16 Manfaat Hubungan Seksual Setiap Hari bagi Kesehatan 

Kamu mungkin tidak menyadarinya, namun ada beberapa manfaat hubungan seksual setiap hari bagi kesehatan. Jadi, seks bukan hanya tentang hubungan cinta dengan pasangan namun dapat memberi keuntungan kesehatan. Pelajari tentang manfaat seks dalam pembahasan ini. 

Manfaat Hubungan Seksual Setiap Hari bagi Kesehatan 

Read this with your lover!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Seorang ahli kesehatan seksual bernama Yvonne K. Fulbright, PhD menyampaikan bahwa orang dewasa yang aktif secara seksual lebih jarang sakit. Hubungan seks dengan pasangan sah dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus, bakteri, kuman dan patogen penyebab penyakit lainnya. 

Bahkan, peneliti di Wilkes University di Pennsylvania menyampaikan bahwa orang dewasa yang berhubungan seks satu sampai dua kali seminggu memiliki tingkat antibodi tertentu yang lebih tinggi. Walaupun demikian, seks bukanlah cara meningkatkan daya tahan tubuh yang paling utama. Kamu dan pasangan tetap harus makan sehat, olahraga, dan jalani pola hidup sehat. 

2. Terhitung Sebagai Olahraga 

Dilansir dari WebMD, hubungan intim dapat dihitung sebagai olahraga. Setiap satu menit berhubungan seks dapat membakar sekitar 5 kalori. 

Namun, seks bukanlah pilihan olahraga utama, ya! Tetap ajak pasangan sah kamu untuk jogging bareng, latihan di gym bareng, lari, pakai treadmill, senam, atau you dan pilihan olahraga sungguhan lainnya. 

3. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Berdasarkan penelitian di Queen’s University Belfast, laki-laki dewasa yang melakukan hubungan seks setidaknya tiga kali seminggu dapat mengurangi separuh risiko terkena serangan jantung atau stroke. Penelitian lain menyampaikan bahwa wanita yang orgasme dua kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung 30% lebih kecil. 

4. Mengurangi Nyeri 

Seorang profesor di Rutgers, Universitas Negeri New Jersey bernama Barry R. Komisaruk, PhD menyampaikan bahwa orgasme dapat memblokir rasa sakit atau nyeri. Selama hubungan seks, ada hormon tertentu dilepaskan untuk membantu meningkatkan toleransi tubuh terhadap rasa sakit. 

Selain itu, rangsangan vagina diklaim dapat memblokir rasa nyeri punggung, nyeri menstruasi, nyeri kaki kronis, rematik, hingga sakit kepala. Terlebih lagi, hubungan seks melepaskan hormon kebahagiaan yang membuat kamu dan pasangan merasa lebih baik. 

Baca Juga: 15 Manfaat Kondom bagi Kesehatan Seksual Pasangan 

5. Mungkin Mengurangi Risiko Kanker Prostat 

Dilansir dari WebMD berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, laki-laki dewasa yang mengalami ejakulasi setidaknya 21 kali dalam sebulan memiliki risiko kanker prostat lebih kecil. Ejakulasi tersebut bisa termasuk dari hubungan seksual penetrasi atau masturbasi. 

Walaupun demikian, belum diketahui pasti apa manfaat seks pada kesehatan prostat pria secara langsung. Terlebih lagi, ada banyak faktor lain yang meningkatkan seseorang memiliki risiko kanker prostat. 

6. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Seorang psikiater di West Hollywood, California bernama Sheenie Ambardar, MD mengatakan bahwa hormon prolaktin yang dilepaskan setelah orgasme dapat membuat seseorang tidur lebih nyenyak. Hormon prolaktin adalah hormon yang bertanggung jawab pada rasa kantuk dan perasaan rileks saat tidur. 

Terlebih lagi, tidur bersama seseorang yang kamu cintai, di pelukannya, pasti membuat kamu merasa lebih tenang, aman, dan nyaman. 

7. Mengurangi Stres 

You know, another day another stressful day. Salah satu manfaat hubungan seksual setiap hari untuk mengurangi gejala stres. Sex yang bagus dan orgasme diklaim dapat membuat seseorang lebih tenang karena meningkatkan hormon endorphin, hormon bahagia. 

Penelitian juga menunjukan bahwa sentuhan fisik dengan pasangan yang kamu cintai dapat mengurangi pelepasan hormon kortisol. Hormon kortisol adalah hormon yang dilepaskan saat kamu stres.

Baca Juga: 16 Tipe Cinta Berdasarkan Studi Ancient Greeks dan Triangular Theory of Love

8. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi  

Kamu tahu, saat kamu sedang stres makan tekanan darah kamu naik. Sebuah penelitian di Skotlandia yang diterbitkan dalam jurnal Biological Psychology menuliskan bahwa hubungan seks dapat mencegah tekanan darah naik saat kamu sedang stres. 

9. Awet Muda 

Berada dalam hubungan yang sehat dan hubungan seks yang menyenangkan dengan pasangan yang mencintaimu dengan seimbang bisa membuatmu tampak awet muda. Ini karena kamu merasa bahagia dan secara tidak langsung membuat kamu terlihat fresh, baik, dan aliran darah lancar sehingga kulit terlihat glowing alami. 

10. Membakar Kalori 

Dilansir dari media Mirror UK, manfaat hubungan seksual selama 30 menit dapat membakar kalori hingga 100 kalori. Selain itu, variasi gerakan seksual dapat melatih kelompok otot berbeda untuk fleksibilitas dan kesehatan tubuh. 

Sementara itu, studi kecil yang diterbitkan pada Oktober 2013 di jurnal PLoS One menuliskan bahwa setiap satu menit seks mampu membakar sekitar 4 kalori pada pria. Pada wanita, setiap menit seks membakar 3 kalori. Walaupun demikian, belum ada data pasti tentang berapa kalori terbakar dari manfaat hubungan seks setiap hari. 

11. Meningkatkan Kepercayaan Diri 

Tahukah kamu bahwa hubungan seks dapat meningkatkan kepercayaan diri dan bahkan rasa cinta pada diri sendiri. Kamu dan pasangan dapat memiliki perspektif lebih baik tentang diri sendiri dan satu sama lain. Ini bahkan dapat mengurangi perasaan insecure kamu tentang banyak hal dalam hidup. 

12. Meningkatkan Bonding 

Manfaat hubungan seksual setiap hari untuk meningkatkan kedekatan kamu secara emosional dengan pasangan. Kamu tahu, selama berhubungan seks ada banyak hormon baik di otak yang dilepaskan, termasuk endorphine (hormon yang mengurangi iritabilitas dan perasaan depresi) dan hormon oksitosin (menambah rasa tenang, puas, dan stimulasi yang baik). 

Hubungan seks juga menjadi momen yang tepat untuk bertukar emosi dan jiwa. Kamu juga harus melakukan pillow talk dengan pasangan untuk saling mengenal lebih dalam. 

Baca Juga: Other Ways to Say I Love You without Saying I Love You

13. Mengurangi Risiko Depresi 

Serotonin, endorphine, dan oksitosin adalah hormon di otak yang semua dikaitkan dengan meningkatkan kebahagiaan. Semakin banyak hormon serotonin, endorphine, dan oksitosin yang dilepaskan, maka kamu akan semakin merasa baik. 

14. Meningkatkan Suasana Hati 

Yup, it makes you feel good, right? Semua hormon neurotransmitter yang dilepaskan dapat meningkatkan suasana hati kamu. Ada alasan biokimiawi kenapa orang yang jatuh cinta merasa lebih bahagia. 

15. Meningkatkan Kualitas Hubungan 

You date him/her not only for sex but sex could make you love them even more. Saat kamu memiliki hubungan yang sehat, kedua belah pihak saling menjaga, mencintai, dan berusaha, maka hubungan seks dalam level itu akan meningkatkan kualitas hubungan menjadi lebih romantis lagi. 

16. Panjang Umur 

Belum tahu apakah ini dapat dikonfirmasi atau tidak, namun sebuah penelitian di Australia menyeburkan bahwa orang yang orgasme atau mencapai klimaks hubungan seksual tiga kali seminggu memiliki risiko 50% lebih rendah untuk meninggal karena penyakit medis. 

Baca Juga: 29 Istilah Dating Tren di Kalangan Millennial yang Belum Kamu Tahu

Disclaimer tentang Manfaat Seks Setiap Hari

Mungkin memang ada banyak manfaat hubungan seksual setiap hari bagi kesehatan, namun manfaat tersebut mungkin hanya bisa dibuktikan saat kamu melakukan hubungan intim dengan pasangan yang sah, pasangan yang saling mencintai, dan dalam hubungan yang sehat. So, you will only feel healthy and happy if you do that with your best lover!

Referensi: 

Jones, Caroline dan Jo-Anne Rowney. 2018. 21 reasons why you should have sex and the advantages to our health. mirror.co.uk/lifestyle/health/21-reasons-you-should-sex-2043200. 

R. Vann, Madeline, MPH. 2017. 7 Healthy Reasons You Should Have Sex — Right Now!. everydayhealth.com/sexual-health/seven-healthy-reasons-to-have-sex-right-now.aspx. 

Roy, Ashish. 2020. Is Daily Sex Good for Health?. medlife.com/blog/is-daily-sex-good-for-health/. 

Robinson, Kara Mayer. 2013. 10 Surprising Health Benefits of Sex. webmd.com/sex-relationships/features/sex-and-health. 

Stritof, Sheri. 2019. The Benefits of Having Sex More Often Emotional, Physical, and Relationship Benefits of Frequent Sex. verywellmind.com/why-should-you-have-sex-more-often-2300937. 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s