17 Cara Memilih Teman yang Baik Sebagai Support System Kamu

Kamu harus tau cara memilih teman yang baik, karena teman dapat memengaruhi hidupmu. Bila temanmu memiliki karakter kurang bagus, maka kamu juga bisa mencerminkan hal yang sama. So, cari tau bagaimana cara memilih teman yang baik dalam pembahasan ini. 

Bagaimana Cara Memilih Teman yang Baik?

Jangan pilih teman karena mereka kaya, cantik, ganteng, atau populer saja. Namun, cari teman yang bisa cocok dengan kamu dan memberi pengaruh baik pada hidupmu. 

Inilah beberapa cara memilih teman bergaul yang baik: 

1. Pilh Teman yang Satu Frekuensi 

Memiliki teman yang satu frekuensi rasanya seperti menemukan versi diri kamu pada diri orang lain. Dia adalah teman yang nyambung saat ngobrol, mungkin memiliki selera humor yang sama, tingkat kekonyolan sama tingginya, dan memiliki hobi, selera, atau pandangan hidup yang sama. 

Kamu hanya merasa sangat nyaman berada di sekitar mereka. Kamu tidak perlu menjadi orang lain dan mereka menerimamu. Plus, mereka mendukungmu setiap hari. 

You’ve been stressed out lately? Yeah, me too
Something gave you the nerve
To touch my hand
It’s nice to have a friend
It’s nice to have a friend

It’s Nice to Have a Friend
Taylor Swift

2. Pilh Teman yang Memiliki Minat yang Sama 

Biasanya, kita dipertemukan dengan teman-teman dengan minat yang sama, sehingga bisa sama-sama bertukar informasi, saling mendukung, dan memberi saran positif. 

Misalnya, kamu dan sahabatmu suka cabang olahraga yang sama, makanan, selera musik, hobi, atau mungkin mengambil jurusan yang sama. Jadi, kamu bisa eksplor minat tersebut bareng sahabat kamu dengan cara yang sangat menyenangkan. 

3. Pilh Teman yang Bisa Menyeimbangkan Kamu 

Sangat menyenangkan untuk memiliki teman yang saling mengerti dan menyeimbangkan satu sama lain. Misalnya, kamu bisa main gitar dan temanmu bisa bernyanyi, kalian bisa membuat musik yang sangat indah. 

Teman yang bisa menyeimbangkan kamu secara emosional. Saat kamu lagi bicara, temanmu mendengarkan. Saat temanmu sedang sedih, kamu menghiburnya. Memiliki sahabat seperti itu adalah treasure atau rezeki yang luar biasa. 

4. Pilh Teman yang Penuh Motivasi 

Cara memilih teman bergaul yang baik adalah teman yang memberimu motivasi tanpa harus menggurui kamu. Begitu juga kamu sering memberi semangat dan masukan positif untuknya. Intinya, kalian ada untuk satu sama lain. 

Baca Juga: Jomblo: Tips, Manfaat, Cara Mengatasi, dll

5. Pilh Teman yang Mendukungmu 

Ada teman-teman yang meninggalkanmu saat kamu jatuh, itu membuktikan dia bukan teman yang baik yang harus kamu pertahankan. Lihatlah orang-orang yang tetap mendukung kamu bahkan saat kamu sedang tidak mencintai dirimu sendiri. Sahabat seperti itu akan memelukmu, hingga kamu kembali menemukan dirimu lagi. 

6. Pilh Teman yang Semangat 

Hidup ini memang sangat menyebalkan, terlebih lagi saat kamu tumbuh semakin dewasa. Sangat beruntung bila kamu menemukan sahabat yang selalu semangat dan menyemangatimu, walaupun hidupnya susah juga. 

7. Pilh Teman yang Bisa Dipercaya 

Kunci sahabat yang baik adalah saling percaya, bisa dipercaya, dan saling jaga kepercayaan tersebut. Sahabat adalah orang terdekat kamu, yang mengetahui semua kebaikan, keburukan, dan rahasia kamu. 

Bila kamu berteman dengan orang yang suka bohong dan berkhianat, itu akan menyusahkan hidupmu sendiri. Jadi, kamu harus paham cara memilih teman yang baik. 

8. Teman dengan Positif Vibe 

Kamu harus menjadi sosok teman yang berenergi positif, walaupun kamu sedang tidak merasa baik-baik saja. Kamu tahu, tipe teman yang tampak selalu ceria, lucu, tidak suka ghibah, berlaku konyol, namun membuat ruangan jadi terasa hidup. 

9. Pilh Teman yang Memiliki Nilai yang Sama 

Semua orang memang memiliki karakter yang berbeda, dan kadang perbedaan itu hal yang baik. Namun dalam memilih teman, kamu bisa pertimbangkan orang-orang yang memiliki nilai hidup dan kepercayaan general yang sama dengan kamu. Di sisi lain, kamu harus tetap menghargai opini, pemikiran, atau kebiasaan berbeda dari orang lain. 

10. Pilh Teman dengan Karakter yang Baik 

Walaupun karakter asli seseorang sulit ditebak— karena kita semua mungkin memakai topeng agar terlihat baik— namun kamu sebaiknya pilih teman yang memiliki karakter baik. Kamu bisa melihat karakter seseorang dari caranya mengobrol dengan kamu atau memperlakukan kamu. 

Baca Juga: Apa Itu Toxic Relationship? Ciri, Tipe, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

11. Pilh Teman yang Dapat Diandalkan

Bukan berarti kamu memanfaatkan teman kamu untuk keuntungan kamu sendiri. Di sini maksudnya adalah sosok teman yang bisa kamu andalkan secara emosional, seperti kalian saling membantu, sama-sama berkorban, saling mengerti dan menguatkan, serta selalu ada untuk satu sama lain. 

12. Pilih Teman yang Memberi Nasihat Bijaksana

Tidakkah kamu punya satu sahabat yang kesehariannya sangat konyol dan lucu, namun saat kamu meminta saran atau nasihat, dia memberi nasihat paling bijaksana, solutif, dan sangat menenangkan. Itulah ciri teman yang baik. 

13. Pilih Teman yang Dapat Berjalan Beriringan 

Okay, kamu dan sahabatmu adalah dua orang berbeda dengan tujuan hidup berbeda, namun kalian bisa tetap berjalan beriringan. Maksudnya, kalian tetap saling mendukung walaupun sudah lama tidak ketemu, dan sebagainya. 

Misalnya, walaupun kamu seorang pendiam, sedangkan sahabatmu orang yang rame, namun kalian bisa tetap nyambung pada banyak poin. 

14. Pilih Teman yang Menyayangi Kamu Tanpa Alasan 

Sahabat kamu adalah orang yang paling menyebalkan dan bahkan sering bertengkar gemez, namun ternyata dia adalah orang yang paling menyayangi kamu di cuaca apapun dan bagaimanapun keadaannya. Kamu akan melihat itu. 

15. Pilih Teman yang Mau Belajar 

Kamu dan sahabatmu adalah dua orang bodoh yang dipertemukan semesta, seperti SpongeBob dan Patrick, namun kalian tumbuh dan selalu belajar untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. 

Misalnya, sahabatmu sering mengingatkan kamu untuk jangan begadang, kamu juga sering mengingatkannya untuk rajin olahraga, dan hal-hal kecil lainnya yang bermanfaat. Pelajaran hidup yang tidak kamu dapatkan di sekolah, kamu dapatkan dari sahabatmu. 

Baca Juga: 32 Tipe Hubungan Cinta, Kamu Sedang Menjalani yang Mana?

16. Pilih Teman yang Memiliki Selera Humor Bagus

Bagaimana cara memilih teman yang baik? Umm, orang dengan selera humor yang baik hampir selalu memiliki kriteria teman yang baik. 

Bukankah hal-hal yang paling kamu ingat dari sahabatmu adalah humornya, saat kalian tertawa, membuat lelucon aneh, dan itu membuat hidup terasa lebih ringan. 

17. Support System 

Teman yang baik atau sahabat adalah support system kalian. So, cari teman yang bisa selalu mendukung kamu, menyayangi kamu, mengajari kamu, menghibur kamu, dan membuat kamu merasa lebih baik. 

Saat kamu sedang sedih atau susah, kamu akan tahu siapa teman yang baik dan siapa yang tidak. Mereka yang tetap di sampingmu adalah teman yang baik. 

Itulah beberapa poin tentang bagaimana cara memilih teman yang baik. Luangkan waktu untuk mengevaluasi lingkaran pertemanan kamu. Apakah teman kamu memenuhi kriteria di atas? Well, kamu juga harus memiliki kualifikasi teman yang baik agar didekatkan dengan teman-teman yang baik juga. 

Referensi:

Dungy, Tony. 2021. 3 Things to Remember When Choosing Friends. allprodad.com/3-things-to-remember-when-choosing-friends/.

Pierce, Stacia. 2017. 11 Secrets to Choosing the Right Friends. huffpost.com/entry/11-secrets-to-choosing-th_b_6038658.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s