17 Tips LDR Beda Negara agar Tetap Langgeng dan Terasa Dekat

Kami merangkum beberapa tips pacaran ldr beda negara bagi pejuang LDR harus sabar dan kuat untuk menjalani hubungan agar tetap langgeng. 

Tips LDR Beda Negara

LDR (long distance relationship) adalah hubungan jarak jauh. Misalnya, si cewek di Jakarta dan si cowok di Korea Selatan. Masalah utama dari hubungan LDR adalah susah bertemu yang menyebabkan rasa kangen maksimal. 

Seringkali, masalah kepercayaan dan komunikasi menjadi penyebab pertengkaran hebat, terutama bila keduanya hidup di beda negara dengan perbedaan rentang waktu 12 jam. Dalam kondisi ini, bahkan sangat sulit untuk komunikasi karena matahari baru terbit di tempat si cowok dan sudah tengah malam di kota si cewek. 

Meanwhile, ini beberapa tips LDR beda negara yang semoga bisa membantu: 

1. Buat Jadwal Teratur 

Kalian harus pahami berapa jam perbedaan waktu, plus rutinitas masing-masing. Kemudian, buat jadwal kapan waktu yang tepat untuk kalian komunikasi. 

Pahami juga bila pasangan memiliki hari yang sibuk, atau kamu juga sibuk, sehingga tidak dapat membalas pesan dengan responsif. Saling mengerti siapa yang punya waktu paling fleksibel, kapan bisa mengobrol secara intim, dan buat ritme komunikasi yang cocok agar kedua belah pihak tidak merasa ditinggalkan dan tetap nyaman. 

2. Pastikan Kalian Punya Tujuan yang Sama 

Kamu mungkin tinggal di Jakarta, dia di New york, atau di manapun. Jarak tempat tinggal yang jauh mungkin memengaruhi hubungan, namun itu bukan satu-satunya hal esensial. 

Sebuah hubungan bisa berjalan dengan baik bila kedua belah pihak memiliki tujuan yang sama dan mau bekerja sama. Tak peduli berapa jauh jarak, perbedaan usia, status sosial, dan sebagainya. Bila sama-sama ingin saling berusaha, maka selalu ada jalan. 

Patikan juga kalian punya tujuan yang sama, selain tinggal di kota yang sama. Beberapa orang yang pacaran beda negara tidak memiliki tujuan yang sama (selain tinggal di tempat yang dekat sehingga mudah bertemu), sehingga mereka putus. Bila begitu, alasan putus bukan karena LDR, namun ya memang tidak satu frekuensi saja. 

3. Manfaatkan Teknologi 

Pejuang LDR beda negara tidak perlu terlalu khawatir karena sekarang kita hidup di era teknologi di mana komunikasi bisa sangat mudah. Kamu bisa mengirim chat, voice note, foto, dan video dengan mudah.

Ini membuat hubungan jarak jauh tetap terasa dekat. Namun, tetap bijaksana dalam menggunakan alat komunikasi dan pada akhirnya keduanya harus tetap mengusahakan komunikasi secara langsung. 

4. Komitmen dalam Hubungan 

Bila ini adalah konsep hubungan casual tanpa komitmen, maka hubungan LDR bukan sesuatu yang harus kamu pertahankan. Berbeda bila ini adalah hubungan dengan komitmen, di mana kalian punya tujuan yang sama, maka hubungan LDR bisa tetap langgeng dan mudah.

Faktanya, banyak pasangan yang sudah menikah dan LDR, mereka tetap dalam status pernikahan yang langgeng walaupun hidup beda negara karena ada komitmen, kepercayaan, dan cinta yang besar. Plus, keduanya saling mengusahakan. 

Aku di sini dan kau di sana
Hanya berjumpa via suara
Namun ku selalu menunggu
Saat kita akan berjumpa

Dekat Di Hati
RAN
(THEME SONG PEJUANG LDR NASIONAL)

5. Tetap Lakukan Aktivitas Bersama Walaupun Jauh 

Sepertinya ada banyak hal yang bisa kalian lakukan bersama secara online. Misalnya, kalian berdua sudah menunggu satu series kesukaan di Netflix, maka kalian bisa menonton bersama secara online. Hal-hal seperti itu bisa membuat hubungan tetap menyala dan dekat. 

6. Buat Aturan dan Batasan 

Bagaimanapun, LDR atau tidak, kalian adalah dua orang berbeda dengan kesibukan masing-masing. Keduanya harus tetap memiliki aturan dan batasan. 

Misalnya: Beritahu pasangan bila status WhatsApp kalian “online” namun tidak membalas pesan dengan cepat bukan berarti sedang mengabaikan pasangan, namun sedang sibuk membalas komplain dari klien dan sebagainya. Beritahu pasangan jam berapa bisa ngobrol dan batasan-batasan lainnya. 

7. Jangan Insecure 

Pejuang LDR beda negara harus tetap percaya diri dan percaya pada pasangan. Jangan insecure pada pasangan sehingga kamu terus-terusan ingin mengintrogasinya hanya karena kamu takut dia akan selingkuh dari kamu.  

8. Buat Kencan yang Menarik 

Tips pacaran LDR beda negara selanjutnya adalah untuk buat kencan yang menarik. Kalian tidak dapat bertemu secara langsung, namun bisa melakukannya secara online. Misalnya, bermain game online bareng, streaming film bareng, ikut seminar online bareng, dan lainnya. 

Baca Juga: 21 Ide Kado untuk Pacar Cowok yang Murah tapi Berkesan

9. Buat Bucket List

Kalian harus punya bucket list jangka panjang, sehingga hubungan tidak boring dan selalu terasa dekat. Misalnya, kamu dan dia harus nonton film Marvel yang baru akan rilis bulan Oktober tahun depan, ikut festival musik bersama di musim panas selanjutnya, ke kebun binatang saat si Panda melahirkan, dan lainnya. Ini akan membuat hubungan jadi tetap seru dan kamu selalu punya rencana ke depannya. 

10. Bertukar Benda

Cara mengatasi LDR beda negara dengan bertukar baju, jaket, sweater, syal, buku catatan, atau benda-benda personal agar kalian tetap merasa dekat. Benda-benda itu akan mengingatkan kamu dengan pasangan, lebih lagi bila itu adalah benda-benda nostalgia dengan cerita memori manis di baliknya. 

11. Beri Kejutan

Kejutan seperti kamu tiba-tiba datang di depan pintu apartemen pasangan. Umm, sepertinya kejutan seperti itu kurang realistis dan cukup mahal untuk diwujudkan, namun bila kamu mampu maka lakukan saja. 

Opsi lain, beri kejutan kecil seperti kamu membuat gambar atau lukisan pasangan, menyanyikan lagu rindu, atau lainnya. Bila kamu punya kesempatan untuk bertemu dengan pasangan, selipkan hadiah kecil di tasnya dan dia baru akan membukanya setelah kalian berpisah lagi. 

12. Melatih Kepercayaan Masing-Masing 

Ini adalah fundamental tips LDR untuk wanita dan pria. Rasa tidak percaya pada pasangan akan membuat hubungan jadi menyebalkan. Keduanya harus selalu menumbuhkan rasa kepercayaan dan saling menjaganya. 

Baca Juga: Apa Itu Ghosting dalam Hubungan? Ciri, Cara Move On, dll

13. Jangan Meneror Pasangan 

Kita semua tahu bahwa komunikasi itu penting, namun bukan berarti kamu memiliki alasan untuk meneror pasangan hanya untuk bertanya pertanyaan basic dan membosankan seperti, “kamu lagi di mana, sama siapa, semalam berbuat apa?” dan kamu menanyakan itu setiap waktu. 

Pasangan bisa merasa terganggu, dan sekali lagi, itu obrolan yang membosankan. Tidak ada kebutuhan setiap pasangan —LDR atau bukan—  untuk ngobrol 24/7. Lagipula, setiap pasangan harus mengutamakan kualitas komunikasi, bukan kuantitas. 

14. Tetapkan Tujuan Hidup Masing-Masing 

Apa goals hidupmu dan apa goals hidupnya? Bila keduanya memiliki goals besar yang bisa dijalankan bersamaan, maka itu ide bagus. Kedua pihak harus tetap memiliki goals secara individu, untuk menjadi pribadi hebat, maka hubungan pasangan akan semakin luar biasa. 

15. Tetap Bahagikan Dirimu Sendiri 

Pacaran beda negara bukanlah satu-satunya hal yang harus kamu pikirkan dalam hidupmu. Kamu harus tetap sibuk, beraktivitas, menjadi lebih baik, mengembangkan bisnis, dan lainnya. 

Lagi pula, saat kamu berada jauh dengannya, kamu dan dia akan membangun rasa rindu, dan mungkin itu membangun hubungan yang lebih hangat saat bertemu nanti. Dan saat kamu bertemu dengannya nanti, dia tahu bahwa pasangannya tetap tumbuh menjadi pribadi hebat yang semakin ia cintai. 

16. Jadikan Sahabat dan Keluarga sebagai Support System 

Ada banyak masalah LDR dan masalah hidup pada dasarnya. Jadikan orang-orang terdekatmu sebagai support system agar kamu tetap kuat dan semangat. 

Baca Juga: 29 Istilah Dating Tren di Kalangan Millennial yang Belum Kamu Tahu

17. Buat Jadwal Bertemu 

Pada akhirnya, kamu dan dia harus buat jadwal bertemu. Misalnya, setiap 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali di tengah-tengah antara negaramu dan negaranya. Jadikan momen tersebut sangat spesial untuk melepas rindu dan kembali terkoneksi secara fisik. 

Itulah beberapa tips LDR beda negara bagi para pejuang LDR agar hubungan tetap lancar. Hubungan LDR mungkin lebih sulit dari hubungan biasa, namun katakanlah ini tantangan untuk membuktikan kualitas hubungan kalian. 

Berusahalah sampai kalian tidak bisa berusaha lagi. Bila tetap bisa bersama berarti jodoh. Bila tidak, biarkan hidup tetap berjalan dan kalian akan mendapat pasangan terbaik nantinya. 

Referensi:

JO PIAZZA. 2018. How to Make a Long-Distance Relationship Work, According to Experts. time.com/5316307/best-long-distance-relationship-tips-experts/. 

KORIN MILLER AND JASMINE GOMEZ. 2020. 18 Ways To Make A Long-Distance Relationship Work. womenshealthmag.com/relationships/a28069227/how-to-make-long-distance-relationships-work/. 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s