13 Alasan Kenapa Hamster Makan Anak Sendiri dan Cara Mencegahnya

Okay, ini adalah pertanyaan personal tentang kenapa hamster makan anak sendiri? That’s creepy! Bila kamu juga penasaran, yuk sama-sama cari tahu kenapa hamster memakan anaknya dalam pembahasan ini.

Kenapa Hamster Makan Anak Sendiri? 

Okay, it’s out of context on this platform but it’s okay! Jadi, beberapa bulan lalu aku baru pertama kali pegang hamster yang ternyata squishy banget! Gemez ingin cemek-cemek, eh. 

Itu hamster miliki sahabatmu. Hamster itu kemudian hamil dan melahirkan. Dan besoknya, si Hamsty makan anaknya sendiri. Just why? Di balik bentuknya yang cute, apakah dia psikopat? 

Maka dari itu, sekarang aku ingin banget bahas tentang penyebab hamster makan anak sendiri dalam pembahasan ini. 

1. Stres

Induk betina hamster (ibu hamster) merasa stres setelah melahirkan. Saat ibu hamster sudah sangat stres, dia cenderung akan makan bayinya yang baru lahir. 

Di dunia manusia, kita mengenalnya dengan baby blues, di mana seorang ibu yang baru melahirkan merasa lelah, bingung, marah, sedih, stres, gelisah, dan rasa emosional yang bercampur. Pada dunia hamster, ibu hamster memilih untuk memakan bayinya yang dianggap sebagai sumber stres agar dirinya merasa lebih baik. 

2. Takut 

Ibu hamster ingin selalu melindungi anaknya, namun saat dia ketakutan atau merasa terintimidasi oleh sesuatu, ibu hamster malah memakan bayinya. 

Ibu hamster bisa merasa takut dan terancam akibat suara bising, gangguan hamster lain, binatang peliharaan lain, pengawasan dari pemiliknya, cahaya, dan hal-hal kecil lainnya. Entah bagaimana logika hamster, tapi itu membuatnya ingin makan anaknya sendiri. 

3. Lapar 

Kenapa hamster makan anak sendiri? Sederhana, karena dia lapar dan merasa persediaan makanan tidak akan cukup untuk dirinya dan keluarga. 

Binatang yang sedang hamil atau menyusui membutuhkan asupan makanan lebih banyak. Saat ibu hamster merasa tidak mendapat cukup makanan, atau merasa lapar, dia akan cenderung makan anaknya. Ini juga menyebabkan ibu hamster berpikir bahwa dia tidak bisa memberi makan bayinya, jadi dia makan anaknya saja. #hamsterlogic 

4. Aroma Lain

Binatang menggunakan indera penciumannya untuk proses kehidupannya. Termasuk hamster, yang memiliki indera penciuman cukup tajam, terutama setelah melahirkan. 

Induk hamster akan mengenali aroma si bayi hamster. Bila aroma itu bercampur dengan aroma lainnya, si ibu hamster akan bingung dan mungkin tidak bisa mengenali bayinya. Hasilnya, ibu hamster bisa makan bayinya sendiri karena dia anggap itu bukan aroma anaknya, atau semacam impostor yang akan mengancam anaknya. 

Aroma bayi hamster bisa berubah akibat telah disentuh tangan manusia, kandangnya habis dibersihkan, perubahan tata letak kandang, dll. 

5. Belum Siap Punya Anak 

Salah satu penyebab hamster makan anak sendiri adalah karena dia belum siap punya anak. Umm, Hamsty kenapa nggak pakai kondom sih?

Jadi, ibu hamster mungkin belum siap punya anak, dia stres, lalu makan anaknya. Terlebih lagi, ibu hamster bisa melahirkan hingga 4-8 bayi sekaligus. Ibu hamster pasti kewalahan untuk mengurus segitu banyak anak. 

6. Kandang Terlalu Sempit 

Karena ibu hamster memiliki banyak anak, kemudian kandang terasa jadi lebih sempit. Akhirnya, ibu hamster makan salah satu anaknya agar kandang tidak terlalu sempit dan mereka punya lebih banyak ruang untuk lari-larian. #anotherweirdhamsterlogic. 

7. Anxeiety 

Kenapa hamster makan anak sendiri? Ya, ibu hamster mengalami anxiety, sama seperti kita semua kaum millenials. Ibu hamster yang baru melahirkan merasa memiliki tanggung jawab lebih, kewajiban baru, harus memberi makan, dan sebagainya. Semua itu membuat ibu hamster sering gelisah. 

Bahkan, ibu hamster bisa gelisah saat kamu mengamatinya atau menontonnya saat sedang mengurus anaknya. Akhirnya, ibu hamster sangat gelisah dan makan anaknya. 

8. Nggak Sengaja 

Salah satu penyebab hamster makan anaknya adalah karena ibu hamster nggak sengaja aja. Misalnya, mereka lagi becanda terus gigit pipi, eh kegigit beneran, dan malah dimakan. 

Atau, ibu hamster nggak sengaja membunuh anaknya saat lagi gendong (dengan gigit leher), eh kegigit beneran. Dan malah dimakan sekalian. 

9. Merasa Bayi Hamster Tidak Normal 

Kenapa hamster memakan anaknya? Bisa jadi karena ibu hamster merasa si bayi baru lahir ini sakit atau tidak normal. Daripada si bayi hamster akan kesulitan di saat besar nanti karena memiliki tubuh tidak normal, akhirnya si ibu hamster makan aja bayinya itu. 

10. Tidak Bisa Mengurus Semua Bayi 

Kamu tahu, hamster melahirkan banyak anak. Ibu hamster merasa dia tidak akan sanggup mengurus banyak anak, jadi dia makan beberapa anak. Sehingga, jumlah anggota keluarganya lebih sedikit dan dia bisa fokus mengurus semuanya. 

11. Induk Hamster Merasa Sakit 

Ibu hamster merasa sakit atau lemah pasca melahirkan. Ibu hamster pun merasa kalau dia butuh lebih banyak makan untuk tetap sehat, akhirnya hamster makan anak sendiri untuk dapat lebih banyak energi. 

12. Induk (Ayah) Hamster yang Makan Anaknya 

Bukan hanya ibu hamster, si bapak hamster bisa saja makan anaknya sendiri. Alasannya mungkin sama seperti pikiran ibu hamster. 

Bahkan di kasus hamster peliharaan temanku, si bayi hamster dimakanan oleh saudara tirinya seniri. Mungkin karena merasa iri, stres, gelisah, kesempitan, kurang perhatian, merasa terancam, dan lainnya. 

13. Kanibalisme 

Kanibalisme pada binatan itu nyata. Pada hamster (ayah, ibu, kakak, dan keluarga hamster lainnya), bisa memiliki instincts untuk makan hamster lain bila dinilai berbahaya. Sehingga, keluarga hamster lainnya terselamatkan dari hamster yang dinilai berbahaya tersebut. 

Itulah beberapa alasan kenapa hamster makan anak sendiri. Umm, logika hamster yang aneh, ya! 

Cara Merawat Bayi Hamster agar Tidak Dimakan Induknya 

Pisahkan dulu induk jantan ke kandang lain, karena dia bisa bikin ibu hamster tambah stres. 

  • Jangan sentuh bayi hamster ya, setidaknya 2 minggu setelah lahir. 
  • Sediakan makanan dan minuman yang banyak untuk semua hamster. 
  • Bila kamu pelihara lebih dari satu keluarga hamster, pisahkan kandang si keluarga hamster yang induknya sedang hamil. 
  • Space kandang harus lebih besar. 
  • Pemilik hamster atau orang lain jangan sering menengok kandang, karena nanti ibu hamster bisa stres. 
  • Pastikan tempatkan kandang di tempat yang hening. 
  • Jangan bersihkan kandang dulu selama 2 minggu. 
  • Bila perlu, pisahkan dulu anak dan ibu hamster. 

Terkadang, walaupun kamu sudah mengurus hamster dengan benar, tetap saja ada keluarga hamster yang makan si bayi hamster. Karena bagaimanapun, kita mungkin tidak bisa menolong sifat kanibalisme pada hewan. 

Referensi: 

Dragos. 2019. 8 Reasons Hamsters Eat Their Babies, And How To Save Them. firsthamster.com/why-hamsters-eat-their-babies/. 

Jones, Veronica. 8 Reasons Why Do Hamsters Eat Their Babies. vetguru.com/why-hamsters-eating-babies/. 

Kruzer, Adrienne, RVT, LVT. 2019. Why Do Hamsters Sometimes Eat Their Babies?. thesprucepets.com/why-do-hamsters-sometimes-eat-their-babies-4588707#:~:text.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s