17 Manfaat Jomblo bagi Kehidupan Kamu

Banyak orang yang menghina para jomblo, padahal ada banyak manfaat jomblo seperti kamu bisa bebas, punya waktu untuk meningkatkan kualitas diri, nggak ada drama, dan lebih sehat secara mental. Cek apa saja manfaat jadi jomblo atau tetap jomblo dalam pembahasan ini. 

Manfaat Jomblo bagi Kehidupan Kamu

Walaupun kamu belum punya pasangan alias jomblo, bukan berarti hidupmu kesepian. Karena, memiliki pacar atau pasangan sah bukanlah jaminan dari kebahagiaan seseorang. 

So, apa saja manfaat jomblo bagi kehidupanmu? Here we go! 

1. Kamu Bisa Belajar Mengenal Dirimu Lebih Dalam 

Menjadi jomblo berarti kamu punya banyak waktu dan kesempatan untuk lebih mengenal dirimu sendiri, seperti apa yang kamu suka dan tidak suka, hobi apa yang bisa membuat merasa lebih baik, karir seperti apa yang ingin kamu capai, dan seluruh keinginan hidupmu. 

Sebelum kamu mengenal orang lain (pasangan), kamu harus kenal dengan dirimu sendiri terlebih dulu. Menurut pakar hubungan dan penulis buku terlaris, Susan Winter, “menjadi jomblo adalah waktu yang tepat untuk menilai kembali siapa diri kamu dan apa tujuan kamu dalam hidup”.

2. Mencintai Dirimu Terlebih Dulu 

“And before I love someone else, I’ve got to love myself”

Save Myself – Ed Sheeran

Sebelum kamu mencintai orang lain, kamu harus mencintai diri sendiri. Kamu tidak bisa menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain. Kamu harus mengisi dirimu dengan cinta, kebahagiaan, tujuan, dan hidup untuk kemudian kamu kombinasikan dengan pacarmu nanti. 

3. Menghemat Banyak Waktu 

Hubungan pacaran bisa jadi hanya membuang-buang waktu berhargamu yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas diri dan hidupmu. Ada juga orang-orang yang pacaran hingga melupakan tanggung jawabnya untuk sekolah, kerja, olahraga, mengurus orang tua, atau peduli pada dirinya sendiri. 

Pernahkah kamu sangat menyesal lalu mengeluh, “hah, buang-buang waktu pacaran sama dia! apa yang ada di otak gw yang mau pacaran sama dia waktu itu?Cause I did. 

4. Menjadi Lebih Mandiri 

Hubungan pacaran bisa sangat manis, di mana kamu bisa sharing semua hal dalam hidupmu. But at some point, kamu mungkin jadi pribadi yang ketergantungan dengan pacar kamu (bila kamu belum dewasa secara emosional). 

Sementara bagi orang-orang yang jomblo berkualitas, mereka akan selalu belajar untuk mengatasi semua masalah hidupnya sendiri, menjadi sangat mandiri dan kuat. 

5. Bebas Melakukan Apapun 

Jomblo bebas melakukan apapun untuk mengeksplor dirinya sendiri, seperti ingin travel berhari-hari, main ke rumah teman, belajar seharian, mendaki gunung, kerja lembur, atau apapun tanpa ada orang yang mengganggu atau menuntut sesuatu. Kamu bisa meningkatkan kualitas hidupmu sendiri. 

Bila kamu punya pacar, itu juga tidak masalah, bila kamu dan dua adalah dua orang sehat dalam hubungan yang sehat. Bila tidak ada yang needy, clingy, atau cukup menyebalkan hingga di hidupmu harus hanya tentang dia. 

We’re happy, free, confused and lonely in the best way
It’s miserable and magical, oh yeah
Tonight’s the night when we forget about the heartbreaks
It’s time, oh-oh

Taylor Swift – 22

6. Memperkuat Hubungan dengan Teman 

Menurut Roxy Zarrabi, Psy.D., seorang psikolog klinis, salah satu manfaat jomblo adalah kamu jadi bisa memiliki hubungan berkualitas dengan sahabat kamu. Sahabat adalah support system kamu yang mencintaimu dan mendukungmu sepanjang waktu. 

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Social and Personal Relationships, seorang jomblo juga dapat meningkatkan hubungan sosial. Baik jomblo atau pun tidak, memiliki hubungan yang kuat dengan sahabat itu penting, namun mereka yang sudah punya pasangan cenderung tidak punya waktu untuk hubungan persahabatan. 

7. Fokus pada Pendidikan, Karir, dll 

Ini adalah waktu yang tepat untuk kamu bisa fokus pada apapun yang menjadi prioritasmu saat ini, seperti pendidikan, karir, fokus pada keluarga, bisnis, hobi, atau hal lain yang kamu percaya bisa membuat hidupmu dalam level yang lebih baik. 

Misalnya, kamu baru akan cari pacar setelah lulus kuliah agar kamu bisa fokus, atau baru berpacaran saat sudah bisa menghasilkan uang sehingga kamu bisa mengajak kekasihmu ke restoran paling mahal di kota. Sampai kamu menemukan dirimu, baru kamu bisa membuka diri untuk mencintai orang lain. 

Baca Juga: Jomblo: Tips, Manfaat, Cara Mengatasi, dll

8. Less Drama

Kebanyakan anak mudah yang memiliki pacar juga memiliki drama yang sangat rumit. Episode drama yang bahkan lebih panjang dari Drama Korea kesukaanmu. Selalu ada masalah yang tidak bisa mereka selesaikan. 

Sementara saat kamu sendiri, hidupmu rasanya bisa jadi lebih tenang karena tidak ada drama kolosal percintaan. Kamu bisa santai sambil belajar algoritma misalnya saat temanmu sedang bermain drama dengan pacarnya yang clingy

9. No Galau Galau Club 

No drama, no sad drama. Kamu bisa menggali terus potensi dirimu, daripada galau karena pacar. Ya, jomblo mungkin merasa sedih dan sedikit kesepian, namun kamu bisa selalu mengalihkan perasaan itu dengan bekerja lebih keras untuk dirimu sendiri, dan menghibur diri. 

10. Fokus pada Kesehatan 

Tahukan kamu, penelitian menunjukan bahwa orang yang belum menikah lebih sehat daripada mereka yang sudah menikah. Orang lajang atau jomblo lebih sering berolahraga daripada mereka yang sudah berkeluarga. 

11. Memiliki Lebih Sedikit Penyesalan 

Apa manfaat jomblo menurut Islam? Kamu mungkin dijauhkan dari penyesalan saat kamu jomblo, misalnya, kamu tidak melakukan hubungan yang tidak diperbolehkan oleh agama sebelum menikah. Hubungan yang mungkin membuat kamu menyesal. 

Roxy Zarrabi, Psy.D., seorang psikolog klinis mengungkapkan bahwa semakin kamu mengenal dirimu sendiri, maka semakin besar kesempatan kamu untuk mendapatkan pasangan yang tepat sesuai dirimu. Jadi, kamu tidak akan menyesal untuk berpacaran dengan orang yang salah atau berpacaran hanya untuk mengisi kekosongan.  

12. Menikmati Hidup

Yup, para jomblo bisa menikmati hidupnya sehidup-hidupnya. Bukan hanya menikmati hidup, namun juga bekerja keras untuk hidupnya hingga mencapai tujuan tertinggi. 

Sementara manfaat jomblo dalam Islam, kamu mungkin bisa lebih fokus ibadah dan berdoa untuk mendapat jodoh terbaik dalam waktu yang tepat. 

Baca Juga: 24 Ciri-Ciri Toxic Relationship yang Harus Kamu Waspadai 

13. Meningkatkan Kualitas Diri 

Kamu punya banyak waktu dan kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri. Misalnya, kamu fokus sekolah, kamu belajar main gitar agar menjadi generasi John Mayer, kamu ikut kelas balet, kamu bertanding di olimpiade, kamu melukis, kamu bekerja 9 to 5, atau apapun itu yang dapat membuat dirimu berkualitas. Dan kamu hanya ingin berpacaran dengan orang yang berkualitas juga. 

14. Pikiran Lebih Sehat

Yaaa, tidak ada tangisan karena diputusin. Tidak galau saat pacar tidak ada kabar. Tidak mengurusi atau mengasuh orang lain.

15. Memiliki Banyak Pilihan 

Sementara kamu masih jomblo, kamu memiliki banyak pilihan hidup atau pilihan pasangan yang potensial. Kamu bisa eksplor untuk mendapatkan yang terbaik. 

16. Mencegah Memilih Pasangan yang Tidak Tepat

Kamu jomblo bukan karena kamu tidak punya pilihan atau kamu tidak dipilih, namun karena kamu ingin mencari pasangan yang tepat. Sebelum menginginkan mendapatkan pasangan yang tepat, kamu harus jadi versi terbaik dari dirimu dulu.

17. Kamu Tetap Bahagia 

Banyak orang yang berpikir bahwa status berpacaran atau memiliki pasangan dan menikah adalah pusat pencapaian hidup tertinggi. Padahal, tidak begitu. Sama sekali bukan begitu cara dunia ini bekerja. 

Setiap orang memiliki indikator kebahagiaan dan kesuksesan masing-masing. Setiap orang juga memiliki prioritasnya sendiri. Bila menurutmu kebahagiaan berasal dari pacar kamu, then go ahead, namun jangan sekali-kali mengatakan orang jomblo atau sendiri adalah orang tidak bahagia. 

Jomblo tetap bahagia dengan caranya sendiri.

Itulah manfaat jomblo bagi kehidupanmu. Bukan berarti kamu akan menjadi jomblo selamanya, namun percayalah bahwa pasangan yang tepat akan datang pada waktu yang tepat. Sementara itu, tingkatkan kualitas diri dan jadi versi terbaik dirimu, untuk mendapatkan pasangan yang sama levelnya dengan kamu, di masa depan. 

Referensi:

Mateo, Ashley. 2019. The Surprising Benefits of Being Single. oprahdaily.com/life/relationships-love/a27790346/benefits-of-being-single/.

TIME. 2021. 9 Ways Being Single Can Improve Your Life. time.com/5401028/benefits-being-single-experts/.

Wallen, Daniel. 2020. 9 Surprising Benefits of Being Single That No One Has Told You Before. lifehack.org/articles/communication/9-surprising-benefits-being-single.html.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s