15 Manfaat Kondom bagi Kesehatan Seksual Pasangan 

Manfaat kondom untuk mencegah penyakit menular seksual dan kehamilan yang tidak diinginkan. Ketahui manfaat kondom berduri bagi kesehatan seksual pada pembahasan ini. 

Manfaat Kondom bagi Pasangan 

Ketahui apa saja manfaat kondom bagi kesehatan seksual kamu dan pasanganmu, berikut ini:

1. Mencegah Infeksi Menular Seksual (IMS)

Kondom adalah satu-satunya alat kontrasepsi yang mencegah penularan infeksi menular seksual (IMS). Sementara alat kontrasepsi lainnya seperti pil KB, IUD, atau implan tidak dapat mencegah risiko IMS termasuk HIV, klamidia, gonorea, dll. 

Pasangan dianjurkan pakai kondom untuk aktivitas seksual penetrasi, oral seks, anal seks, atau bahkan bila sudah mengonsumsi pil KB atau memakai alat kontrasepsi lainnya. 

2. Mencegah Kehamilan yang Tidak Direncanakan 

Manfaat kondom untuk mencegah kehamilan. Lapisan kondom mencegah air mani masuk ke vagina. Kegunaan kondom dapat berfungsi dengan baik bila kamu memakai kondom dengan benar. 

3. Alat Kontrasepsi Tambahan 

Bila pasangan sudah menggunakan alat kontrasepsi lain seperti pil KB, IUD, dan lainnya, kamu bisa memaksimalkan perlindungan dari IMS dan kehamilan dengan pakai kondom juga. Namun, tidak perlu pakai kondom pria dan kondom wanita secara bersamaan, atau menggunakan dua kondom dalam satu waktu. Sat kondom saja sudah dapat melindungi. 

4. Tidak Berpengaruh Buruk pada Kesuburan Wanita Nantinya 

Beberapa alat kontrasepsi memiliki efek samping seperti menurunkan tingkat kesuburan wanita beberapa tahun kemudian. Kondom tidak menurunkan kesuburan wanita. Kondom hanya digunakan saat sedang berhubungan intim dan ini adalah pemakaian luar. 

5. Membuat Hubungan Intim Tahan Lama 

Beberapa bran kondom mengeluarkan varian kondom dengan formula lubrikasi untuk membuat hubungan intim bisa kuat lebih lama. Terdapat pelumas yang dikeluarkan perlahan-lahan, menstimulasi penis, menunda klimas, dan membuat klimas lebih bertenaga lagi. 

Baca Juga: Apa Itu Hook Up? Aturan, Pergaulan, Risiko, dll

6. Melindungi dari Penyakit Menular Lainnya 

Manfaat kondom juga untuk mencegah penyakit menular lainnya, seperti vaginosis bakterial. Menggunakan kondom dalam hubungan penetrasi tidak akan mengubah pH vagina, jadi pH vagina tetap seimbang dan sehat. 

7. Mudah Digunakan 

Dibandingkan alat kontrasepsi lainnya yang harus dipakai dengan bantuan dokter atau bidan, kondom sangat mudah digunakan. Kamu juga cukup menggunakan kondom setiap kali berhubungan seksual, sangat mudah, tidak ribet, dan efektif melindungi kesehatan seksual pasangan. 

8. Tanpa Efek Samping 

Alat kontrasepsi lain seperti pil KB memiliki berbagai efek samping seperti mengacaukan jadwal menstruasi, menyebabkan nyeri, dan lainnya. Sementara kondom tidak memiliki efek samping, kecuali kamu memiliki alergi kondom berbahan lateks. Bila kamu alergi lateks, kamu bisa pakai kondom berbahan kulit domba atau kondom vegan. 

9. Harga Terjangkau 

Ada banyak brand kondom terbaik dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin. Harga kondom Fiesta mulai dari Rp11.000 per 3 pcs, sementara harga kondom Sutra sekitar Rp29.500 untuk 12 pcs. Harganya bervariasi namun cukup terjangkau. 

Baca Juga: 30 Review Merek Kondom Terbaik yang Bagus dan Tidak Bocor (Fiesta, Durex, Sutra, dll)

10. Meningkatkan Kenikmatan dan Gairah Seksual 

Ada banyak varian dan formula kondom. Contohnya, manfaat kondom berduri untuk meningkatkan rangsangan, gairah seksual, serta menambah kemesraan pasangan. 

11. Membantu Mencegah Ejakulasi Dini 

Fiesta Delay adalah jenis kondom terbaik dengan pelumas khusus bernama Climax Delay Cream. Pelumas ini akan dikeluarkan secara berkala untuk menunda ejakulasi dini. Penus akan tetap terlumasi dan mendapatkan stimulasi yang kuat untuk lanjut terus. 

12. Tersedia dalam Berbagai Ukuran 

Ada berbagai ukuran kondom yang sesuai dengan kamu. Beberapa varian kondom juga dirancang dengan bentuk yang close fit, agar nge-pas dengan kamu. Teksturnya lembut dan halus. 

13. Memiliki Berbagai Kebutuhan Sesuai Fantasi Kamu

Selain mencegah IMS dan kehamilan, sebagian pasangan memilih pakai kondom karena kondom tersedia dalam berbagai varian, mulai dari rasa buah, tekstur berduri, pelumas ekstra, dan sebagainya. Ini dapat memenuhi fantasi seksual kamu dan pasangan tercinta. 

14. Alat Kontrasepsi Bebas yang Mudah Didapatkan 

Kamu tidak perlu repot-repot ke dokter untuk mendapatkan kondom. Kondom adalah alat kontrasepsi yang dijual bebas di apotek atau supermarket. 

15. Hubungan Seksual yang Nyaman dan Aman 

Manfaat kondom adalah untuk menciptakan hubungan seksual yang nyaman dan aman. Kamu dan pasangan tetap terlindungi dari risiko IMS atau kehamilan yang tidak diinginkan. Jadi, bercinta tetap aman dan nikmat. 

Itulah berbagai manfaat kondom untuk kamu dan pasangan. Kondom dapat membuat hubungan intim jadi nyaman dan aman. 

Baca Juga: Pahami Cara Memakai Kondom bagi Pemula dengan Benar

Efek Samping Kondom

Apapun itu, kita harus siap dengan efek sampingnya. Inilah beberapa efek samping kondom yang mungkin terjadi: 

  • Kondom mungkin tidak berfungsi dengan baik bila kamu tidak dapat menggunakannya dengan benar. Jadi, pelajari cara memakai kondom yang benar, ya! 
  • Ada risiko infeksi kulit seperti dermatitis kontak atau iritasi kulit. Cari kondom yang sudah teruji secara dermatologis, seperti kondom Durex, Fiesta, atau Sutra. 
  • Kamu tidak bisa pakai kondom berbahan lateks bila kamu atau pasangan alergi lateks. 
  • Kamu atau pasangan mungkin alergi salah satu bahan kondom, entah dari pelumas, wewangian, latkes, atau bahan kimia dalam kondom lainnya. 
  • Beberapa pria atau wanita mungkin merasa sensasi berkurang karena pakai kondom, mungkin kondom terlalu tebal atau sebagainya. Maka dari itu, kamu mungkin harus pilih varian kondom lainnya yang cocok untuk kamu dan pasangan.
  • Tidak menyenangkan bila kondom rusak atau bocor. Maka dari itu, pilih kondom berkualitas dan pasang dengan benar. 
  • Beberapa orang merasa malu untuk pakai kondom karena dinilai akan mengganggu hubungan seksual, padahal kondom sangat membantu. 

Efek samping kondom tidak akan lebih besar dari risiko kehamilan tanpa rencana atau IMS yang bisa didapat bila tidak pakai kondom. Jadi, pahami manfaat kondom dan gunakan dengan benar. Sex should be pleasurable and safe!

Referensi:

Healthwise Staff. 2020. Male Condoms. uofmhealth.org/health-library/hw190504spec#:~:text=Male%20condoms%20reduce%20the%20risk,control%20(such%20as%20pills).

Planned Parenthood. 2021. What are the benefits of condoms?. plannedparenthood.org/learn/birth-control/condom/what-are-the-benefits-of-condoms. 

The Healthline Editorial Team. 2017. Male Condoms. healthline.com/health/birth-control-condom#disadvantages.

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s