 

1. Kamu Terlalu Needy 

Dalam istilah hubungan, needy adalah sikap ketergantungan pada pasangan, atau sama seperti ‘bucin’. Dalam artian, pacar needy itu seperti pacar yang manja banget, minta pacarnya selalu ada untuk dia, pacar harus menuruti kemauannya, bereaksi berlebihan, banyak menuntut, nggak mandiri, ingin selalu ketemu sayang-sayangan, dan intinya apa-apa tuh harus sama pacar. 

Nah, kelakuan needy dan bucin seperti itu bisa bikin pacar kamu capek, sehingga akhirnya dia cuek dan malas untuk peduli lagi sama kamu. Pacar kamu mungkin anggap kamu menyusahkan dan dia kehilangan dirinya sendiri saat sedang sama kamu. 

2. Kamu Mengabaikan Kebutuhannya 

Kamu mungkin mengabaikan kebutuhannya atau kamu mungkin melewati batasnya. Misal Nya, dia nggak suka ditelepon di siang hari karena dia sedang sibuk beraktivitas (kuliah, kerja, etc), tapi kamu tetap terus telepon dia di siang hari. Akhirnya, jalan terbaik yang bisa dia lakukan ada cuekin kamu untuk sementara waktu. 

Coba pikirkan lagi, apakah ada kebutuhannya yang kamu abaikan? Hal-hal kecil yang ternyata bisa jadi pemicu masalah. 

Baca Juga: 10 Cara Pacaran Sehat Menurut Para Ahli (Ciri dan Tips Hubungan Sehat)

3. Dia Sedang Sibuk 

Oke, dia mungkin sedang sibuk dan belum bisa membalas chat kamu dengan cepat. Kamu pasti tahu apa kesibukannya. Dia mungkin sedang ujian, sedang kerja, ada deadline, sedang bantu orang tua, lagi belajar masak, dll. 

Ingatlah bahwa pasangan kamu adalah orang lain yang punya kesibukan masing-masing. Daripada terlalu khawatir kenapa pacar cuek sama kita, lebih baik kamu selesaikan aktivitasmu juga. 

4. Kamu Terlalu Menuntut 

Ya, mungkin kamu tidak menyadari bahwa kamu terlalu menuntut dia untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak dia inginkan. Dan kamu tahu, pacar kamu kadang-kadang tidak dapat menolak atau menyampaikan opininya ke kamu karena kamu akan marah, baper, ngambek, dan lainnya, sehingga “lari dan cuekin kamu” menjadi pilihan terbaik. 

5. Sedang Butuh Waktu Sendiri 

Hidup ini luar biasa menyebalkan. Entah masalah keuangan, pekerjaan, kuliah, keluarga, dan banyak hal-hal yang mudah bikin kita kecewa. 

Pacar kamu mungkin sedang merasakan itu, dan dia butuh waktu sendiri untuk berpikir atau menenangkan dirinya. Terutama untuk pacar cowok yang sulit untuk sharing tentang perasaannya, mereka cenderung ingin diam sendiri dulu. 

6. Kamu Mengecewakan Dia 

Pernahkan kamu sangat kecewa pada seseorang hingga kamu tidak mau bicara lagi dengannya? Atau, membutuhkan sedikit waktu untuk bicara lagi dan menjelaskan segala hal padanya. 

Mungkin itu salah satu alasan kenapa pacar cuek sama kita. Ada sesuatu hal yang kamu lakukan atau katakan yang membuat dia kecewa, namun dia sulit mengungkapkannya karena itu terlalu menyakiti hatinya. 

7. Ekspektasi Kamu Ketinggian 

Tidak apa-apa untuk punya ekspektasi realistis pada pasangan. Namun, ini sangat berbahaya bila ekspektasi kamu terlalu tinggi ke pacar kamu. Saat pacar kamu menyadari bahwa dia tidak dapat memenuhi ekspektasi itu, dia memilih untuk mundur dan jadi cuek sama kamu. 

Pacar kamu nggak tahu gimana caranya untuk bilang, “hey, ekspektasi kamu ketinggian”, karena kamu pasti tidak mau mendengar itu. Jadi, cobalah untuk pasang ekspektasi yang realistis saja pada seseorang. 

8. Kamu Melakukan Sesuatu yang Buruk 

What you did last night, eh? Kamu mungkin melakukan sesuatu yang buruk, sebuah kesalahan yang tidak kamu sadari, dan kamu tidak minta maaf juga. 

Dan yeah, pacar kamu seharusnya menegur kamu dan bilang secara langsung apa yang salah. Namun, lagi-lagi, sering kali kita sebagai manusia biasa yang lemah sulit mengungkapkan perasaan dan memilih untuk pergi atau cuekin orang yang menyakiti kita. 

9. Kamu Bikin Dia Frustasi 

Biasanya, ini terjadi setelah kalian terlibat banyak argumen dan drama series atau pertengkaran Shinobi yang menguras tenaga serta pikiran. Salah satu dari kalian memilih untuk “abai atau cuek atau pergi” sementara waktu karena hubungan tersebut bikin dia frustasi. 

Baca Juga: 34 Tanda Harus Putus Sama Pacar Kamu Sekarang!

10. Ngobrol Sama Kamu Bikin Dia Kesal

Kenapa pacar cuek sama kita? Mungkin kita selalu bikin dia kesal. Rasa kesal yang beneran kesal, bukan kesal-kesal-manja. 

Entah obrolan apapun itu, pacar kamu merasa lelah dengan topik tersebut, respon kamu, pertanyaan kamu, atau hal-hal di antaranya yang mengganggu dia. Akhirnya, dia memutuskan untuk membatasi obrolan sama kamu. 

11. Dia Sedang Marah dan Nggak Bisa Menghadapi Kamu 

Kamu bikin dia marah dan tidak bisa menghadapi kamu lagi. Atau, dia sedang marah akibat hal lain yang menguras emosinya. Intinya, dia sedang tidak dalam keadaan baik dan dia memilih menjauh sementara hingga dia bisa tenang lagi. 

12. Dia Sedang Lelah 

Misalnya, dia baru pulang kerja tengah malam, habis lembur, dan pagi buta sudah harus ke kantor lagi. Rutinitas seperti itu tentu bikin dia lelah secara fisik dan mental. Akibatnya, dia memberi kesan seperti dia jadi cuek sama kamu. Padahal, dia bahkan nggak punya waktu untuk dirinya sendiri. 

13. Needs Some Space

Ada banyak alasan kenapa pacar cuek sama kita, dan akhirnya dia butuh space atau jarak dari kamu. Entah itu karena dia merasa hubungan sama kamu sudah toksik, atau dia sedang banyak masalah, atau dia sedang sibuk skripsi, atau apapun itu intinya dia sedang butuh waktu untuk sendiri. 

14. Umm, Sedang Sibuk Sama yang Lain?

Dan ini yang membuat kamu mungkin khawatir bila dia sedang sibuk dengan yang “lain”. Di sisi lain, kamu nggak boleh loncat ke kesimpulan yang kamu buat sendiri. Bukan berarti pacar yang cuek sedang selingkuh. Bila mencurigai mungkin dia selingkuh, baiknya kumpulkan bukti-bukti terlebih dahulu.

15. Mulai Kehilangan Perasaan 

This is a worst case scenario, bila alasan kenapa kenapa pacar cuek sama kita karena sudah tidak memiliki perasaan lagi atau pelan-pelan mulai kehilangan rasa ketertarikan dan kasih sayang. 

Bila dia ternyata sudah nggak sayang kamu, dia bukan hanya akan cuekin kamu, namun dia akan memiliki banyak cara untuk lari dari kamu selama dan sejauh mungkin. 

16. Berpikir untuk Putus 

It’s sad but true. Dia mungkin sedang berpikir untuk putus dari kamu. Dia mungkin sedang mempertimbangkan banyak hal. 

Bila pacar kamu bukan orang yang sudah dewasa, dia akan terus cuekin kamu hingga kamu yang lelah dan putusin kamu. Dia akan menggunakan cara licik ini agar nggak merasa bersalah karena sudah menyakiti kamu. 

Baca Juga: Apa Itu Toxic Relationship? Ciri, Tipe, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

Cara Menghadapi Pacar Cuek 

Inilah beberapa cara menghadapi pacar cuek: 

  • Tetap Tenang. Jangan overthinking atau membuat kesimpulan sendiri. Kamu nggak perlu-perlu amat mikirin dia, sewajarnya saja, dan kamu harus benar-benar tenang. 
  • Jangan Sibuk Hubungi Dia. Bila dia belum balas pesanmu seharian atau kamu sudah telepon dia 2 kali dan dia masih belum hubungin kamu balik, then stop. Terus-menerus menghubunginya tidak akan bikin dia mau hubungin kamu balik bila dia emang nggak mau hubungin kamu.
  • Ubah Perspektif. Ada banyak alasan kenapa pacar cuek sama kita. Kita bisa berpikir bahwa dia sedang sibuk atau sedang mengurus hal penting lainnya saat dia jauh dari kamu. 
  • Tanya. Tanya dengan cara yang baik, misalnya, “Sayang, aku merasa akhir-akhir ini kamu agak jauh deh. Aku merasa agak khawatir.” Jangan tanya dengan pola seperti ini, “Kamu cuek banget sekarang. maunya apa?”. Jangan ngajak ribut intinya. 
  • Have Fun. Yup, kamu tetap harus bahagia sama diri kamu sendiri. Jangan terlalu mikirin orang yang nggak mikirin kamu. eh? Maksudnya, ya kamu tunaikan aja kesibukan kamu, jauh-jauh dari hp buat hal nggak penting, dan harus tetap produktif. Itulah cara menghadapi pacar cuek! 

Referensi:

June, Selma. 9 Reasons You’re Being Ignored By Your Partner And How To React To Them. herway.net/him/inside-his-mind/9-reasons-youre-being-ignored-by-your-partner-and-how-to-react-to-them/. 

MARIE ESPERAS, FAE. 2021. 7 Reasons Why Your Girlfriend is Ignoring You and What to Do Next. inspiringtips.com/asia/reasons-girlfriend-is-ignoring-you-what-to-do-next/.

Vamos, Jorge. 2019. 9 Reasons Why Your Boyfriend Is Ignoring You and What to Do About It. pairedlife.com/problems/9-Reasons-Why-Your-Boyfriend-is-Ignoring-You-How-to-Tell-When-Youre-Being-Ignored-By-Your-Man.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s