23 Cara Mengatasi Patah Hati Menurut Psikolog

Bagaimana cara mengatasi patah hati? Kamu harus terima fakta bila kesedihan ini terjadi, beri waktu, minta pertolongan sahabat, meditasi, dan kembalikan lagi kekuatanmu untuk mencintai diri sendiri. Ketahui lebih banyak lagi cara mengatasi patah hati karena cinta bertepuk sebelah tangan dalam pembahasan ini. 

Cara Mengatasi Patah Hati Menurut Psikolog 

Patah hati adalah hal yang menjijikan. Bisa-bisanya seseorang bermain-main dengan perasaanmu lalu membuangmu begitu saja. 

Jangan berlarut-larut. Kamu harus bahagia lagi. Lakukan beberapa cara mengatasi patah hati berikut ini!

1. Beri Waktu Sendiri 

Kesedihan akan memicu pelepasan hormon tertentu yang membuat kamu merasa sedih, berduka, kesepian, frustasi, dan tidak dicintai. Beri diri sendiri waktu untuk merasakan itu semua, tidak apa-apa, kamu boleh merasakan itu semua. 

Jangan buru-buru untuk membalikan keadaan. Kamu butuh waktu untuk berpikir dan istirahat. 

2. Jalani Momen Patah Hati Ini

Saat patah hati, seluruh tubuhmu mungkin seperti berhenti berfungsi selama beberapa hari atau beberapa minggu (we all been there). Pikiran dan tubuhmu bereaksi atas rasa patah hati tersebut. 

Jangan berpura-pura bahwa ini tidak menyakiti kamu. Kamu memang harus menangis untuk mengeluarkan semua kesedihan itu. Kamu harus berduka untuk kemudian move on. 

3. Menangis Saja

Beberapa jam atau mungkin beberapa hari setelah kamu putus dari pasangan, kamu akan merasakan gejolak perasaan yang sangat sedih. Satu malam kamu menangis sangat keras, that’s a good cry. 

Air mata yang keluar saat kamu sedang emosional atau sedih mengandung produk limbah biokimia beracun. Itulah alasan kenapa kamu cenderung merasa lebih baik setelah menangis, karena kamu sudah mengeluarkan limbah biokimia beracun itu. 

Itulah yang dipelajari oleh ahli biokimia William Frey, yang telah menghabiskan 15 tahun sebagai kepala tim peneliti mempelajari tentang air mata. Dia menyebutnya sebagai “The healing power of tears” atau kekuatan penyembuhan dari air mata. 

I needed to hate you to love me, yeah

4. Kalian Putus Karena Alasan 

Memang sangat menyakitkan untuk berpisah dengan orang yang sangat kamu cintai, apapun alasannya, kamu akan sangat patah. Namun, pasti ada alasan kuat kenapa kalian harus berpisah. Dan memang harus berpisah.

Misalnya, dia selingkuh sudah 3 kali, atau kamu terlalu needy, atau dia sering memukul kamu, dia posesif, dia pelit, atau kalian memang tidak cocok. Alasan itu penting untuk kamu jadikan pegangan bahwa berpisah adalah solusi terbaik untuk hidup yang lebih baik selanjutnya. 

5. Terima Fakta 

Tenangkan dirimu, lalu berpikir dengan jernih. Terima fakta kalau dia memang bukan untukmu atau bukan jodohmu. Begini sudut pandangnya, mungkin kamu berjodoh dengan orang yang lebih baik darinya dan mungkin juga dia memang tidak terlalu baik untukmu. 

Kamu harus menerima kenyataan bahwa kalian harus berhenti di sini. Tutup buku tentangnya dan persiapkan diri untuk memulai kisah yang lebih indah. 

Baca Juga: Apa Itu Toxic Relationship? Ciri, Tipe, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

6. Jangan Gunakan Media Sosial Sementara 

Bagaimana cara mengatasi patah hati menurut psikolog? Dikutip dari laman Psychology Today, kamu harus berhenti menggunakan media sosial sementara. Sosial media bisa trigger kamu untuk terus-menerus stalking mantan kamu. 

Dan bila kamu terus-terusan stalking mantan kamu, kamu tidak akan bisa move on dengan cepat. Posisi kamu ada di bawahnya, dan ini hanya akan membuat kesedihanmu bertahan lebih lama. 

7. Kumpulkan Kekuatanmu Lagi 

Pelan-pelan kamu harus kembali mengurus dirimu lagi. Kumpulkan lagi kekuatanmu untuk bisa melalui hari tanpa memikirkannya atau menyalahkan dirimu sendiri. 

Beri dirimu alasan masuk akal kenapa kamu harus move on. Misalnya, kamu harus menyelesaikan studi, mengumpulkan deadline, dan hal-hal penting lain yang bikin kamu jadi kuat lagi. 

8. Jaga dan Urus Dirimu 

Rasa sakit secara emosional bisa memengaruhi keadaan fisikmu. Misalnya, kamu sangat sedih hingga tidak nafsu makan, lalu kamu bisa sakit. Atau kamu jadi malas mandi, mengurus diri, membersihkan tempat tinggal, mengurus hewan peliharaan, dan lainnya. 

Yuk, waktu bersedih kamu sudah habis. Sekarang, jaga dirimu lagi. Makan sehat, olahraga, cuci muka, pakai skin care lagi, dan menjadi sehat lagi. Ini mungkin membutuhkan usaha keras, namun bisa kamu lakukan pelan-pelan. 

9. Buat Daftar Pro dan Kontra 

Cara mengatasi patah hati dengan menulis daftar good and bad tentang mantan kamu. Ini akan membantu kamu untuk melihat bahwa ternyata lebih banyak daftar “buruk” atau kontra tentang mantan kamu. 

Bukan berarti kamu ingin menjelek-jelekannya, namun ini seperti kamu sedang mengumpulkan alasan kenapa kamu harus move on dan agar kamu bisa kuat lagi. 

10. Hubungi Sahabat

Ngobrol lagi dengan sahabat kamu. Selama kamu pacaran, kamu mungkin melupakan sahabatmu. Bila ingin curhat, kamu bisa curhat, atau sekadar menanyakan kabarnya dan membuat lelucon konyol agar kamu bisa tertawa lagi. 

Namun, ada momen ketika sahabatmu kemudian bilang, “heh? putus lagi ya luh? udah gw bilangin ya itu cowo sampah ngapain diurusin. udah deh, kita makan es krim aja!” That’s the best best friend. 

11. Bantu Orang Lain 

Salah satu cara mengatasi patah hati yang paling efektif adalah dengan menolong orang lain. Saat kamu menolong orang lain, itu akan memberi perasaan bahagia dan spesial. Kamu akan merasa dirimu berguna dan berharga, dan kamu juga merasa senang saat orang yang kamu tolong merasa senang. 

Misalnya, bantu adikmu mengerjakan tugasnya. Tolong tetangga mendorong mobilnya. Atau tolong orang asing yang kamu temui di jalan. Kamu akan memahami bahwa di dunia ini ada banyak masalah dan kesedihan yang lebih berat dari yang kamu rasakan saat ini. 

12. Olahraga 

Cara mengatasi patah hati karena cinta bertepuk sebelah tangan? Mungkin kamu harus rajin olahraga. Latihan fisik dapat melepaskan hormon kebahagian, sekaligus menyehatkan. 

Kamu juga bisa mulai memperhatikan penampilanmu. Olahraga untuk membentuk tubuh jadi atletis atau jadi terlihat lebih seksi sehingga gebetan yang menolak kamu itu menyesal, that’s okay. Be glow up! 

Baca Juga: 10 Manfaat Olahraga untuk Stress Akibat Patah Hati 

13. Jalan-Jalan

Kamu butuh udara segar. Kamu butuh traveling agar pikiran kamu jadi fresh lagi. 

Kamu bisa jalan-jalan sendirian atau mengajak sahabatmu. Kamu harus melihat dunia luar, berkomunikasi lagi dengan orang lain, wisata kuliner misalnya, atau pergi ke tempat favorit untuk menenangkan diri. 

14. Cari Aktivitas Baru 

Berbagai tempat membuat kamu ingat sama dia? Okay, saatnya cari aktivitas baru untuk mengalihkan pikiran kamu dari bayangan tentang dia. 

Kamu bisa mulai belajar masak, ikut kelas online, webinar, berkebun, pelihara ikan cupang, merakit komputer, dan sebagainya. Lakukan hobi kamu atau apapun itu yang bisa menambah skill kamu. 

15. Mindfulness Meditation 

Salah satu jenis meditasi yang bisa membuat kamu merasa lebih tenang dan damai. Cobalah ikuti instruksinya:

16. Tell Yourself It’s Okay

Tidak apa-apa, sayang. Hidup memang menyebalkan seperti ini. Kamu berhak merasakan apapun. Tidak ada yang salah, tidak ada yang kalah, memang harus merasakan ini semua saat ini. 

Bila kamu ingin cerita, setidaknya untuk membuat kamu merasa sedikit lebih lega, kamu bisa sharing ceritamu di kolom komentar, ya! 

17. Hapus Jejaknya 

It’s a crucial point! Cara mengatasi patah hati dimulai dari menghapus semua jejak mantan kamu. 

  • Hapus nomornya. 
  • Unfollow dia. 
  • Hapus semua foto atau video dengannya. 
  • Hapus history chat sama dia. 
  • Bungkus barang-barang dari dia. 
  • Get rid of your old bad past. 

18. Sibukan Diri dengan Hal Positif 

Ayo, sibukan dirimu dengan hal-hal baik. Mungkin Tuhan dan semesta sengaja memisahkan kamu dan dia karena kalian berdua bad match dan cenderung negatif. Sekarang kamu sendirian jadi kamu bisa meningkatkan kualitas diri kamu. 

Baca Juga: Apa Itu Ghosting dalam Hubungan? Ciri, Cara Move On, dll

19. Jangan Cari Pelarian 

‘Don’t Get Over Someone By Getting Under Someone Else’

Jangan melupakan seseorang dengan menggunakan orang lain. Jangan jadikan orang lain sebagai pelarian agar kamu bisa merasakan baik-baik saja, itu sangat jahat. Sembuhkan dirimu dulu baru kamu bisa mulai cerita baru. 

20. Berdoa 

Cara mengatasi patah hati menurut Islam dengan berdoa. Semoga kita semua dapat sembuh dari patah hati dan semoga kita mendapatkan pasangan yang lebih baik. Amin. 

21. Cintai Dirimu Lagi 

Mungkin, kemarin kamu lupa mencintai dirimu sendiri karena terlalu sibuk mencintainya. Padahal, kita harus mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain. 

Sekarang, sebaiknya kita memeluk diri sendiri. Minta maaf sekaligus berterima kasih pada diri sendiri. Semuanya akan baik-baik saja. 

Baca Juga: Jomblo: Tips, Manfaat, Cara Mengatasi, dll

22. Konsultasi ke Profesional 

Bila kamu memiliki tanda-tanda frustasi, stres, atau depresi berkepanjangan entah apapun alasannya. Mohon minta bantuan ke keluarga, sahabat, dan bila tidak bisa terkontrol, konsultasikan kesehatan mental kamu ke profesional. 

23. Konsultasi ke Profesional 

Bila kamu memiliki tanda-tanda frustasi, stres, atau depresi berkepanjangan entah apapun alasannya. Mohon minta bantuan ke keluarga, sahabat, dan bila tidak bisa terkontrol, konsultasikan kesehatan mental kamu ke profesional. 

Itulah beberapa saran bagaimana cara mengatasi patah hati. Kita juga menulis topik yang sama dalam versi Bahasa Inggris yang lebih panjang dan detail di sini. Semoga tips ini bisa membantu kalian untuk merasa lebih baik lagi. Hugs and love! 

Referensi:

Ajjan, Chamin MS, LCSW, ACT. 2019. 7 Steps to Heal a Broken Heart. psychologytoday.com/us/blog/the-dynamics-love/201902/7-steps-heal-broken-heart

J. Borchard, Therese. 2011. 10 Tips to Mend a Broken Heart. psychcentral.com/blog/10-tips-to-mend-a-broken-heart#1. 

Lamothe, Cindy. 2019. The Practical Guide to Healing a Broken Heart. healthline.com/health/how-to-heal-a-broken-heart.

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s