10 Manfaat Olahraga untuk Stress Akibat Patah Hati 

Baru aja putus dan galau berat? Kamu bisa olahraga untuk mengatasi kesedihan. Ketahui manfaat olahraga untuk mengobati depresi dan jenis olahraga menenangkan pikiran dalam pembahasan ini.

Manfaat Olahraga untuk Stress Akibat Patah Hati 

Jangan menunggu satu atau dua minggu setelah dia putusin kamu. Jangan juga menghabiskan waktu untuk menangis berdarah-darah untuk seseorang yang tidak membuat kamu sebagai prioritas utamanya. Lebih baik kamu membuat jadwal olahraga, ke gym, latihan fitness, dan menyiapkan semua alat yang kamu butuhkan untuk latihan olahraga.

Ini loh manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh dan mental, serta dapat menyembuhkan patah hati yang benar-benar patah, check ’em out:

1. Mengurangi Stres

Patah hati pasti bikin kamu stres, kan? Perasaan kamu sungguh tidak karuan, overthinking, dan sedih maksimal mikirin si doi. Kalau kamu sedang merasakan kesedihan itu, lebih baik kamu coba deh untuk olahraga.

Olahraga akan meningkatkan detak jantung kamu untuk menyembuhkan kembali saraf-saraf yang rusak di otak kamu akibat stres.

Olahraga juga membantu memproduksi neurohormon seperti norepinefrin, yaitu hormon yang dapat memperbaiki suasana hati kamu dan meningkatkan konsentrasi kamu biar nggak mikirin lagi hal-hal yang bikin kamu stres atau sedih.

Baca Juga: Jomblo: Tips, Manfaat, Cara Mengatasi, dll

2. Mengobati Depresi Kamu

Ditinggalin pas lagi sayang-sayangnya tuh rasanya…. lebih nggak enak daripada makan tempe rebus tanpa bumbu. Kesedihan karena ditinggalkan dan rasa kecewa yang terakumulasi dapat memicu gejala kegelisahan dan depresi.

Nah, jangan biarkan itu! Manfaat olahraga pagi dapat menjadi mood booster alami untuk mengobati depresi berkepanjangan yang kamu rasakan. Aktivitas fisik dapat meningkatkan produksi endorphin, yaitu zat kimia alami di tubuh kamu yang juga disebut sebagai hormon kebahagiaan.

Produksi hormon endorfin inilah yang akan bikin kamu merasa lebih baik, lebih positif, bahagia, lebih cerah, dan bye-bye depression.

3. Bikin Kamu Jadi Lebih PeDe

Tidak hanya untuk kesehatan fisik, manfaat olahraga juga untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu! Kok bisa? Olahraga akan merangsang kerjasama tubuh, pikiran, dan jiwa kamu untuk mencapai goals kamu. Misal, kamu ingin memiliki tubuh yang lebih ramping, berotot, perut rata, dan lainnya.

Bila semua itu tercapai, penampilan fisik yang lebih baik pasti meningkatkan kepercayaan diri kamu, kan? Jadi, itu salah satu manfaat olahraga untuk stress!

4. Melatih Otak

Wah, ternyata olahraga nggak cuma melatih otot, tapi otak juga, lho. Sebuah penelitian membuktikan bahwa latihan kardiovaskular dapat memicu produksi sel-sel otak baru, yang itu berarti akan membantu meningkatkan kerja otak dan kemampuan kognitif kamu.

Selain itu, kamu jadi punya hal-hal penting lain selain mikirin doi. Misalnya, kamu jadi punya goals untuk bisa lari lebih jauh, angkat beban lebih berat, atau jadi fokus untuk menguatkan dan membentuk bagian otot tertentu.

5. Upaya untuk Lebih Bahagia

Kamu hanya akan menjadi lebih sedih bila kamu hanya rebahan sambil stalking gebetan baru sang mantan. Lebih baik, kamu mampir ke tempat gym terdekat kamu dan mulai buat jadwal latihan. 

Bila ke gym terlalu mahal, kamu bisa jogging di sekitar tempat tinggal kamu di pagi hari. Lumayan juga kan kalo bisa ketemu kembang desa atau AA kasep di sekitaran. Kamu nggak akan tau mungkin saja kamu ketemu jodoh pas lagi latihan pemanasan.

Well, olahraga juga bisa bikin kamu jadi tidur nyenyak, lho. Aktivitas fisik serta latihan konsentrasi yang melelahkan akan memberikan efek ketenangan yang akan bikin kamu tidur lebih nyenyak. Juga, tidur tanpa memimpikannya.

Baca Juga: Apa Itu Toxic Relationship? Ciri, Tipe, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

Manfaat olahraga untuk stress lainnya:

  • Tubuh kamu jadi lebih sehat. 
  • Kamu akan jadi lebih aktif bergerak. 
  • Kamu bisa keluar, menghirup udara segar, dan mungkin bertemu dengan lebih banyak orang.
  • Membakar kalori dan membakar dia dari pikiranmu. 
  • Tubuh jadi bugar dan prima. 
  • Kamu akan terlihat lebih menarik secara fisik. 
  • Kamu mungkin akan bertemu teman-teman baru. 
  • Kamu mengalihkan pikiran sedih dengan sesuatu yang positif. 
  • You can always be a better person than them. 

Manfaat Olahraga untuk Mengobati Depresi

Beberapa penelitian membuktikan bahwa cara paling efektif untuk mengatasi patah hati adalah dengan mengalihkan perasaan sedih tersebut dengan berbagai kegiatan positif, salah satunya adalah dengan berolahraga. 

Olahraga secara teratur akan mengurangi hormon stres di dalam tubuh kamu, yaitu hormon adrenalin dan kortisol sehingga kamu bisa merasa lebih rileks dan pelan-pelan melupakan si dia yang sudah bikin hati kamu ambyar.

Manfaat olahraga untuk tubuh berfungsi untuk meningkatkan hormon endorfin, yaitu bahan kimia natural di otak kamu yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit, nyeri, ngilu, patah hati, sedih, berduka, dan galau ekstrim secara alami dan membuat suasana hati kamu jadi lebih baik. Selain itu, penampilan yang sehat dan body yang uwuw pasti akan jadi modal yang bagus banget buat cari pacar baru, kan?

Baca Juga: 31 Ways to Move On from A Breakup (Do These Things!)

Jenis Latihan Olahraga Penghilang Depresi untuk Kamu yang Baru Putus

Jadi gitu loh manfaat olahraga untuk stress buat mas dan mbaknya. Olahraga bisa jadi pelarian paling ampuh untuk mengatasi patah hati. Lalu, gimana caranya? Simak baik-baik jenis latihan olahraga apa saja untuk mengikis duka-cita atas kepergiannya!

1. Yoga

Ah, yoga! Semoga nama mantan pacar kamu buka yoga ya karena… sudahlah. Yoga adalah jenis latihan olahraga untuk memusatkan fokus, pikiran, dan jiwa di dalam dirimu. Yoga juga termasuk dalam meditasi yang paling direkomendasikan untuk mengatasi stres, depresi, dan gejala ketidakseimbangan mental lainnya.

Kamu bisa ikut kelas yoga atau kamu bisa melakukannya sendiri di kamarmu. Cara melakukan latihan yoga untuk menghilangkan stres adalah:

  • Siapkan space di kamar kamu. Kamu bisa menggunakan matras sebagai alas, atau kamu mungkin tetap bisa melakukan yoga di atas kasur, jangan sampai kelewatan rebahan, ya!
  • Duduk dengan posisi kaki bersila, badan tegak, dan dada membusung.
  • Kencangkan otot-otot kamu sambil atur napas kamu.
  •  Eits, jangan lupa nyalakan musik meditasi ya.
  • Fokuskan pikiran kamu dan relax, relax, relax.
  • Kamu bisa melakukan gerakan yoga ini sekitar 15-20 menit hingga kamu merasa lebih tenang.
  • Lakukan setiap hari, sebelum tidur, ada setiap kamu tidak merasa baik-baik saja. 

2. HIIT (High-Intensity Interval Training)

HIIT (high-intensity interval training) adalah latihan interval dalam intensitas tinggi. Latihan ini ditujukan untuk melatih dan membentuk otot sekaligus membakar kalori.

Contoh dari high-intensity interval training olahraga penghilang depresi adalah latihan:

  • Pushups
  • Squats
  • Sit up
  • Sprint
  • Walk and sprint
  • Dan lainnya

Latihan ini lumayan sulit. Kamu membutuhkan fokus, disiplin, serta energi. Nah, daripada menghabiskan energi untuk mikiran mantan, lebih baik menggunakan energi tersebut untuk olahraga, kan?

3. Lari

Yap, olahraga lari sudah paling benar dan mudah, ini salah satu jenis olahraga menenangkan pikiran yang paling efektif. Lari adalah salah satu jenis latihan kardio untuk membakar kalori serta melatih otot seluruh tubuh kamu. Selain itu, kamu nggak perlu persiapan atau alat-alat yang merepotkan dan mahal untuk olahraga lari.

Kamu cukup siapakan kemauan, sepatu lari, serta gunakan baju yang adem dan menyerap keringat, ya! Paling dianjurkan lari di pagi hari saat cuaca masih segar dan tubuh kamu juga masih semangat. eh, tapi jangan lari-lari ke rumah mantan, ya!

4. Boxing

Baiklah. Saya mungkin harus memberi rekomendasi jenis olahraga yang baik untuk kesehatan, olahraga menenangkan pikiran, serta dapat melampiaskan seluruh emosi. Cobalah olahraga boxing! Latihan boxing dapat melatih fokus tubuh dan otak kamu. Kamu memiliki satu target yang harus dicapai dengan gerakan dan teknik yang tepat.

Bagaimana bila sekalian membayangkan samsak tinju tersebut adalah mantan kamu? Kamu mungkin bisa menjadi juara dunia boxing tingkat kecamatan, one pride pro never quit!

Baca Juga: Apa Itu Hook Up? Aturan, Pergaulan, Risiko, dll

5. Pole Dancing

Pole dancing? Yup, rekomendasi jenis olahraga untuk kamu yang baru putus! Bila kamu sangat kesal dengan mantan cowok kamu, kamu disarankan latihan pole dancing setidaknya agar kamu dapat merasa sedikit seperti Beyonce, Maria Carey, atau Britney Spears dalam lagu Oops, I Did It Again!

Setidaknya, itu akan membuat kamu merasa bahwa mantan kamu baru saja melewatkan wanita paling seksi di Indonesia dan dia akan menyesal. Oh, bila pole dancing terlalu berat untuk kamu, kamu bisa coba latihan zumba atau senam aerobik!

Putus cinta memang menyebalkan. Rasanya kamu ingin berteriak pada sang mantan, “Apa salahku?” dan “Koe bikin hatiku ambyar!” 

Tapi, percayalah bahwa kamu tidak perlu mencoba menahan orang-orang yang ingin pergi darimu. Bila cinta, dia tidak akan pergi apapun yang akan terjadi. Kamu tidak boleh menyalahkan dirimu, tidak perlu juga menyalahkan dia. Sebaiknya, kamu latih dirimu untuk menjadi orang yang lebih baik agar dicintai oleh pecinta yang lebih baik.

Itulah pembahasan tentang manfaat olahraga untuk stress akibat patah hati. Semangat olahraga dan semoga hatimu cepat pulih! Amin! 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s