Jomblo: Tips, Manfaat, Cara Mengatasi, dll

Ngomongin jomblo itu sama seperti ngomongin masalah kemacetan jalanan ibu kota: nggak ada habisnya. Sama-sama bikin kesal, sama-sama butuh kesabaran ekstra kuat. 

Terlebih lagi, waktu cepat berlalu. Semakin banyak undangan nikah dari teman-teman satu angkatan, bahkan dari bocah kemarin sore pun. Juga semakin banyak orang-orang rese yang selalu nanya, “Eh, elu kapan nikah? Mau berapa abad lagi ngejomblo?” Yaelah, orang-orang kaya gitu harusnya hidup di Korea Utara saja.

Maksudnya, sudahlah jangan tanya-tanya masalah kapan lulus, kapan kerja, kapan nikah, dan kapan-kapan lainnya. Karena nggak semua ‘kapan’ harus dijawab. Kenapa? Karena Tuhan pun nggak jawab pertanyaan kapan kamu mati. Oke, hold on! 

Apa Itu Jomblo? 

Menurut KBBI jomblo adalah “JOMLO“. Ya, penulisan yang benar adalah ‘jomlo’ bukan ‘jomblo’, yang artinya adalah keadaan saat seseorang sedang tidak punya pasangan. 

Perlu ditekankan jika jomlo adalah posisi saat kamu sedang tidak punya pacar, bukan berarti keadaan menyedihkan, kesepian, terpuruk, menderita, seperti stigma masyarakat awam kebanyakan saat ini. So? Ayolah, jomlo itu bukan sesuatu yang harus kamu sedih-sedihin. Faktanya, banyak jomblo yang bisa tersenyum dan bahkan lebih bahagia dari mereka yang punya pasangan.

Keuntungan Jomblo Menurut Penelitian 

Sebuah penelitian di New Zealand mengatakan bahwa orang-orang yang terhindar dari drama, perseteruan, dan konflik jenis apapun, adalah mereka yang cenderung lebih bahagia. Orang-orang seperti memiliki hidup yang lebih berkualitas karena mereka mengetahui apa-apa yang benar mereka inginkan. So, cek manfaat jomblo berikut ini: 

1. Less Drama 

Percayalah wahai kaum millennials jika hidup ini akan terasa bahagia tanpa drama yang biasanya dimiliki oleh orang dengan pasangan yang salah. No drama-drama! 

2. Bye-bye Galau!

Duh, apa fungsinya kamu punya pacar jika pasanganmu itu cuma bikin kamu galau? Dia nge-love foto seksi cewek di Instagram, kamu galau. Cewekmu hangout sama temen kantornya yang lebih mapan, kamu galau dua kali. Pacarmu nggak kasih kabar dua menit, kamu ekstra galau. 

Come on! Jika hidupmu kebanyakan galau, dan kamu nggak bisa mengontrolnya, lebih baik jangan punya pacar. Setidaknya, jangan punya pacar sampai emosi kamu sudah cukup dewasa untuk nggak galau tentang setiap hal. 

Baca Juga: 23 Surprising Benefits of Being Alone for Your Physical and Mental Health

3. Hidupmu Lebih Berkualitas 

Yes!! Saat kamu nggak punya pasangan, kamu akan punya lebih banyak waktu untuk cuma mikirin hidup kamu tanpa terganggu oleh yang lain. Dalam hal ini, kamu bisa tau mana priority lists kamu. 

Kamu juga bisa lebih fokus dengan tujuan kamu seperti karir kamu, pekerjaan, pendidikan, mimpi-mimpi kamu yang dulu mungkin kamu lupakan karena pasanganmu terlalu menyebalkan! Atau karena kamu terlalu sibuk mengurusi hidupnya daripada hidupmu di masa muda ini. 

4. Sahabat dan Support System Lebih Berfaedah 

Hidup yang paling indah dimiliki oleh mereka yang punya sahabat sejati dan support system yang nggak ada matinya dukung kamu! Keuntungan jomblo lainnya, kamu bisa terus bareng sama sahabatmu untuk melakukan hal-hal yang nggak bisa kamu lakukan sama pasanganmu. 

Terlebih lagi, sahabatmu akan ada bersamamu untuk mendukung kamu. Lalu, memiliki support system yang baik bisa bikin kamu menjadi orang yang lebih baik! 

5. Baik Bagi Kesehatan Fisik dan Mental 

Kamu nggak percaya? Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa 73% orang yang sudah menikah tidak memiliki waktu untuk berolahraga bahkan hanya untuk 150 menit per minggu. Sedangkan, mereka yang jomblo memiliki waktu untuk berolahraga serta berpikir tentang kesehatan mereka lebih baik. 

Selain itu, studi pada tahun 2013 menyebutkan bahwa pengantin baru akan mengalami kenaikan berat badan selama empat puluh tahun pernikahan, yang itu berarti tidak terlalu baik untuk kesehatan fisik. 

Jadi, para jomblo memiliki kesehatan mental yang clear dan bugar karena terhindar dari konflik atau drama-drama pacaran. 

6. I am Free! 

Hal terbaik dari menjadi jomblo adalah kamu benar-benar bebas menjadi dirimu sendiri! Kamu bisa traveling selama apapun dan kemana saja! 

Kamu bisa pergi dan melakukan apa saja yang kamu suka dan baik untuk kamu. Kamu bisa main game selama apapun tanpa ada yang ganggu! Kamu bisa belanja sesukamu! Ah, I am free as the birds flying! 

Baca Juga: 29 Istilah Dating Tren di Kalangan Millennial yang Belum Kamu Tahu

Manfaat Jomblo Lainnya

Ini beberapa keuntungan jadi jomblo: 

  • Punya banyak waktu untuk diri sendiri dan orang-orang yang kamu sayang.
  • Punya banyak space untuk fokus sama hobi dan bakat kamu.
  • No patah hati. 
  • Jauh dari stres. 
  • Bebaslah mau gaul sama siapapun.
  • Nggak ada lagi yang larang-larang kamu.
  • Jauh dari dosa karena menyakiti orang lain. 
  • Kamu akan belajar cara jadi mandiri. 
  • Melatih kesabaran dan kesetiaan.
  • Manfaat jomblo dalam Islam, untuk menjauhkan diri dari zina. 
  • Kamu memiliki waktu lebih banyak untuk belajar tentang hidup kamu atau tentang bagaimana mengelola emosi, menjadi pribadi yang lebih baik, mencapai tujuan, dan bagaimana cara mengatur hidup sendiri sebelum memasukan orang lain di hidupmu. 

Nah, itulah manfaat jadi jomblo. So, jangan takut ya kalo ditanya kenapa dan mau berapa lama lagi ngejomblo. Selow aja, joms! 

Alasan Kenapa Kamu Masih Jomblo? 

OK Google kenapa aku jomblo: 

  • Kamu memang belum mau pacaran karena lagi fokus ngejar sesuatu yang sangat besar.
  • Kamu sedang fokus pada karir atau pendidikan. 
  • Kamu harus membahagiakan dirimu sendiri lebih dulu sebelum orang lain. 
  • Ada urusan dan tanggung jawab keluarga yang harus kamu tunaikan lebih dulu sebelum pacaran. 
  • Kamu punya standar tinggi. 
  • Kamu nggak mau terbuka sama orang.
  • Bisa jadi karena kamu lagi fokus ngejar seseorang di ujung sana.
  • Kalau kamu jomblo karena nggak bisa move on sama mantan. Ini agak bahaya! 
  • Nggak boleh pacaran sama ortu! Huhu! 
  • Kamu sedang menunggu seseorang yang lebih baik untuk mengeluarkan kamu dari kejombloan. 
  • Kamu trauma pacaran? 
  • Bisa saja kamu memutuskan jadi jomblo saja karena kamu memiliki terlalu banyak pilihan tapi nggak ada yang cocok.
  • Nggak mau pacaran, kamu mau langsung nikah aja! Savage! 
  • Ada yang selalu mendoakanmu dalam diam. Lovely!

Uwuwuw, itulah alasan kenapa saya jomblo, yang sebenarnya nggak salah-salah banget. So, gimana cara mengatasi jomblo? Gimana cara cepat mendapatkan pacar? Gimana biar tetap bahagia jadi jomblo? Yuk, simak lebih lanjut! 

Cara Mengatasi Jomblo Terlalu Lama

Inilah cara mengatasi kejombloan kamu yang mungkin akut dan kronis: 

1. Make Sure Kamu Tetap Punya Tujuan Hidup

Walaupun kamu nggak punya pasangan, kamu harus tetap fokus sama tujuan hidup kamu. Kamu harus tetap sibuk, produktif, aktif, dan berkarya.

2. Kamu Harus Mulai Realistis

Kebanyakan para jomblo berkepanjangan karena mereka terlalu banyak milih. “Mau yang kaya Chanyeol. Harus setampan Lee Min Ho. Mau yang kaya Prince Harry!”

Ayolah, hidup harus realistis karena di dunia nyata kamu tidak mungkin menemukan yang sempurna namun itu sudah menyempurnakanmu. 

3. Jangan Terpaku pada Seseorang 

Biasanya, kamu terlalu terpaku pada seseorang. Menunggu seseorang yang belum tentu. Terlalu berusaha keras sampai menyakitkan diri sendiri. 

Kamu sudah terlalu lama menunggu hingga kamu kehilangan banyak waktu untuk menemukan yang lebih baik. Berhentilah. Jika dia tidak kunjung memperdulikan dirimu, tinggalkan saja. 

Baca Juga: 31 Ways to Move On from A Breakup (Do These Things!)

4. Buka Hati untuk Yang Lain

Kamu sudah harus berkenalan dengan orang lain dan memulai cerita baru. Bergaul dengan lebih banyak orang dan jadikan dirimu lebih baik. 

5. Tampil Lebih Menarik Lagi 

Cara mengatasi jomblo berkepanjangan adalah dengan memperbaiki penampilan. Kamu harus tampil lebih cantik atau lebih ganteng lagi untuk diri masing-masing. Saat kamu menghargai penampilan dirimu, maka orang lain juga akan mulai melihatmu dengan cara yang lebih baik.

Anyway, banyak yang bilang jika cinta itu mulai dari hati. Tapi gengs, kita harus realistis berpikir bahwa sebelum hati, adalah mata yang membuat orang lain ingin melihat dan mengenalmu. Tetap menjadi dirimu sendiri dengan berpenampilan lebih memikat. Gayamu berpakaian adalah caramu menghargai diri. 

6. Stay Classy 

Bagaimana cara mengatasi jomblo terlalu lama? Seorang jomblo harus tetap berkelas. Kamu harus tetap berbuat baik pada diri sendiri untuk menginspirasi orang lain. 

7. Jadilah Jomblo Berprestasi 

Ya, saat yang lain menghabiskan masa muda dengan berpacaran bertahun-tahun dengan pasangan yang belum tentu mereka nikahi nanti, kamu harus memiliki prestasi lain. 

Misal, biar saja kamu jomblo tapi kamu lulus tepat waktu dengan IPK 4.00 dan semua orang bangga padamu. Biar saja kamu jomblo tapi kamu memiliki karir gemilang sehingga banyak orang nanti yang akan terpesona denganmu. Biar saja kamu jomblo tapi kamu bisa membahagiakan orang tuamu dengan apa yang tidak bisa mereka lakukan. Biarkan saja! 

8. Jomblo Bukan Kesepian 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, kamu adalah jomblo tapi bukan berarti kamu kesepian. Luaskan pergaulanmu dengan ikut komunitas yang bermanfaat. 

Di sana kamu bisa mendapat banyak ilmu plus berkenalan dengan orang-orang baru yang mungkin bisa kamu gebet nanti. Kamu harus memusatkan rasa cinta itu pada dirimu sendiri, jadi kamu tidak kesepian walaupun masih sendirian. 

9. Tetap Bersinar

Faktanya, kamu bisa tetap bersinar dengan hal-hal yang sedang kamu geluti. Misal, kamu sedang memulai bisnis kecil-kecilan, kamu harus menjadi yang terbaik di bidangmu! 

Sementara itu, orang yang tepat akan datang padamu nanti. Siapa yang tidak ingin kencan dengan orang yang hebat sepertimu? Hanya butuh sedikit waktu dan usaha lagi untuk menemukannya. 

10. Duh, Ngapain Pacaran? Mending Nikah 

Persiapkan dirimu untuk ke arah yang lebih positif. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa pacaran hanya membuang waktu dan tenaga. Lebih baik, kamu fokuskan diri pada hal-hal bermanfaat seperti nabung untuk nikah!

Kamu bisa menjalani ta’aruf bagi yang Muslim. Kamu bisa memantapkan dirimu, jiwamu, kemampuan finansial, dan sebagainya untuk ke jenjang yang lebih tinggi sampai nanti kamu menemukan soulmate kamu. 

Orang yang tepat akan datang pada waktu yang tepat.

http://www.yourdevan.com

Nah, begitulah tips mengatasi kejombloan bermanfaat. Yang terpenting, kamu harus tetap semangat untuk menemukan yang terbaik. 

Tips Cari Pasangan Terbaik 

Nah, sekarang kita intip yuk gimana caranya mendapat pasangan terbaik dan cara mengatasi jomblo terlalu lama! 

1. Pastikan Dirimu Pantas untuk Orang Yang Pantas 

Jika kamu ingin mendapat wanita yang baik, kamu juga harus menjadi laki-laki baik. Jika kamu ingin mendapat calon suami bertanggung jawab, kamu juga lah harus menjadi seorang wanita yang luar biasa. 

Pasalnya, kamu memetik apa yang kamu tanam! Hidup tidak bisa seperti menanam kacang lalu memetik buah anggur. Hidup tidak sefantasi itu! 

2. Cari Pasangan dengan Cara yang Baik 

Berikan mereka cinta dan kesan pertama yang cemerlang. Saat kamu sedang pdkt, jangan berlebihan, jangan drama, jangan sok tahu, dan jangan gombal juga. 

Bila kamu adalah orang yang cenderung religius dan ingin mendapatkan pasangan yang sama religiusnya, kamu mungkin bisa mencari pacar di komunitas gereja atau keagamaan. Bila ingin cari pasangan soleha, kamu juga harus bergaul di tempat-tempat yang potensial.

3. Berikan Hadiah Kecil

Tidak perlu rumit, cinta kadang bisa sederhana. Kamu bisa berikan hadiah kecil pada gebetan. Setelah pdkt cukup lama dan kamu rasa dia juga menyukaimu, berikan dia hadiah kecil seperti coklat KitKat dan sebagainya, hingga kamu siap menyatakan perasaanmu. 

4. Jangan Pacaran-Pacaran Doang 

Kalau kamu masih usia belasan, kamu mungkin tidak akan mengerti. Jika kamu hanya akan berakhir pada level pacaran-pacaran doang, abaikan. Dalam hidup ini ada banyak yang bisa kamu lakukan lebih baik dari sekedar pacaran-pacaran doang terus galau diputusin. Berpikirlah untuk sesuatu yang lebih baik! 

Baca Juga: 20 Ways Not to be Lonely When You Are Single AF

Tips Lainnya Untuk Cari Pacar 

Ini beberapa tips dan cara mengatasi jomblo berkepanjangan:

  • Ikut komunitas untuk kenalan dengan banyak orang.
  • Senyum dan berikan kesan yang baik. 
  • Ketahui personaliti gebetanmu.
  • Jangan melakukan PDKT ekstrim.
  • Jaman sekarang, kamu bisa kenalan dengan orang melalui sosmed atau coba dating apps, tapi hati-hati ya! 
  • Atau, jangan cari jauh-jauh, bisa saja calonmu adalah sahabatku sendiri. 
  • Buka hatimu. 
  • Jangan jadi pemilih namun tetap pilih pacar yang tepat. 
  • Jangan terlalu sibuk sampai kamu lupa kamu akan menua dan butuh cinta. 

Nah, itulah cara mengatasi jomblo berkepanjangan! Semoga bisa membantu kamu menemukan cinta sejatimu! Stay Happy, Joms!

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s