34 Tanda Harus Putus Sama Pacar Kamu Sekarang!

Harus putus atau nggak? Ketahui tanda harus putus dengan pacar kamu dalam pembahasan ini! 

Tanda Harus Putus Sama Pacar Kamu 

Putus cinta tidak akan mudah, namun mungkin itu hal terbaik yang bisa kamu lakukan. Bila pacar kamu menunjukan tanda-tanda ini, pertimbangkan untuk putus saja demi melindungi dirimu sendiri. 

1. Sahabat dan Keluargamu Punya Perasaan Buruk tentang Pacarmu 

Keluarga, sahabat, dan orang-orang terdekat kamu bisa melihat kebenaran yang tidak bisa kamu lihat karena kamu dibutakan cinta. Mereka sangat menyayangi kamu dan mereka tahu bila pacar kamu memperlakukanmu dengan buruk. 

2. Nggak Ada Komunikasi yang Baik

Kalian sudah lama sekali tidak memiliki percakapan yang baik dan adem. Dia nggak bisa diajak ngobrol dengan tenang, yang ada selalu berdebat namun tidak ada solusi. 

3. Berantem dan Ribut Terus

Tanda kamu harus putus sama pacar kamu, ya, kalau setiap bertemu hanya ribut terus. Di telepon berantem, berdebat via chat, mengeluarkan kata-kata kasar, di sosmed juga ribut, membolak-balikan fakta, dan sepertinya ini tidak akan berakhir. 

4. Kamu Jadi Tidak Suka Dirimu Sendiri 

Kamu tahu hal apa yang paling buruk dari mencintai seseorang? Saat kamu jadi kehilangan dirimu sendiri untuk bisa bersamanya. Kamu merasa selalu salah dan kamu tidak suka pada dirimu sendiri, karena dia membuatmu merasa seperti itu. 

“I think that the worst part of it all wasn’t losing him. It was losing me.” – @taylorswift13

5. Dia Nggak Berusaha 

Mungkin hanya kamu yang berusaha mengatasi masalah yang kalian hadapi. Hanya kamu yang mencari solusi dan sangat ingin semuanya jadi baik-baik lagi. 

Ini seperti kamu terus menyiramkan air, sementara dia terus menyiramkan bensin di sumber api. 

6. Kamu Merasa Lelah 

Dan kamu merasa sangat lelah dalam hubungan tersebut, itu salah satu tanda harus putus sama pacar kamu. Kamu juga merasa kewalahan untuk meladeni tingkah lakunya. Kamu mencoba meyakinkanmu bahwa ini baik-baik saja, sebenarnya tidak, sebenarnya kamu lelah secara emosional dan fisik. 

7. Kalian Penuh Kemarahan 

Setiap bertemu, setiap kamu ngobrol, hanya ada kemarahan. Kamu tidak mau marah, tapi kelakuannya bikin kamu marah. Dan dia selalu marah, tapi dia mengatakan bahwa kamu yang bikin dia jadi marah. Oh, lord. 

Baca Juga: 10 Cara Pacaran Sehat Menurut Para Ahli (Ciri dan Tips Hubungan Sehat)

8. Kebutuhan Kami Tidak Terpenuhi

Bukannya kamu menuntut, tapi berhak mendapatkan banyak hal dari pasangan kamu, seperti kasih sayang, perhatian, kepedulian, semangat, pendampingan, dan sebagainya. Namun, dia tidak memenuhi itu. Dia mungkin membuat kesan seperti kamu yang banyak menuntut dan needy, padahal itu hal yang wajar bagi setiap pasangan. 

9. Kamu Sering Melakukan Apa yang Tidak Kamu Mau Demi Dia 

Mau tidak mau, kamu melakukan apa yang kamu tidak suka karena dia memintamu. Kamu berpikir bila kamu menurutinya, dia bisa jadi lebih lembut, lebih perhatian, namun dia malah ngelunjak. 

10. Sudah Nggak Cocok Lagi 

Sepertinya tidak ada kecocokan lagi. Oke, manusia itu berbeda, mulai dari perbedaan opini, kepercayaan, pendapat, cara hidup, dan lainnya. 

Namun sebagai pasangan, kalian harus menemukan kecocokan tujuan hidup atau mencari solusi untuk tetap langgeng di tengah banyak perbedaan. 

11. Abusive atau Toxic Relationship 

Kalian menjalani hari-hari toxic relationship. Setiap hari dipenuhi pertengkaran dan kamu merasa tersakit. Baca tentang toxic relationship di sini

12. Kamu Seperti Berjalan di Kulit Telur 

Berjalan di kulit telur atau walking on eggshells adalah istilah untuk situasi di mana kamu menjadi sangat hati-hati untuk melakukan apapun karena kamu tidak mau mengecewakan atau menyinggung seseorang. 

Misalnya, pacar kamu sering marah karena alasan sepele yang tidak masuk akal, kamu pun jadi sangat hati-hati agar dia tidak marah, tapi membuatmu makan hati sendiri.

13. Kamu Hanya Hanya Bisa Mengingat Memori Indah 

Kamu tidak hidup di masa ini. Kamu hidup di masa lalu saat hubungan kamu sama dia masih baik-baik saja. Tanda kamu harus putus saat kamu tidak lagi merasakan kebahagiaan itu, kamu merindukan memori indah itu, jadi kamu terus mengingat itu sebagai alasan untuk tetap bertahan dalam hubungan. 

14. Kalian Nggak Ada di Halaman yang Sama 

Bila ini adalah sebuah buku, kamu dan dia tidak ada di halaman yang sama. Bahkan lebih buruk lagi, mungkin hanya kamu yang ada di buku tersebut dan dia sudah lama pergi dari hubungan ini. Atau yang lebih-lebih buruk lagi adalah saat ternyata dia tidak pernah benar-benar ada di buku tersebut. 

15. Ada yang Ketahuan Selingkuh 

Tanda-tanda harus putus sama pacar yang paling jelas adalah saat dia tertangkap basah selingkuh, dan dia tidak minta maaf, atau dia memiliki banyak alasan, dan dia bisa mengulangi itu lagi. 

A guy cheating on you is always a red flag. Ada potensi dia selingkuh lagi. Dan saat dia selingkuh, itu membuktikan bahwa dia tidak benar-benar cinta sama kamu dan dia tidak bisa menjaga hatinya. 

Would you really date that kind of guy? Me not. 

16. Nggak Ada Romantisme Lagi 

Tidak ada rasa dag-dig-dug berbunga-bunga feeling special lagi saat kamu bersama dia. Dia malah membuat selalu stres memikirnya.

Tidak ada lagi kencan romantis. Tidak ada lagi pegangan tangan di jalan. Tidak ada lagi kecup manja. Tidak lagi ada apapun. 

17. Memaksakan Perasaan Kamu 

Tanda kamu harus putus sama pacar kamu saat kamu selalu bangun di pagi hari dan berharap atau memaksakan dirimu untuk percaya bahwa hari ini hubungan kamu dan dia bisa baik-baik saja. Kamu mencintainya namun rasanya berat sekali untuk melanjutkan ini. 

18. Kamu Merasa Stress 

It’s obvious! Tanda-tanda harus putus dengan pacar kamu adalah bila kamu terus-menerus merasa stres dalam hubungan ini. Dan dia mungkin juga merasakan stres yang sama. 

Apa kamu benar-benar ingin menjalani hidup bertahun-tahun dengan seseorang yang secara konstan membuat kamu cape, stres, sakit kepala, dan gila? Terdengar bukan ide yang baik. 

Baca Juga: 13 Cara Menghilangkan Stres Bersama Pasangan

19. Kamu Merasa Jauh dari Dia Lebih Baik 

Dan tibalah waktu di mana kamu merasa lebih tenang bila dia jauh dari kamu. Kamu jadi tidak sehat juga karena malah menghindari masalah daripada menyelesaikannya, dan memang tidak akan pernah selesai. 

20. Nggak Jujur 

Kalian berdua jadi sama-sama tidak jujur. Mungkin dia berbohong tentang banyak hal. Kamu pun terpaksa berbohong demi tidak memicu pertengkaran lain. Misalnya, pacar kamu tidak suka kalau kamu pergi dengan teman-teman kamu namun kamu butuh kehadiran teman-teman itu. Akhirnya, kamu berbohong setiap kali kamu nongkrong sama mereka. 

21. Ada yang Mulai Nyaman Flirting Sama yang Lain

Saat kamu sudah pacaran atau bahkan sudah menikah, sebenarnya sangat umum bila kamu terpukau sama orang lain yang cantik, ganteng, hebat, pintar, kaya, dll. Karena kita semua manusia biasa yang mudah mengapresiasi sesuatu. 

Lain halnya bila rasa ketertarikan tersebut berlangsung konstans dan kamu mulai mengesampingkan hubungan dengan kekasih kamu dan fokus untuk mendapatkan yang lain. 

22. Kamu Lari ke Orang Lain

Karena kebutuhan kamu tidak terpenuhi, kamu jadi lari ke orang lain untuk mendapatkan rasa tersebut. Kamu mungkin jadi lebih sering sharing masalah kamu ke teman kamu karena pacar kamu tidak pernah bisa mengerti dan mendengarkan kamu. 

23. “Tapi Kan Kita Udah Lama Pacaran”

It’s a hell of a concept. But yeah, sebuah studi yang diterbitkan di Current Psychology menemukan bahwa seseorang lebih cenderung stay dalam sebuah hubungan ketika dia sudah banyak investasi waktu dan tenaga yang dihabiskan. 

Padahal, menghabiskan waktu lebih lama dengan seseorang yang kamu cintai tidak akan menyelesaikan masalah. Kamu bisa pacaran sama seseorang selama 20 tahun, dan bila di tahun ke 20 dia berubah jadi tidak baik untuk kamu, kamu boleh putus, kok. 

Sometimes giving up is the strong thing
Sometimes to run is the brave thing
Sometimes walking out is the one thing
That will find you the right thing

Taylor Swift – it’s time to go

24. Sudah Jarang Bertemu dan Berkomunikasi 

Ini adalah tanda-tanda harus putus dengan pacar kamu, bila kalian sudah jarang bertemu dan jarang berkomunikasi dengan baik. Oke, kalian mungkin tidak bertemu karena hubungan long distance relationship, namun bila komunikasi dan effort lancar, semuanya bisa tetap baik-baik saja. 

25. Terlalu Banyak Alasan 

Banyak drama dan banyak alasan, duh. Alasan sibuk kerja jadi nggak bisa bertemu. Alasan handphone kecebur di sungai jadi nggak bisa balas pesan atau angkat telpon. Dan alasan lainnya yang tidak masuk akal. 

26. Susah Diajak Kerja Sama

Sulit sekali untuk berbicara dengan tenang dengan pacar kamu untuk membahas semua masalah. Dia tidak bisa memberi solusi, bahkan nggak mau kerja sama untuk membuat hubungan ini jadi langgeng lagi. Itu sudah jelas tanda harus putus dengan pacar kamu. 

27. Nggak Mau Menyelesaikan Masalah 

Ada banyak argumen namun intinya tidak ada yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Pacar kamu mungkin menghindari kamu karena dia ingin lepas tangan untuk semua kekacauan yang dia buat di hidupmu, atau sebaliknya. 

28. Nggak Ada Keintiman 

Nggak ada lagi sapaan manja. Nggak ada pelukan hangat yang bisa menenangkan. Nggak ada lagi semangat dari pacar kamu. Nggak ada lagi kejutan, perayaan, hadiah, kecupan, deep talk, dan sebagainya. 

29. Saling Menyalahkan 

“Ini salah kamu!”

“Jadi ini salah aku?”

“Iya, kalo kamu nggak bilang gitu, ini pasti nggak akan berantakan”.

“Oke, ini salah aku terus. Emang aku terus yang salah”. 

Bila percakapan itu familiar dengan kamu, itu salah satu tanda harus putus sama pacar!

30.Nggak Ada Sentuhan Kasih Sayang 

Kalian membutuhkan kasih sayang satu sama lain. Kasih sayang dalam bentuk apapun, namun dag-dig-dug kasih sayang itu sepertinya sudah lama hilang dari hubungan kalian. 

31. Kekerasan Secara Emosional dan Fisik

Pacar kamu mungkin melakukan kekerasan fisik yang sangat jelas. Kamu juga mungkin merasakan kekerasan emosional, seperti rasa tertekan, merasa bersalah terus, tidak dihargai, dilecehkan, dibohongi, dan sebagainya yang membuat kamu tidak merasa berharga lagi. Itu tanda-tanda harus putus dengan pacar! 

Baca Juga: 24 Ciri-Ciri Toxic Relationship yang Harus Kamu Waspadai 

32. Menangis Terus 

Apa kamu sedang kencan sambil motong bawang merah? Kamu menangis terus. Ini bukan hubungan yang sehat bila kamu galau terus. 

33. Cuek, Nggak Peduli, Seperti Cinta Bertepuk Sebelah Tangan 

Kamu mungkin terus bertanya pada diri sendiri, “dia sebenarnya cinta ga sih sama gw?” Karena dia sangat cuek, nggak peduli sama kamu lagi, nggak ada usaha, dan kamu seperti cinta bertepuk sebelah tangan sama dia. 

34. Kalian Nggak Bahagia 

Bila pacar kamu nggak bikin bahagia, kamu tahu kapan untuk pergi. Dengan pacar atau tanpa pacar, kamu berhak bahagia. 

Itulah beberapa tanda harus putus sama pacar. Kamu tahu, biasanya seseorang sudah pergi dari hubungan tersebut bahkan jauh sebelum resmi putus. Pahami tanda-tandanya untuk menolong diri kamu sendiri. Other than that, I hope you find someone who truly loves you forevermore. 

Referensi:

Alexis, Sabrina. 2021. 10 Definite Signs The Two Of You Should Break Up. thoughtcatalog.com/sabrina-alexis/2018/04/10-definite-signs-the-two-of-you-should-break-up/. 

Breit, Carly. 2018. How to Know When It’s Time to Let Go of Someone You Love. time.com/5373451/break-up-someone-love/. 

Y, Hars. 2019. 11 strong signs that you should breakup and move on. medium.com/live-your-life-on-purpose/11-strong-signs-that-you-should-breakup-and-move-on-2621e45a182b. 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s