13 Cara Menghilangkan Stres Bersama Pasangan

Cara menghilangkan stres bersama pasangan dengan olahraga bareng, jalan-jalan, makan bersama, masak, saling berpelukan, dan lainnya. Ketahui bagaimana cara mengatasi stres dan depresi bersama pasangan dalam pembahasan ini. 

Cara Menghilangkan Stres Bersama Pasangan

Hidup ini memang berat. Kamu dan pacar kamu pasti pernah mengalami stres yang sebenarnya bukan karena hubungan tersebut, namun stres akibat pekerjaan, masalah keluarga, tuntutan A-Z, dan sebagainya. Ini dapat memengaruhi hubungan juga. 

Bila kamu dan pasangan sedang merasa sedikit stres akhir-akhir ini, atau salah satu dari kalian merasakan hari-hari yang berat, ikuti tips cara mengatasi stres dalam hubungan berikut ini: 

1. Komunikasi 

Bila pacar kamu terlihat sedih atau tidak semangat seperti biasanya dan mendiamkanmu, tanyakan padanya kenapa. Dia mungkin sedang stres oleh urusan pribadi. 

Jangan salahkan atau marah padanya karena kurang memperhatikanmu. Sebaliknya, beri dia pundakmu dan biarkan dia bercerita. Mungkin ini akan membuatnya merasa lebih baik. 

2. Dengarkan 

Coba dengarkan dan mengerti apa masalah yang sedang terjadi. Kemampuan mendengar itu penting. Pada saat seseorang sedang stres, terkadang dia hanya membutuhkan seseorang yang dia percaya untuk mendengarkan keluh-kesahnya.

Bila penyebab stres tersebut adalah hubungan itu sendiri, maka perbaikilah. Cari solusi terbaik, tanyakan apa yang pasangan inginkan, dan kamu juga harus menyampaikan pendapatmu dengan cara yang baik.

3. Buat Kenyamanan 

Bila kamu dan pasangan memang sedang tidak baik-baik saja dan stres, sebaiknya cobalah tenang. Ajak pasangan untuk minum teh bersama, jernihkan pikiran, berpelukan, dan buat situasi jadi nyaman. Itu dapat mengurangi tensi emosi buruk dan menenagkan jiwa yang sedang kacau. 

Baca Juga: 29 Istilah Dating Tren di Kalangan Millennial yang Belum Kamu Tahu

4. Jalan-Jalan?

Apapun penyebab stres, kamu dan pasangan mungkin butuh waktu sejenak untuk sekadar jalan-jalan, bersenang-senang, melihat pemandangan, atau lakukan hal-hal lain yang kalian sukai bersama. Ini pasti sangat menyenangkan untuk saling menghibur, menyemangati, dan peduli. 

5. Bagaimana dengan Olahraga Bareng?

Kita semua tahu bahwa olahraga bukan hanya bagus untuk kesehatan fisik, tapi juga oke untuk kesehatan mental. Saat badan aktif bergerak, hormon kebahagian lepas dan kamu akan merasa lebih baik. 

Momen olahraga bersama dengan pasangan pasti juga lebih menyenangkan. Misalnya, kalian ingin pergi ke gym bareng, yoga, berenang, lari pagi, atau tantang pasangan kamu untuk main bola basket! Wah, pasti seru! Tapi, ingat ya untuk fokus olahraga, jangan sibuk pacaran saja, hehe! 

6. Rencanakan Aktivitas Lain Bersama 

Bila tidak memungkinkan jalan-jalan, kamu bisa merencanakan aktivitas lain yang seru. Misalnya, belajar masak bareng, makan bareng, nonton bareng, latihan bernyanyi, main tebak-tebakan, dan aktivitas lain yang sederhana namun menyenangkan. 

Hal-hal kecil tersebut dapat membuat kamu dan doi lebih erat. Ini mungkin cara mengatasi stres berat dan depresi yang kamu butuhkan. 

7. Berikan Dia Stress Relief 

Bila kamu tahu akhir-akhir ini dia sedang sangat stres, coba berikan hadiah kecil yang bisa menolongnya dari bahaya stres. Misalnya, selimut, aromaterapi, jus buah, boneka, atau comforting food seperti soto ayam, Indomie soto, atau makanan apapun yang dia sukai. Kamu tahu, makanan enak bisa menyembuhkan jiwa. 

Baca Juga: Apa Itu Ghosting dalam Hubungan? Ciri, Cara Move On, dll

8. Beritahu Dia Bahwa Kamu Peduli 

Kamu mungkin tidak perlu memberitahu secara langsung kalau kamu peduli padanya, tapi tunjukan itu dari tingkah laku yang baik padanya. Contohnya, bila sepertinya dia sedang capek, jangan paksa dia untuk mengantarmu ke suatu tempat yang jauh. Bila sepertinya dia sedang menghadapi masalah besar, berikan dia waktu untuk dirinya sendiri. 

9. Biarkan Dia Sendiri 

Setiap orang memiliki cara menghilangkan stres pikiran berbeda. Bila pasanganmu adalah tipe yang diam, tidak mau cerita, dan mengurung diri saat sedang stres, maka berikan dia waktu untuk sendiri selama beberapa saat. Biarkan dia berpikir dan refleksi apa yang terjadi. 

Sementara itu, kamu tetap harus mendukungnya dan kamu juga harus fokus serta menyayangi diri sendiri. Hubungan akan lebih lancar dan mudah bila keduanya sehat secara emosional. 

10. Meditasi 

Meditasi adalah salah satu cara menghilangkan stres  karena cinta. Kamu bisa meditasi bareng pasangan atau meditasi masing-masing. Kalian bisa mencoba berbagai jenis meditasi, bertukar lagu yang menenangkan, atau saling mengirimi video langit senja yang menenangkan. 

Baca Juga: 23 Words to Say to Someone Going Through a Difficult Time

11. Saling Mengingatkan dan Support 

Dukungan dari kekasih atau orang-orang terdekat sangat berarti saat berada di hari-hari yang berat. Kamu bisa menemaninya dengan caramu sendiri, yang penting tentang dukung dia di segala cuaca. 

12. Dengarkan Lagu Bersama 

Ini mungkin bukan cara mengatasi stres dalam hubungan yang paling efektif, namun dapat sedikit membuat kamu dan pasangan merasa lebih tenang. Terutama bila kalian memiliki theme song bersama, yang setiap kali didengarkan akan menyentuh hati dan membuat kamu jatuh cinta lagi dengan pasanganmu itu. 

13. Buat Daftar Ritual untuk Mengatasi Stres 

Bila kalian berencana untuk menua bersama, kalian harus mengenal satu sama lain lebih dalam lagi. Kalian akan memahami bagaimana cara pasangan marah, sedih, senang, kecewa, dan lainnya. Bila sudah paham, buatlah daftar aktivitas menyenangkan untuk mengatasi stres bersama. 

Daftar aktivitas tersebut (bucket lists) mungkin selalu bertambah seiring kalian makin mengenal pasangan. Kalian juga harus terus menemukan cara menghilangkan stres bersama pasangan. 

13. Cari Pertolongan 

Apabila kamu atau pasanganmu mengalami gejala stres dan depresi berat yang sepertinya tidak dapat diatasi sendiri, pertimbangkan untuk cari pertolongan ke profesional. Kedua belah pihak harus saling mendukung dan menemani. 

Itulah beberapa cara mengatasi stres dalam hubungan. Hidup ini terus berjalan dan setiap hari kita mungkin mengalami hal-hal menyebalkan yang membuat stres pikiran. Beruntung bila kamu memiliki pasangan yang bisa menenangkan dan membuatmu merasa lebih baik. Dan sebaliknya, kamu juga harus menjadi pasangan yang pengertian dan membahagiakan. Dengan begitu, hubungan akan menjadi semakin harmonis dan romantis. 

Referensi:

Emery, Lea Rose. 2017. 7 Best Methods Relationship Stress Relief. bustle.com/p/7-best-methods-for-relationship-stress-relief-47120.

Tartakovsky, Margarita, MS. 2016. How Couples Can Help Each Other De-stress and Improve Their Relationship. psychcentral.com/lib/how-couples-can-help-each-other-de-stress-and-improve-their-relationship#1. 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s