19 Ciri-Ciri Sahabat yang Baik dan Tulus

Ciri-ciri sahabat yang baik adalah mereka yang selalu mendukung kamu dalam keadaan apapun. Bila sekarang kamu sedang ragu apakah kamu berteman dengan teman yang beneran teman kamu, semoga pembahasan tentang ciri sahabat baik ini bisa membantu kamu. 

Ciri-Ciri Sahabat yang Baik dan Tulus

Persahabatan adalah tipe hubungan yang sangat spesial. Sahabat adalah dua jiwa dalam satu tubuh, they feels like home, dan mereka seperti tempat untuk pulang saat seluruh dunia membuatmu sakit. 

Namun, bagaimana cara mengetahui bila kamu sedang berteman dengan orang yang baik? Inilah ciri-ciri sahabat yang baik dan tulus: 

1. Pendengar yang Baik 

Mereka adalah pendengar yang baik. Bila kamu sedah sedih, sedang kesal, marah, kecewa, atau gejolak emosi apapun, mereka mau mendengarkanmu dengan baik. Kemudian, mereka akan membantu kamu mengelola perasaan itu, menstabilkan emosi, lalu membantumu menentukan solusi terbaik. 

2. Peduli 

Sahabat yang peduli padamu sejak dulu, sekarang, dan sampai nanti. Mereka akan bertanya bila kamu butuh bantuan, bila kamu sedang kesulitan, atau sedih. 

Ada beberapa tipe sahabat yang terkesan cuek, namun pada akhirnya kamu tetap dapat merasakan kepedulian dan pertolongannya dengan tulus. Seperti saat seluruh dunia meninggalkanmu, hanya sahabatmu yang peduli. 

3. Penghilang Stres 

Ciri sahabat yang baik adalah mereka yang selalu bisa menghibur kamu. Biasanya, kalian menjadi sahabat karena memiliki selera humor yang sama buruknya, sehingga kalian selalu tertawa bersama. Sahabatmu juga selalu melakukan hal-hal konyol tanpa sadar, dan kalian selalu have fun! 

Baca Juga: 12 Alasan Kenapa Harus Memilih Teman dengan Benar

4. Penyemangat 

Sahabat kamu adalah support system kamu. Mereka mendukung kamu seperti cheerleader, agar kamu selalu kuat dalam menghadapi apapun di hidup ini. 

Kamu bisa menceritakan semua keinginan dan mimpi-mimpimu pada sahabat kamu, dan dia akan terus memberi semangat. Saat akhirnya kamu sukses, kamu tahu kamu harus merayakannya dengan sahabat kamu dan tentunya traktir dia sepanjang hari. 

5. Jujur 

Ciri-ciri sahabat yang baik adalah mereka yang jujur tentang apapun. Mereka jujur tentang siapa diri mereka, dan tentunya tidak fake seperti banyak orang lain yang kamu kenal. 

Pada akhirnya, dia akan jujur kalau dia pernah pinjam baju kamu dan nggak mau balikin. Hehe. Intinya, kalian bisa membaca diri kalian satu sama lain, dan semua baik-baik saja. 

6. Selalu Ada 

Sahabat kamu selalu ada untuk kamu, dan juga sebaliknya. Dia mau bantu kamu, dia nggak masalah kamu ganggu setiap saat, dia seperti angel yang kamu nggak tau kamu punya. 

7. Menerima Apa Adanya 

Bagaimanapun kamu, sahabat saling menerima. Misalnya, kamu suka kentut sembarangan, kamu kalau ngomong suka nggak disaring, atau kalau kamu anaknya moody banget. Karena kalian sangat cocok, semuanya berjalan harmonis dan seru. 

8. Memberi Nasihat yang Baik 

Ciri-ciri sahabat yang baik dan tulus adalah mereka yang selalu memberi nasihat yang baik dengan cara yang baik. Mereka nggak judge atau menyalahkan kamu. 

Dan biasanya, kita nggak mendengarkan nasihat sahabat kita hingga akhirnya sesuatu yang buruk terjadi. Misalnya, sahabat kamu merasa ada yang salah saat kamu pacaran sama Budi. Tapi karena kamu sedang jatuh cinta, kamu mengabaikan opini sahabatmu. Sampai akhirnya kamu putus dan sahabatmu akan bilang, “Kan?” 

9. Pemaaf 

Semenyebalkan apapun, kamu dan sahabatmu selalu memiliki cara untuk saling memaafkan satu sama lain. Kalian sepertinya tidak pernah bertengkar hebat, bila iya, kalian tidak bisa marahan dalam waktu yang lama. 

10. Memberi Tahu Bila Kamu Salah 

Bila kamu melakukan suatu yang buruk, mereka akan memberitahu kamu bila kamu salah, tapi mereka akan tetap di sisi kamu. Mereka ingin kamu belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik. Sama-sama belajar. 

Baca Juga: Jomblo: Tips, Manfaat, Cara Mengatasi, dll

11. Merasa Nyaman 

Kalian merasa nyaman satu sama lain. Kalian bisa menjadi diri sendiri tanpa khawatir akan dihakimi da sebagainya. Kalian sama-sama nyaman dengan lelucon, pendampingan, kelakuan konyol, dukungan, dan semua aspek. Intinya, saat kamu bersama sahabat kamu, kamu tidak perlu berpikir dan khawatir tentang apapun.

12. Sering Berantem Manja dan Tetap Sayang 

Sahabat sejati sering membuatmu kesal dan biasanya kalian akan bertengkar kecil. Entah bertengkar karena kamu merusak bajunya yang kamu pinjam, ribut siapa yang bayar makan siang, berdebat ingin nonton film apa, dan sebagainya. 

13. Mengenal Kamu Luar Dalam 

Terkadang, sahabat kamu bisa mengenal kamu lebih dari kamu mengenal diri sendiri. Dia paham kamu, misalnya, kalau kamu marah tidak mau diganggu, kalau akhir bulan kamu nggak punya uang, kalo lagi ngantuk kamu suka marah, dan sebagainya. Sahabat kamu sangat mengerti kamu dan selalu menolong. 

14. Memberi Pengaruh Baik 

Secara personaliti, sahabat kamu mungkin kadang terlihat konyol dan menyebalkan, namun dia tetap memberi pengaruh baik dalam hidupmu. Misalnya, dia selalu memberi semangat, menemani kamu, atau menghibur kamu. 

15. Kepercayaan 

Ciri-ciri sahabat yang baik dan tulus selanjutnya adalah mereka bisa dipercaya dan menjaga kepercayaan kamu padanya. Kamu bisa cerita rahasia terbesar kamu padanya dan dia tidak akan bocor. 

Baca Juga: Apa Itu Toxic Relationship? Ciri, Tipe, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

16. Melakukan Kebodohan Bersama 

They said, best friends are partners in crime. Bukan kebodohan yang benar-benar bodoh, namun sebuah kekonyolan yang ajaib. Misalnya, kamu dan sahabat kamu suka gibahin orang lain di belakang namun menghina sahabat sendiri langsung di depan wajahnya. 

17. Membuat Kamu Ingin Jadi Lebih Baik 

Bagaimana pun, sahabat memiliki pengaruh besar di dalam hidup. Mereka bisa menginspirasi kita menjadi lebih baik lagi. Dan karena dukungan dari sahabatmu, kamu selalu ingin jadi lebih baik lagi. 

Pertanyaan terbesar bukan tentang apakah dia memiliki ciri-ciri sahabat yang baik, tapi tentang apakah kamu sudah menjadi kriteria sahabat yang baik.

18. Hubungan Mutual

Semua poin tentang  ciri-ciri sahabat yang baik dan tulus yang sudah disebutkan tadi, kedua belah pihak harus sama-sama memiliki kriteria tersebut. Hubungan antara keduanya harus seimbang. Kalian saling mengisi, saling mengerti, dan saling menyayangi. uwu.

19. Have Fun!

Yup, kalian suka menghabiskan waktu bersama, merencanakan liburan, hangout, membuat tantangan, taruhan lucu, dan sebagainya. Kalian suka gila-gilaan bareng dan semuanya terasa sangat membahagiakan. 

Dan kadang-kadang, kita tidak memilih atau merencanakan siapa saja yang menjadi sahabat kita, namun waktu akan membuktika siapa yang bertahan saat yang lain pergi dari kamu.

Referensi:

Holmes, Lindsay. 2017. 11 Signs Of A Genuine Friendship. huffpost.com/entry/qualities-of-real-friends_n_5709821. 

Wayne, J.S. 2018. 15 Signs That You Are Surrounded By Good Friends. lifehack.org/articles/communication/15-signs-that-you-are-surrounded-good-friends.html.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s