24 Ciri-Ciri Toxic Relationship yang Harus Kamu Waspadai 

Ciri-ciri toxic relationship adalah hubungan yang tidak bahagia, penuh kemarahan, kebohongan, pasangan tidak menghargai kamu, dan membuat stres berkepanjangan. Ketahui apa saja tanda toxic relationship dan cara mengatasinya dalam pembahasan ini. 

Toxic Relationship Itu Apa?

Toxic relationship adalah hubungan tidak sehat atau beracun yang membuat salah satu pihak atau keduanya merasa tersakiti dan tidak bahagia. Hubungan romantis (pacaran atau pernikahan) yang seharusnya indah malah menguras emosi. Pasangan selalu bertengkar, berdebat, saling tidak peduli, dan penuh drama berbahaya. 

Ciri-Ciri Toxic Relationship yang Harus Kamu Waspadai 

Setiap hubungan pasti memiliki dinamika masalah, perdebatan, pertengkaran, atau masalah lainnya. Ini biasa, namun masalah-masalah tersebut berlangsung berkepanjangan pada hubungan toxic. Pasangan kamu juga sulit diajak kerjasama untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Inilah beberapa tanda toxic relationship yang harus kamu waspadai: 

1. Tidak Ada Dukungan 

Pasangan kamu tidak lagi mendukung kamu untuk hal-hal penting dalam hidupmu. Pasangan kamu bahkan mungkin seperti berkompetisi untuk menunjukan siapa yang lebih hebat, padahal seharusnya saling mendukung, saling menyemangati, dan saling menjaga. 

2. Komunikasi Buruk 

Kamu dan pasangan tidak dapat duduk tenang dan mengobrol dengan kepala dingin untuk menyelesaikan suatu masalah atau sekadar mencari solusi terbaik. Percakapan biasanya dipenuhi dengan sarkasme, kritik menjatuhkan, saling menyalahkan, dan permusuhan terbuka. Pada poin paling menyebalkan, kalian bahkan menolak untuk bicara karena malas untuk bertengkar lagi dan lagi. 

3. Cemburu Berlebihan 

Cemburu kecil adalah hal wajar sebagai manusia yang memiliki perasaan. Berbeda pada hubungan toxic di mana pasangan selalu cemburu tanpa alasan. Dia cemburu saat kamu bicara dengan teman kantor. Dia cemburu karena kamu lebih sukses darinya. Dia cemburu kemudian mengekang, merasa insecure, dan tidak percaya padamu. 

4. Posesif

Pasangan akan bertanya dari A-Z semua hal yang kamu lakukan, kamu habis pergi ke mana, sama siapa, dan sebagainya. Karena pasangan toxic dan tidak percaya padamu, kemudian dia melarang kamu ini dan itu. 

5. Tidak Jujur 

Dia tidak jujur padamu. Itu membuatmu marah. Semakin kamu menangkapnya berbohong, dia membuat kebohongan baru. Dan kamu juga mulai berbohong pada dia dan dirimu sendiri untuk menghindari pertengkaran baru. 

6. Tidak Menghargai Kamu 

Misalnya, dia selalu datang terlambat saat kalian janji bertemu atau dia bahkan melupakan janji tersebut. Dia melupakan hari-hari penting kamu. Dia tidak menganggap opinimu penting dan dia mementingkan dirinya sendiri. 

Baca Juga: Apa Itu Toxic Relationship? Ciri, Tipe, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

7. Kebencian 

Oke, kamu mencintainya, namun perilakunya buruk sekali hingga kamu ingin membencinya. Namun, kamu tidak dapat membencinya, walaupun kebenaran itu dan rasa frustasi sudah menumpuk. 

8. Tidak Peduli Padamu 

Ciri-ciri toxic relationship lainnya adalah dia tidak peduli apapun tentang kamu. Dia mengabaikanmu terus-menerus. Dia tidak mendengarkanmu. Dia seperti pergi begitu saja. 

Di sisi lain, kamu terpaksa memenuhi kebutuhannya karena kamu tidak tahu apalagi yang harus kamu lakukan untuk membuatnya jadi baik padamu. Misalnya, kamu ada meeting di hari senin siang, di saat yang sama dia memintamu pergi di hari senin siang, dan kamu mengiyakan ajakannya. 

9. Kamu Tidak Mempedulikan Dirimu Sendiri 

Kamu menghabiskan banyak waktu, pikiran, dan tenaga hanya untuk memikirnya. Kamu tidak lagi bersenang-senang dengan sahabatmu karena dia melarangnya. Kamu berhenti melakukan hobimu karena entah kenapa kamu mengorbankan semuanya untuk dia. 

10. Tidak Ada Usaha 

Dia tidak berusaha untuk menyelesaikan masalah. Ya, dia mungkin duduk di sampingmu sekarang namun dia tidak mau mengubah apapun agar hubungan kalian jadi baik lagi. 

Dia tetap menabaikanmu, menuntut, menyalahkan, mencari validasi kebenaran untuk dirinya sendiri, dan menyerangmu secara emosional. Dia tidak lagi memberi, tidak lagi berinvestasi cinta padamu, namun dia mengambil banyak darimu. 

11. Hanya Kamu yang Berusaha 

Ciri-ciri toxic relationship, misalnya, hanya kamu yang meluangkan waktu untuk bertemu dengannya. Kamu yang coba bicara untuk menyelesaikan masalah. Kamu yang berusaha sangat keras agar dia tetap ada dalam hubungan ini. 

Sayang, kamu tidak bisa bekerja sendirian untuk membuat hubungan tetap harmonis. Akan sangat melelahkan dan berisiko untuk mendayung sendirian saat ombaknya besar, atau saat dia yang menyebabkan ombak tersebut. 

Baca Juga: 6 Cara Menghadapi Silent Treatment – Arti, Ciri, Jenis, Tips, dll

12. Kamu Seperti Berjalan di Ranting Kering 

Bila terus berjalan, jatuh. Bila diam di situ, kamu jatuh juga. 

Kamu sudah terlalu lelah hingga kamu mengabaikan atau pura-pura bahwa ini baik-baik saja. Kamu malas membicarakan masalah yang sama karena ujung-ujungnya hanya akan ribut lagi. Pada akhirnya, kamu menyimpan masalah dan kesedihan yang dia buat di hidupmu sendirian. 

13. Hanya Bisa Berharap

Tidak ada lagi yang bisa kamu lakukan selain berharap agar dia bisa merubah dirinya sendiri jadi baik. Kamu bahkan berpikir bila kamu yang merubah perilakumu padanya, bila tetap bersikap baik padanya, dia akan jadi baik juga. Faktanya, tidak. 

14. Kehilangan Hubungan Sosial 

Ciri-ciri toxic relationship selanjutnya adalah kamu jadi berhenti bergaul dengan orang lain, karena pasangan tidak mengizinkanmu atau untuk mencegah konflik. Kamu mungkin juga jadi jauh dengan sahabat dan keluargamu. Bila memiliki waktu luang, kamu cenderung ingin fokus pada pasanganmu. 

15. Perilaku Boros 

Tanda toxic relationship selanjutnya adalah pasangan kamu membuatmu jadi orang yang boros. Pasanganmu mungkin juga ingin mengambil kontrol atas keuanganmu. Misalnya, dia selalu minta hadiah mahal sebagai bukti cintamu padanya. 

16. Stres Berkepanjangan 

Hubungan romantis yang seharusnya manis malah membuatmu stres dari waktu ke waktu. Selalu berdebat, selalu tidak menemukan solusi, selalu menyalahkan, dan sebagainya. Rasa stres ini akan memengaruhimu secara emosional dan fisik. 

Baca Juga: 13 Cara Menghilangkan Stres Bersama Pasangan

17. Kamu Lelah Bicara dengan Pasangan 

Karena saking lelahnya dan kamu tahu bahwa tidak ada gunanya lagi menjelaskan ini dan itu, kamu jadi menolak untuk membicarakan apa yang kamu inginkan dan mengekspresikan perasaanmu. Akhirnya, kamu hanya diam dan mau tidak mau mengikuti apa keinginannya saja. Pernahkah kamu terlalu lelah dan bilang, “yaudah, terserah kamu aja deh.” 

18. Kamu Tidak Bisa Mengatakan “Tidak”

Apapun yang dia inginkan, dia mau kamu untuk melakukannya. Dia tidak mau mendengar kata “tidak”. Dia tidak bisa ditolak. Kamu tidak bisa mengatakan, “tapi hari sabtu ini aku harus anter mama check up ke dokter. kita kencan minggu pagi ya?” Nope, dia tidak suka penolakan seperti itu. 

19. Tidak Ada Masalah yang Selesai 

Semua masalah berakhir dengan argumen dan masalah baru. Seperti tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat hubungan jadi harmonis lagi. 

20. Tidak Ada Privasi 

Pasangan selalu mengecek handphone kamu karena dia tidak percaya padamu, selalu curiga, dan cemburu tanpa alasan. Hanya karena dia pacarmu, dia mengira dia punya hak milik atas dirimu. Dia ingin tahu semua tentang kamu bukan karena dia peduli padamu, namun karena dia pikir dia bisa mengatur dan “memilikimu”.

21. Kamu Tidak Bahagia 

Apapun yang kamu lakukan untuknya, bagaimanapun kamu berjuang agar hubungan tidak berakhir, dan semua cara yang usahakan agar semuanya jadi harmonis lagi, hanya membuatmu semakin lelah dan stres.

Bila kamu secara konstan tidak bahagia, bila pasangan yang seharusnya menjadi support system kamu malah menjadi orang pertama yang membuat harimu jadi kacau, mau itu pengertian toxic relationship dan kamu harus tahu kapan harus pergi. 

Baca Juga: 32 Tipe Hubungan Cinta, Kamu Sedang Menjalani yang Mana?

22. Hubungan Toxic Membuat Kamu Semakin Kesepian 

Secara status, kalian masih berpacaran namun sebenarnya hanya kamu yang mengharapkan itu. Dia sepertinya sudah pergi dari hubungan tersebut tanpa kamu sadari. Semua yang dia lakukan membuat kamu kesepian, sedih, marah, merasa tidak berharga, dan tidak bahagia. Semakin kami coba memperbaiki konflik dengannya, semakin kamu terluka. Luka yang cukup perih. 

23. Kekerasan

Ini tanda toxic relationship yang sudah sangat jelas. Hubungan seperti ini sama sekali tidak sehat, saat pasanganmu melakukan kekerasan secara fisik atau emosional. 

24. Pelecehan 

Misalnya, pacar kamu menyentuh kamu tanpa seizin kamu, atau dia menyentuhmu pada bagian tubuh yang tidak seharusnya dan membuatmu tidak nyaman. Dia tidak meminta persetujuanmu. Hanya karena kamu pacarnya, dia pikir dia bebas melakukan itu. 

Toxic Relationship vs Hubungan Sehat

Tanda Toxic RelationshipHubungan Sehat 
Insecure (Merasa Tidak Aman)Secure (Aman)
Cemburu Penuh Kasih Sayang 
Berpusat pada Diri Sendiri Saling Memberi 
NegatifPositif 
Egois Tanpa Pamrih 
Kritis Saling Mendukung 
MerendahkanMendorong 
Tidak Percaya Saling Percaya
KasarPenyayang 
Tidak SopanSaling Menghormati 
ciri-ciri toxic relationship yourdevan.com

Itulah beberapa ciri-ciri toxic relationship yang bisa kamu deteksi. Bila merasa hubungan tidak membuatmu bahagia, koreksi dirimu sendiri, lalu bicara dengan pasangan. Bila membuatmu hampir gila, ya putuskan saja.

Referensi: 

Scott, Elizabeth, MS. 2020. What Is a Toxic Relationship?. verywellmind.com/toxic-relationships-4174665#:~:text.

Lamothe, Cindy. 2019. Is Your Relationship Toxic?. healthline.com/health/toxic-relationship#is-it-worth-saving. 

Young, Karen. 2020. 15 Signs of a Toxic Relationship. heysigmund.com/toxic-relationship-15-signs/.

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s